Penyebab Tingkat Kolesterol Tinggi pada Anak dan Dewasa Muda

Oleh: Amrin Madolan Pada: 2016/01/04

Kalangan anak muda ternyata memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan yang dibayangkan. Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI), tingkat kolesterol yang dapat diterima untuk seseorang yang berusia antara 2 dan 19 tahun adalah kurang dari 170 mg. Namun statistik menunjukkan bahwa sampai sepertiga dari usia dewasa muda memiliki kadar kolesterol tinggi, yakni di atas 200 mg.

Apa Penyebab Tingkat Kolesterol Tinggi pada Anak dan Dewasa Muda?


Di masa lalu, dokter tidak terlalu khawatir terhadap kolesterol tinggi pada usia dewasa muda. Namun seiring berjalannya waktu, penelitian menunjukkan bahwa pada usia anak-anak dan usia dewasa muda yang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi memiliki kemungkinan yang tinggi juga untuk mempunyai penyakit jantung saat dewasa. Sebuah pedoman terbaru, NHLBI (National Heart, Lung, and Blood Institute), telah merekomendasikan pada anak-anak yang berusia 2 tahun untuk melakukan pemeriksaan terhadap kolesterol jika mereka memiliki orang tua dengan kolesterol tinggi atau keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan masalah tersebut, NHLBI (National Heart, Lung, and Blood Institute) baru-baru ini merilis pedoman baru untuk pemeriksaan kolesterol pada anak-anak. Sebuah rekomendasi yang didukung oleh American Academy of Pediatrics (AAP) tersebut mengajak semua anak yang berusia antara 9 dan 11 tahun untuk dilakukan pemeriksaan kolesterol tingkat lanjut, terutama jika orang tua mereka memiliki tingkat kolesterol yang tinggi.

Terdapat beberapa kemungkinan penyebab terjadinya kadar kolesterol tinggi pada usia dewasa muda, yakni:
  1. Genetika : Dalam kebanyakan kasus, dewasa muda yang memiliki kadar kolesterol tinggi memiliki orang tua dengan kolesterol yang tinggi juga.
  2. Diet : Dewasa muda yang memiliki diet tinggi lemak dalam makanan junk food atau makanan cepat saji berisiko untuk memiliki kolesterol tinggi.
  3. Kegemukan : Anak-anak dan dewasa muda yang kelebihan berat badan memiliki risiko kolesterol tinggi.
  4. Kurang olahraga : Menghabiskan terlalu banyak waktu bermain video game dan menonton televisi dan jarang melakukan olahraga dengan teratur merupakan faktor risiko mengembangnya kadar kolesterol tinggi.

Mengobati Tingkat Kolesterol Tinggi pada Anak dan Dewasa Muda


Anti Kolesterol
Meskipun obat-obatan dapat digunakan untuk mengobati beberapa golongan dewasa muda dengan kolesterol tinggi, namun cara terbaik untuk mengobati kolesterol tinggi pada dewasa muda tersebut adalah dengan diet rendah kolesterol dan rendah lemak jenuh, serta berolahraga. Kurangi untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol, karena dewasa muda dengan usia lebih dari 2 tahun seharusnya tidak mendapatkan 30% kalori dari lemak. Jika Anda atau Anak anda memiliki kolesterol tinggi, periksakan kondisi tersebut kepada dokter atau ahli gizi untuk memulai diet rendah kolesterol dan rendah lemak jenuh.

Demikianlah sedikit informasi mengenai penyebab tingkat kolesterol tinggi pada anak dan dewasa muda, semoga bermanfaat bagi Mitra Kesehatan Masyarakat.
logoblog
logoblog

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Bermanfaat bagi Kami dan Pembaca Lainnya. Untuk mendapatkan pemberitahuan tentang komentar dan posting blog ini silakan ikuti blog ini di bagian bawah.