7 Fakta dan Mitos Seputar Kesehatan Reproduksi

Oleh: Amrin Madolan Pada: 2016/02/11

Banyak beredar di masyarakat tentang mitos seputar kesehatan reproduksi. Agar tidak tersesat informasi yang salah, berikut fakta sebenarnya tentang fungsi dan sistem reproduksi yang perlu Anda cermati dan analisa:

1. MITOS: Permpuan yang lebih cepat mendapat haid pertama (menarche) = perempuan nakal

FAKTA: Tidak ada hubungannya antara menarche dengan perilaku nakal. Menarche pada usia 10-15 tahun dipengaruhi faktor gizi dan keturunan. Semakin muda usia menarche, semakin tua usia menopause.

2. MITOS: Perawan akan berdarah pada hubungan seks pertama atau malam pertama

FAKTA: Keperawanan punya aspek fisik yang mengacu pada selaput dara dan aspek sosial yang mengacu pada seorang yang pernah berhubungan seksual. Selaput dara memiliki bentuk elastis. Perempuan akan mengeluarkan cairan vagina jika terangsang sehingga tidak semua perempuan mengalami pendarahan saat berhubungan seks untuk pertama kalinya.

3. MITOS: Masturbasi atau onani hanya dilakukan pria dan menyebabkan dengkul kopong

FAKTA: Masturbasi bisa dilakukan baik perempuan ataupun laki-laki. Dan perilaku ini bisa menyebabkan luka, keletihan dan kelelahan jika berlebihan, merasa berdosa dan tidak konsentrasi, ketergantungan dan tidak merasa butuh pasangan.

4. MITOS: Orang hiperseks, jalan mengangkang dan bentuk bokong rata

FAKTA: Ini tidak berhubungan dan hanya pasangannya yang tahu bahwa ia hiperseks.

5. MITOS: Payudara bisa diperbesar dengan meremasnya

FAKTA: Besar kecilnya payudara disebabkan faktor keturunan. Meremas hanya memperbesar sementara karena rangsangan. Sementara itu, payudara besar tidak mempengaruhi jumlah produksi ASI.

6. MITOS: Hubungan seks sekali tidak menyebabkan hamil

FAKTA: Pertemuan sperma dan sel telur dapat menyebabkan kehamilan walaupun hanya berhubungan seks sekali.

7. MITOS: Makan nanas menyebabkan keguguran

FAKTA: Apapun yang dimakan secara berlebihan akan menyebabkan gangguan. Pengaruh makanan akan berdampak pada lambung dan usus, bukan pada alat reproduksi.

Demikianlah yang dapat kami bagikan kepada mitra kesehatan masyarakat mengenai Fakta dan Mitos Seputar Kesehatan Reproduksi, semoga dapat meluruskan persepsi yang ada.
logoblog
logoblog

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Bermanfaat bagi Kami dan Pembaca Lainnya. Untuk mendapatkan pemberitahuan tentang komentar dan posting blog ini silakan ikuti blog ini di bagian bawah.