10 Manfaat Lingkungan Bersih Bagi Kesehatan

Oleh: Amrin Madolan Pada: 2016/02/04

Sesuatu yang kita sering berada namun selalu terabaikan dari perhatian kita, yaitu mengenai lingkungan kita, begitu banyak dan mudah kita temukan orang yang tidak memperhatikan kebersihan lingkungannya dan tanpa disadarinya bahwa kebersihan lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesehatan, seperti yang dituliskan oleh tokoh kesehatan yang tak asing lagi yaitu Hendrik L. Blum yang mana lingkungan menempati posisi ke-2 dari 4 hal yang memengaruhi derajat kesehatan kita.

Berbagai manfaat dapat kita peroleh ketika menciptakan lingkungan yang bersih, terkadang tanpa kita sadari bahwa dengan mencemari lingkungan maka kita telah memberikan dampak buruk kepada orang lain. Namun kali ini kita cukup membahas tentang 10 Manfaat Lingkungan Bersih bagi Kesehatan.

Apa saja manfaat dari lingkungan bersih?

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, lingkungan bersih memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat lingkungan bersih? berikut ini adalah beberapa diantaranya :

Memelihara Kesehatan Lingkungan
Kesehatan Lingkungan
 1. Membuat lingkungan menjadi enak dan nikmat dipandang

Manfaat pertama dari lingkungan yang bersih adalah membuat lingkungan tersebut menjadi lebih enak dan juga nikmat dipandang. Bayangkan saja, apa enaknya melihat lingkungan yang kotor dan juga penuh dengan sampah? Sangat tidak menarik bukan? Maka dai itu, dengan adanya kebersihan lingkungan yang terjaga dengan baik, serta lingkungan yang selalu asri dan juga bersih. Hal ini tentu saja akan menyebabkan lingkungan menjadi enak dan juga nikmat dipandang. Apabila lingkungan menjadi enak dan juga nikmat dipandang, maka akan berdampak pada :
  • Kesehatan lingkungan baik
  • Para warga yang tinggal menjadi lebih betah
  • Tata letak dari lingkungan menjadi lebih mudah dan juga tidak ruwet
  • Lingkungan menjadi lebih asri. 

2. Kualitas udara yang lebih baik

Manfaat kedua dari lingkungan bersih adalah meningkatkan kualitas udara yang baik. Biasanya manfaat udara pada lingkungan yang bersih memiliki beberapa indikator penting. Berikut ini adalah beberapa indikator yang dapat dikategorikan lingkungan yang bersih :
  • Polusi dan juga asap yang sedikit dan rendah
  • Tumpukan sampah yang terorganisir dengan baik, sehingga tidak mengganggu
  • Sungai dan juga saluran pembuangan air yang bersih

Nah, sekarang bayangkan ketiga elemen tersebut apabila tidak bersih. Sudah dapat terbayang bukan? Hal ini akan menyebabkan lingkungan menjadi bau dan dapat menyebabkan sesak napas, karena polusi udara. Maka dari itu dengan adanya lingkungan yang bersih, hal ini dapat menyebabkan kualitas udara dari suatu lingkungan akan terjaga dengan sangat baik. Hal ini dapat mengurangi resiko penurunan kualitas udara.

3. Lingkungan yang jauh dari berbagai macam penyakit

Manfaat lingkungan yang bersih adalah dapat menghindarkan atau paling tidak dapat mengurangi resiko penyebaran berbagai macam penyakit. Sekali, bayangkan apabila sampah menumpuk tanpa dibersihkan, pastinya akan sangat kotor dan menimbulkan banyak sekali lalat. Lalat merupakan salah satu hewan pembawa penyakit. Ketika anda tinggal pada lingkungan yang tidak dan juga kurang bersih, hal ini akan menyebabkan meningkatnya persebaran penyakit, seperti demam, diare, disentri, penyakit pernapasan, dan jua penyakit lainnya.

Manfaat hidup bersih dapat mencegah dan meminimalisir persebaran penyakit pada lingkungan, membersihkan lingkungan haruslah digalakkan. Agar lingkungan selalu bersih dan dapat meminimalisir segala macam bentuk penyakit.

