Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Lupa

Oleh: Amrin Madolan Pada: 2016/01/11

Sering ingin melakukan sesuatu dan ternyata tiba-tiba saja lupa? Hal ini bukan hanya kebetulan saja, tapi ini juga termasuk ke dalam sebuah penyakit yang harus untuk di atasi. Apalagi bagi anak sekolah, mahasiswa, atau karyawan yang ingin melakukan percobaan dan ternyata tiba-tiba saja lupa apa yang ingin dibicarakan. Tentu ini merupakan hal yang tidak di inginkan. Adapun penyebab dari lupa ini, bisa disebabkan dari berbagai faktor. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Penyebab Penyakit Lupa


Kurang Tidur


Ketika ada ujian atau semacam percobaan. Maka pada malam hari anda bekerja keras hingga sampai larut malam untuk menghafal sesuatu atau istilahnya kebut satu malam. Hal ini sebaiknya janganlah sering dilakukan. Kenapa? karena jika malamnya anda begadang, maka esoknya sudah pasti dengan otomatis mata anda mengantuk dan pikiran selalu ingin tidur. Nah, dari sanalah tidak fokus muncul dan terjadilah penyakit lupa

Gangguan Fisik

Penyakit Lupa
Lupa
Terjadi benturan kuat pada kepala dapat membuat sistem memori otak tiba-tiba hilang. Hal demikian bisa dikarenakan pernah terjadi kecelakaan sehingga cidera di bagian kepala. Kejadian ini dapat membuat anda sering lupa atau bahkan menderita amnesia.

Narkoba dan Alkohol


Ketika seseorang mabuk, apakah dia ingat? tentu agak-agak lupa, sehingga daya pikirannya tidak bisa dikendalikan. Apalagi bagi seseorang pecandu narkoba, maka sel-sel otaknya akan melemah sehingga tidak dapat di kontrol lagi dan ingin mengkonsumsi narkoba terus-terusan.

Alzheimer


Penyakit ini, disebabkan oleh hilangnya ingatan. Munculnya penyakit ini di awali dengan mudah cemas, kesal, sering marah, pikirannya kacau, dan mudah lelah. Sehingga, dikit demi sedikit penyakit ini akan membuat anda bingung lalu lupa. Bisa juga membuat seorang pikun, dengan lupa siapa saja nama-nama anggota dalam keluarga, serta apa yang sering dilakukannya sehari-hari.

Nah, adapun cara mengatasi lupa bisa anda mencoba dengan makan makanan bergizi dan beberapa cara lainnya yang baik seperti di bawah ini:

Cara Mengatasi Penyakit Lupa


Kacang-kacangan


Vitamin E yang terkandung di dalam kacang, dapat mencegah lemahnya memori anda. Karena vitamin E adalah pasokan yang baik untuk meningkatkan sistem kerja otak.

Hal yang Unik


Mengatasi sering lupa, apalagi bagi seorang pelajar bisa mencoba cara ini dengan mudah dan tentunya memudahkan daya ingat agar terus ada di pikiran. Misalnya anda ingin mengingat BAB 1, maka dari bab 1 anda berikan patokan di mata misalnya, bab 2 di hidung, bab 3 di mulut, dan seterusnya. Cara lain bisa juga dengan warna atau gambar. Misal anda ingin mengingat tulisan "mitrakesmas.blogspot.com" maka silakan anda lingkari atau garis bawahi dengan warna merah dan ingin membuat kalimat lagi, misalkan "Tips Kesehatan Terbaru" maka anda garisi atau lingkari dengan warna biru, maka dengan warna tersebut otak anda mudah mengolahnya, misalkan anda lupa, lalu ingat warna merah dan ternyata warna merah adalah "mitrakesmas.blogspot.com". Dan trakhir menggunakan gambar, misal gambar dokter adalah kesehatan. Nah intinya, cobalah buat sebisa anda dan sekreatif mungkin agar otak anda tetap bekerja dengan baik. Dan perlu diingat bahwa otak suka dengan warna, gambar, dan musik.

Kosumsi Choline


Hati ayam, kedelai, dan telur, adalah tempat utama dari choline. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut dengan teratur, maka dapat meningkatkan daya pikir yang lebih dari orang yang tidak mengkonsumsi makanan tersebut.

Dari sekarang, perhatikanlah kesehatan. Kesehatan itu penting, bagaimana jika usia kita masih muda tetapi sudah sering lupa? Semoga dari penyebab hingga cara mengatasi lupa di atas dapat membantu kita untuk tidak menderita penyakit "Sering Lupa".

Mitra Kesehatan Masyarakat, demikianlah pembahasan kami mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Lupa.
logoblog
logoblog

1 komentar:

Komentar Anda Sangat Bermanfaat bagi Kami dan Pembaca Lainnya. Untuk mendapatkan pemberitahuan tentang komentar dan posting blog ini silakan ikuti blog ini di bagian bawah.