Puskesmas Lokotoy - Puskesmas Terpencil

Oleh: Amrin Madolan Pada: 2015/11/29

Puskesmas Lokotoy merupakan pecahan dari Puskesmas Banggai yang resmi berdiri pada bulan Juni Tahun 2010 dan terletak di Desa Lokotoy yang merupakan Ibu Kota Kecamatan Banggai Utara. Wilayah Kerja Puskesmas Lokotoy meliputi 6 (enam) desa di wilayah Kecamatan Banggai Utara.
Kecamatan Banggai Utara merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Banggai Laut Provinsi Sulawesi Tengah dan Kecamatan Banggai Utara secara administrasi terdiri dari 6 (enam) desa, yaitu : Desa Lokotoy, Desa Popisi, Desa Paisu Mosoni, Desa Tolise Tubono, Desa Bone Baru dan Desa Kendek.

Wilayah kerja Puskesmas Lokotoy pada umumnya berada di daerah pesisir pantai dengan luas wilayah sebesar 58,05 Km² dengan batas wilayah sebagai berikut:

a. Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Maluku
b. Sebelah Barat berbatasan dengan Selat Kalumbatan
c. Sebelah Utara berbatasan dengan Selat Kalumbatan
d. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Banggai

Jumlah penduduk diwilayah kerja Puskesmas Lokotoy Tahun 2014 berjumlah 6.193 Jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata 107 jiwa/Km² dan rata-rata 4 jiwa/rumah tangga. Adapun rasio beban tanggungan sebesar 93 per 100 penduduk produktif dan rasio jenis kelamin sebesar 99.

Sumber: Profil Puskesmas Lokotoy Tahun 2014
Dengan segala keterbatasan puskesmas ini melakukan pembangunan kesehatan demi memenuhi tuntutan perkembangan kebutuhan kesehatan masyarakat yang ada di Wilayah Kecamatan Banggai Utara Kabupaten Banggai Laut Provinsi Sulawesi Tengah.

Berbagai upaya kesehatan masyarakat dilaksanakan dengan melibatkan beberapa lintas sektor, termasuk pihak sekolah dan pemerintah desa, sebagai contoh adalah kegiatan kampanye sikat gigi masal di 14 sekolah (SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA). Kegiatan posyandu juga dilaksanakan secara rutin untuk melakukan pelayanan kesehatan pada bayi, balita dan ibu hamil.


Upay Kesehatan Sekolah
Kampanye Sikat Gigi Masal di SDN Popisi

Ini hanyalah merupakan salah satu dari sekian banyak puskesmas terpencil, semuanya membutuhkan perhatian lebih demi meningkatkan pembangunan kesehatan yang menyeluruh di seluruh wilayah Indonesia.

Demikianlah yang dapat kami bagikan kepada Mitra Kesehatan Masyarakat, semoga dapat bermanfaat.
logoblog
logoblog

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Bermanfaat bagi Kami dan Pembaca Lainnya. Untuk mendapatkan pemberitahuan tentang komentar dan posting blog ini silakan ikuti blog ini di bagian bawah.