Motivasi untuk Hidup Sehat

Oleh: Amrin Madolan Pada: 2016/02/10

Banyak diantara kita yang berpendapat atau berpikir bahwa "hidup sehat itu mahal", namun tidak sedikit pula yang menyadari bahwa "hidup sehat sangat sederhana". Di sisi lain, ada juga sebagian orang yang tahu akan hal itu namun masih saja sulit untuk memulainya dan tidak tahu harus memulai dari mana. Dimaklumi, itu manusiawi, karena dengan sifat yang manusiawi tersebut, seseorang membutuhkan motivasi untuk mencoba melakukan sesuatu.

Menurut wikipedia, arti dari kata motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketentuan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya adalah intensitas, arah dan ketekunan. Jadi ada alasan dalam sebuah motivasi, motivasi memberikan arah, entah itu arah bergerak maju atau bergerak kebelakang. Yang pasti bahwa sebuah motivasi melibatkan ketekunan, kegigihan dan kesabaran.

Motivasi itu dapat datang dari mana saja, bisa datang dari teman, orang tua, pasangan hidup yang kita cintai, masyarakat atau yang lainnya. Namun motivasi yang paling baik adalah motivasi yang muncul dari dalam diri. Pikiran kita itu ibarat teko (tempat air minum). Apa yang tertuang, tergantung dari isi tekonya. Mau di isi air comberan atau air yang sehat, yang keluar sesuai dengan apa yang kita isi. Oleh karena itu, ayo motivasi diri kita untuk hidup sehat berawal dari diri kita sendiri.

Pada artikel ini, kami akan berbagi kepada Mitra Kesehatan Masyarakat tentang Motivasi Untuk Hidup Sehat, mudah-mudahan dapat memberikan arah untuk bergerak maju dalam menciptakan hidup yang sehat. Perlu dicamkan bahwa "hanya orang yang hidup sehat yang akan melanjutkan membaca tulisan ini", jika anda tidak berniat untuk memotivasi diri anda sendiri, maka kami sarankan untuk berhenti membaca sampai di sini saja karena tidak akan berguna bagi orang yang tidak berani untuk memulai dengan mengisi pikirannya dengan hal yang menjadi tujuannya. Mengapa demikian? Karena kami tahu dan sadar bahwa "Hidup sehat adalah tujuan kita bersama".

Selanjutnya.... Bacalah, isi teko pikiranmu, motivasi dirimu dan mulailah beraksi:

1. Lemak Bagaikan Hutang.


Ya.... Lemak bagaikan hutang, lemak adalah kelebihan makanan pada tubuhmu yang tidak dipakai. Kelebihan ini bagaikan kelebihan hutang, dan hutang harus dihilangkan.

"Fat is like debt, Stored fat is all the extra food your body couldn't afford to eat. it's all the extra food you ate on 'credit', and now it's just waiting to be paid off" - Bonnie Piester.

2. Diet - Gaya Hidup


Mengatur makanan yang masuk ke tubuh kamu, bukanlah urusan jangka pendek. Mengatur asupan makanan merupakan bagian dari mengatur gaya hidup, mengatur hidup, untuk masa depan yang lebih baik.

"Its not a short term diet. Its a long term life style chang".

3. Diet Butuh Waktu


Butuh waktu 4 minggu agar kamu melihat hasil dari diet dan olahraga yang kamu lakukan. Butuh 8 minggu bagi keluarga dan teman kau untuk menyadari perubahan pada dirimu. Dan butuh waktu 12 minggu bagi lingkungan agar tahu kamu berubah. Jadi jangan menyerah, tetaplah istikomah. Perubahan itu adalah keniscayaan. Penampakan akan mengikuti setelah usaha dilakukan.

"It takes 4 weeks for you to see your body changing, it takes 8 weeks for your friends and family, it takes 12 weeks for the rest of the world keep going".

4. Motivasi untuk mereka yang tidak punya waktu


Bagi mereka yang berpikir tidak punya waktu untuk mengasup makanan sehat, pada suatu saat, akan mendapatkan waktu untuk merenung di saat sakit.

"Those who think they have no time for healthy eating will sooner or later have to find time for illness."

5. Motivasi menyapa tubuh


Katakan pada tubuhmu, "wahai tubuh, saya minta maaf telah memperlakukanmu secara tidak baik, Aku sering memberimu makanan yang tidak sehat. Aku jarang memperhatikanmu, aku berjanji mulai hari ini aku akan memperbaikinya, aku akan mengkonsumsi makanan yang sehat dan kembali membuatmu bugar lagi. Aku akan membuatmu kembali fit seperti sedia kala. Ya... aku akan melakukannya. Aku berjanji...".

"Dear body.........., I'm sorry I've treated you unkindly, feeding you unhealthy foods and not taking care of you. I vow that starting I will do better. I will eat-Clean and get you back into shape. I will get you to the best level of fitness you can be. We will do it! You are my temple. with love and gracious kindness, me".

6. Menjadi Kuat Hari demi Hari


Bisiki dan motivasi hatimu dengan mengatakan kuat... kuat... saya kuat! Saya akan menjadi semakin kuat hari demi hari. Aku akan menjadi semakin sehat hari demi hari. Aku akan menjadi semaki bugar hari demi hari. Aku bisa. Aku yakin aku bisa.

