Cara Mengenali Jenis Batuk dan Pengobatannya

Oleh: Amrin Madolan Pada: 2016/01/31

Pada kali ini Mitra Kesehatan Masyarakat akan berbagi informasi mengenai Cara Mengenali Jenis Batuk dan Pengobatannya. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk mencegah pernapasan dari benda atau gatal, beberapa penyebab batuk antara lain:
  1. Virus;
  2. Bakteri; dan
  3. Benda Asing lainnya yang terhirup.

Bagaimana batuk dapat terjadi?


Semuanya tergantung dari penyebabnya. Contohnya yang terjadi pada batuk kering, batuk ini dipicu oleh kemasukan benda-benda iritan seperti partikel makanan, asap rokok, polusi udara dan perubahan suhu. batuk ini muncul sementara sebagai refleks alami tubuh untuk mengeluarkan benda-benda iritan di saluran pernafasan. Namun, jika batuk kering tak kunjung reda besar kemungkinan dikarenakan oleh alergi, gejala infeksi virus atau lainnya. untuk mengatasi batuk kering gunakan obat jenis antitussive untuk menekan munculnya batuk.

Berbeda halnya pada batuk produktif atau batuk berdahak. Batuk ini memiliki ciri khas yaitu dada terasa penuh dan berbunyi, kesulitan bernafas dan disertai pengeluaran dahak. Batuk berdahak sebaiknya tidak di obati dengan obat antitussive karena bisa mengakibatkan dahak semakin terkumpul di paru-paru akibat dahak gagal keluar. Untuk mengatasinya gunakan obat jenis expectorant yang berfungsi mengencerkan dan mengeluarkan dahak.

Cara Mengenali Jenis Batuk
Batuk
Jadi, jangan sampai salah pilih obat batuk, beda jenis batuk, berbeda juga jenis obat batuknya. Untuk memilih obat batuk yang tepat sebaiknya anda memperhatikan tiga hal, yaitu:

Pilih obat batuk yang sesuai dengan jenis batuk, yaitu expectorant untuk obat batuk berdahak yang berfungsi untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak, dan antitussive untuk batuk kering yang berfungsi untuk menekan munculnya batuk;

Ikuti aturan pakai pada kemasan obat.

Selain itu, penting untuk diketahui sebenarnya ada beberapa penyakit gawat yang memiliki gejala batuk, diantaranya seperti:
Kanker paru-paru;
  • TBC;
  • Bronchitis;
  • Radang paru-paru;
  • Pneumonia; dan lainnya

Perlu diperhatikan bahwa jika batuk sudah berlangsung lama dan susah sembuh atau batuk sudah berlansung hingga tiga bulan. Jika demikian, batuk tidak bisa disepelekan, segeralah ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

Demikian yang dapat kami sajikan mengenai Cara Mengenali Jenis Batuk dan Pengobatannya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai kesehatan.
logoblog
logoblog

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Bermanfaat bagi Kami dan Pembaca Lainnya. Untuk mendapatkan pemberitahuan tentang komentar dan posting blog ini silakan ikuti blog ini di bagian bawah.