4. Kepuasan tersendiri bagi warga lingkungan tersebut

Lingkungan yang bersih juga memberikan kepuasan tersendiri bagi warga lingkungannya. Dengan berhasil mempertahankan kebersihan lingkungan dan juga membuat lingkungan menjadi lebih bersih. Maka warga yang sudah berhasil tersebut tentunya akan merasa puas. Apalagi setelah melihat lingkungan tempat tinggalnya menjadi sangat bersih dan juga enak untuk dipandang.

5. Kesehatan lingkungan yang tejaga dengan baik

Faktor kesehatan atau kebersihan pun pastinya akan terjaga apabila lingkungan tempat tinggal selalu dijaga kebersihannya. Hal ini, selain berhubungan dengan bertambah kecilnya resiko persebaran penyakit, juga berhubungan erat dengan kualitas hidup. Dengan higienitas dan juga kesehatan yang terjaga dengan baik, maka hampir pasti kualitas hidup dan juga kesehatan. Warga yang tinggal dalam lingkungan bersih tersebut pun pastinya akan selalu terjaga dengan sangat baik.

6. Membuat lingkungan menjadi lebih sering dikunjungi oleh orang lain

Manfaat lingkungan yang bersih tersebut dapat menjadi salah satu model atau contoh dari orang lain. Dengan lingkungan yang lebih bersih, akan banyak sekali orang yang tertarik dan juga nyaman dengan lingkungan yang bersih tersebut. Hal ini tentu saja bermanfaat bagi lingkungan dan juga warga sekitarnya.

7. Lebih betah dan nyaman tinggal di lingkungan tersebut

Anda pun, sebagai anggota dari lingkungan yang bersih dan terawat pastinya akan lebih betah dan juga kerasan tinggal pada lingkungan tersebut. Bayangkan saja, siapa yang mau tinggal pada daerah lingkungan yang kotor dan penuh sampah? Kalaupun ada, pastilah itu terpaksa. Karena itu, dengan adanya lingkungan yang bersih, paling tidak anda akan merasa nyaman dan senang tinggal pada lingkungan tersebut.

8. Dapat menghasilkan penghargaan sendiri, seperti Adipura

Adipura merupakan salah satu penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kepada kota yang memiliki lingkungan yang kebersihannya terjaga. Dengan mendapatkan penghargaan seperti ini maka selain bangga, hal ini tentu saja juga dapat meningkatkan pariwisata dari daerah atau lingkungan tersebut. Tentu saja akan berpengaruh terhadap meningkatnya pendapatan daerah.

9. Mempermudah tugas dari tenaga kebersihan

Tugas dari tenaga kebersihan dari suatu lingkungan sudah berat. Saat membuat lingkungan menjadi bersih maka paling tidak hal ini dapat membantu pekerjaan dari tenaga dan petugas kebersihan yang ada agar tidak bekerja dengan berat.

10. Mencegah Banjir

Manfaat lingkungan bersih adalah dapat mencegah banjir dan juga bencana alam lainnya. Sebut saja sampah yang menumpuk di kali dan juga sungai. Penumpukan sampah tersebut sangat berpotensi untuk menyebabkan banjir dan tentu saja merugikan kita sebagai warga yang tinggal di lingkungan tersebut. Karena itu, jagalah kebersihan lingkungan, agar bencana seperti banjir tidak melanda lingkungan kita.

Itulah manfaat dari lingkungan yang bersih. Untuk memperoleh lingkungan yang bersih, dibutuhkan keterlibatan dan juga peran dari seluruh elemen lingkungan, karena itu. Ajaklah para warga dan juga tetangga kita untuk ikut membantu menjaga kebersihan lingkungan, sehingga dapat memperoleh banyak manfaat dari kebersihan lingkungan tersebut.
logoblog
logoblog

2 komentar:

  1. Lingkungan bersih memang dapat berdampak baik bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah kualitas udara lebih baik. Informasi yang menarik mengenai manfaat lingkungan bersih bagi kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat. Trimakasih atas apresiasi dan kunjungannya. Salam Mitra Kesmas.

      Hapus

Komentar Anda Sangat Bermanfaat bagi Kami dan Pembaca Lainnya. Untuk mendapatkan pemberitahuan tentang komentar dan posting blog ini silakan ikuti blog ini di bagian bawah.