"Getting Strongger each day".

7. Mulailah Berolahraga


Motivasi pikiranmu dengan menetting pola pikir dengan tepat. Yakinlah bahwa berolahraga bukanlah siksaan. Berolahraga bukanlah hukuman. Berolahraga adalah hadiah. Hadiah bagi mereka yang ingin hidup sehat. Ambillah hadiah itu. Selamat mendapatkan hadiah.

"Working out is a reward, not a punishment".

8. Motivasi Kendali Diri


Jangan biarkan akhir pekan kamu menghancurkan kemajuan yang telah kamu buat. Badan sudah langsingan kamu gendutin lagi, yang benar saja! Lawanlah godaan yang merusak dietmu. Lawanlah rasa malasmu, kendalikan dirimu. Engkaulah tuan rumah dari tubuhmu.

Motivasi Sehat


9. Motivasi dari Olahraga Lari


Camkan ini! Kamu tidak bisa mengakhiri apa yang tidak kamu mulai. Kamu tidak bisa mendapatkan apa yang tidak kamu lakukan.

"You can't finish what you don't star".


10. Apakah Diet itu Mudah?


Apakah hal yang mudah menjalani gaya hidup sehat? Apakah mudah untuk berolahraga secara teratur? Apakah mudah untuk komitmen hanya makan makanan yang sehat? Tidak, itu tidak mudah. tapi apakah itu layak dijalankan. Sangat! itu sangat layak untuk diperjuangkan. Yakinlah, hasilnya akan sangat luarbiasa.

"will it be easy? Nope. worth it? Absolutely."

11. Jangan Mengeluh


Jangan berani-beraninya kamu komplain tentang berat badanmu, jika kamu tidak melakukan apapun untuk merubahnya.

"Don't you dare comlain about your weight if you're not doing anything about it".

12. Peduli Pada Hasil


Jika kamu perhatian dengan hasil yang ingin kamu capai, maka kamu sudah hampir pasti akan berusaha untuk menjaga ikhtiarmu.

"If you care enaugh for the tesult, you will almost always attain it". - William James.

13. Mud Bagus


Jika ingin mood kamu bagus, lakukan satu hal sederhana berikut ini:
== O L A H R A G A ==

"You are only one workout away from a good mood".

14. Nikmatnya Sehat


Tidak ada rasa nikmat yang paling bagus selain dari nikmat sehat dan merasa sehat.

"Nothing Testes as good as being healthy feels".

15. Mengidam Makan


Silahkan pilih, memakan junk food untuk kenikmatan sesaat, atau menjaga badanmu untuk kenikmatan seumur hidup.

"Junk food you've craved for an hour, or the body you've craved for a lifetime? your decision".

16. Diet Butuh Pengotbanan


Ya, mungkin ini akan menyakitkan. Ya, mungkin ini membutuhkan waktu. Ya, ini memang membutuhkan kekuatan tekad. Dan dibutuhkan sebuah pengorbanan, disamping itu akan ada godaan yang hadir dalam perjuanganmu. Namun jika kamu melihat hasilnya, semua pengorbanan itu akan terbayarkan dengan balasan yang setimpal.

"It will hurt.
It will take time.
It willtequire dedication.
It will require wilpower.
you will need to make healthy decisions.
It requires sacrfice.
You will need to push your body to its max.
There will be temptation.
But, I promise you, when you reach your goal, it's WORTH IT."

17. Sekarang dan Nanti


Diet kamu bulan ini adalah tubuh kamu bulan depan.

"This month diet is next month's body"

18. Sehat di Ruang Privat dan Publik


Apa yang kamu makan diruang privat, sebenarnya merupakan apa yang kamu pakai diruang publik. Makan yang sehat, dan tampillah secara bugar.

"what you eat in private eventually is what you weat in public. Eat clean, look lean.

19. Dilema dalam pilihan untuk Sehat


Mengurangi berat badan itu susah. Jadi gendut juga susah. Silahkan pilih susahmu. Your decision.

"Losing weight is HARD.
Being fat is HARD
Pick your HARD".

20. Prinsip dalam Makan


Makanlah untuk hidup. Jangan hidup untuk makan.

"One Must Eat to Live, Not Live to Eat". - Moliere

21. Jagalah Tubuhmu


Jaga baik-baik tubuhmu! Cuma  disitu satu-satunya tempat dimana jiwa dan diri kamu bisa hidup.

"Take care of your body! It's the only place you have to live in".

Demikianlah sedikit motivasi untuk hidup sehat yang dapat kami berikan kepada Mitra Kesehatan Masyarakat, Semoga dapat memberikan tambahan semangat pada kita untuk lebih hidup sehat.
logoblog
logoblog

3 komentar:

  1. Nice post. Motivai yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas apresiasinya...

      Hapus
  2. Terimakasih. Informasi yang sangat bermanfaat bagi para pembaca

    BalasHapus

Komentar Anda Sangat Bermanfaat bagi Kami dan Pembaca Lainnya. Untuk mendapatkan pemberitahuan tentang komentar dan posting blog ini silakan ikuti blog ini di bagian bawah.