6 Aktivitas Sehat Setelah Bangun Pagi

Oleh: Amrin Madolan Pada: 2016/03/17

Apakah yang anda lakukan ketika bangun pagi? Banyak hal yang dapat dilakukan agar dapat lebih sehat dan bugar dalam melaksanakan pekerjaan kita. Termasuk beberapa aktivitas yang dilakukan ketika bangun pagi juga memengaruhi pekerjaan kita sehari-hari.

Biasanya orang terlambat atau sengaja lambat bangun pagi di setiap harinya. Hal ini membuat kita tidak sempat mengerjakan banyak hal bermanfaat sebelum melakukan aktivitas atau pekerjaan utama kita, baik di kantor maupun di tempat lain yang menjadi tempat anda bekerja. Jangankan melakukan aktivitas sehat, mandi dan sarapan saja kita terburu-buru.

Gambar Ilustrasi Bangun Pagi
Ilustrasi Bangun Pagi
Ada ungkapan bahwa bagaimana kita memulai hari akan memengaruhi cara kita menyelesaikan hari ini. Jika kita memiliki awal pagi yang indah, sehat dan bugar maka sepanjang hari kita akan merasa bugar, senang, sehat dan bahagia.

Bangun tidur pada pagi hari merupakan hal paling baik untuk melakukan aktivitas yang sehat. Mengutip Boldsky berikut ini 6 Aktivitas sehat yang wajib dilakukan setelah bangun tidur agar hidup lebih sehat, segar dan bugar.

1. Meregangkan tubuh

Merenggangkan tubuh adalah hal penting yang harus dilakukan setelah kita bangun tidur. Jangan biasakan diri kita untuk langsung bangun tiba-tiba. Pada saat bangun tidur, mulailah merentangkan tangan anda ke atas atau ke samping dengan perlahan-lahan. Ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah dan membuat kita merasa lebih aktif dalam melakukan pekerjaan.

2. Jus lemon

Jika sempat atau memiliki bahannya, minumlah segelas jus lemon setelah bangun tidur. Campur air hangat dengan jus lemon serta beberapa tetes madu ke dalamnya.

Jika tak suka dengan jus lemon, anda bisa menggantinya dengan jus sayuran. Jus sayuran akan membantu mengurangi racun dalam tubuh kita. Usahakan agar minum jus ketika perut masih kosong.

3. Jalan-jalan pagi.

Cobalah melakukan jalan santai sebelum mandi. Anda bisa memilih olahraga ringan seperti jalan-jalan santai di halaman rumah. Ini dapat membantu kita merasa lebih segar, ditemani hembusan angin segar minim polusi di pagi hari.

4. Olahraga

Sebelum mandi pagi, anda dapat melakukan olahraga. Sebagaimana kita ketahui bahwa olahraga merupakan hal yang sangat membantu menjaga kesehatan tubuh kita.Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan saat olahraga.

5. Mendengarkan musik

Musik dapat memberikan relaksasi mental. Mulailah pagi Anda dengan mendengarkan musik kesayangan anda. Usahakan untuk memilih musik yang bisa membuat Anda merasa lebih berenergi dan antusias dalam menghadapi pekerjaan. Jangan memutar musik tragis atau sedih karena dapat menurunkan mood dalam melakukan pekerjaan.

6. 'Mandi' cahaya matahari

Maksudnya adalah usahakan agar badan anda terkena sinar matahari pagi. Hal ini sangat mudah dilakukan. Silakan buka jendela rumah anda kemudian pastikan cahaya matahari pagi dapat masuk ke dalam rumah dan menyinari tubuh anda. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh anda. Anda juga dapat melakukannya sambil berjalan pagi di halaman rumah anda.

Demikianlah yang dapat kami bagikan kepada Mitra Kesehatan Masyarakat tentang 6 Aktivitas Sehat setelah Bangun Pagi. Semoga dapat bermanfaat.
logoblog
logoblog

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Bermanfaat bagi Kami dan Pembaca Lainnya. Untuk mendapatkan pemberitahuan tentang komentar dan posting blog ini silakan ikuti blog ini di bagian bawah.