Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari untuk Kesehatan

Oleh: Amrin Madolan Pada: 2016/03/19

Bagaimana kabar anda hari ini? Tentunya kami berharap anda dalam keadaan sehat walafiat. Amin. Bagi anda yang sedang membaca tulisan ini, maka saya ucapkan selamat kepada anda dan teruslah membaca, karena isi dari tulisan kali ini membagikan informasi tentang hal kecil dan sangat mudah dilakukan setiap hari namun sangat bermanfaat untuk kesehatan namun sering kali dilupakan oleh kita, entah sengaja maupun tidak, disadari maupun tidak yaitu pembahasan mengenai Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari untuk Kesehatan.

Gambar Air Putih
Air Putih
Karena kesibukan atau aktivitas lain, biasanya orang tidak lagi menghiraukan untuk selalu minum air putih pada pagi hari, apalagi ketika bangun tidur, padahal kita sama-sama ketahui bahwa tubuh kita tersusun dari 70% cairan dan tubuh kita membutuhkan air minimal 8 (delapan) gelas per hari. Yang jadi tanda tanya, berapa gelaskah yang sudah kita minum setiap harinya? Jawabannya ada pada diri kita masing-masing. Jika belum mencukupi 8 (delapan) gelas per hari maka nantikanlah akibat buruk jika kurang minum air putih yang siap menggrogoti kesehatan kita.

Sebagaimana tema kita pada kesempatan kali ini adalah membahas tentang manfaat minum air putih di pagi hari. Mengapa di pagi hari? Karena pada waktu inilah kita terkadang melupakan untuk mengkonsumsi air putih, padahal rentang waktu yang kita gunakan pada waktu tidur sangat panjang dan bukan berarti ketika tidur kita tidak membutuhkan cairan. Di pagi hari itu juga kita harus mempersiapkan stamina kita untuk menghadapi pekerjaan yang siap menanti untuk dikerjakan.

Dari beberapa alasan tersebut di atas, maka kami menyarankan kepada anda untuk mengkonsumsi air putih yang cukup di pagi hari sehingga anda dapat merasakan manfaat dari minum air putih di pagi hari sebagai berikut:
  1. Awet Muda. Minum air putih di pagi hari sangat efektif untuk membuang dan membersihkan racun yang berada di darah melalui keringat dan urine sehingga tubuh akan lebih sehat dan segar sepanjang hari.
  2. Regenerasi sel-sel Otot dan Sel-Sel Darah. Minum air putih di pagi hari bermanfaat untuk memperbaharui organ otot serta seluruh sel darah di tubuh kita.
  3. Penyeimbang Sistem Getah Bening. Jika sistem getah bening dapat bekerja dengan optimal, maka tubuh akan mempunyai kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.
  4. Memperlancar Buang Air Besar. Bagi seseorang yang mengalami sembelit atau susah buang air besar di pagi hari, maka sebaiknya minum air putih saat bangun tidur yang mana bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar tersebut.
  5. Mengontrol Berat Badan Tubuh. Berat badan yang ideal merupakan impian setiap orang. Bagi anda yang ingin memiliki berat badan yang proporsional, maka mulailah mencukupi kebutuhan air putih di pagi hari.
  6. Miliki Usus Besar Yang Sehat. Usus besar merupakan salah satu organ di sistem pencernaan kita. Dengan minum air putih di pagi hari. akan berdampak positif untuk kesehatan usus besar. Sehingga penyerapan nutrisi makanan dapat berjalan dengan baik pula.
  7. Organ Ginjal Yang Lebih Sehat. Mencukupi kebutuhan asupan air putih di pagi hari dapat membantu meringankan kerja organ ginjal sekaligus menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.
Itulah tujuh Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari yang dapat kami bagikan kepada Mitra Kesehatan Masyarakat, sebagai informasi tambahan, kami sediakan tulisan kami yang lainnya yaitu: 5 Bahaya Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan.

Demikianlah yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat untuk kesehatan kita semua, terima kasih telah berkunjung pada blog kami, jika ada komentar, informasi atau saran lainnya, silakan isi kolom komentar yang ada di bawah.
logoblog
logoblog

4 komentar:

  1. Wah ternyata manfaat air putih itu banyak juga ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Terimakasih atas kunjungannya

      Hapus
  2. Sekedar menambahkan, di dalam rongga mulut terdapat air ludah yang berfungsi sebagai self cleansing. Dengan asupan air putih yang cukup maka akan memelihara produksi air ludah, sehingga setidaknya mengurangi terkena resiko penyakit gigi dan mulut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih echa mrezfi atas tambahannya.

      Hapus

Komentar Anda Sangat Bermanfaat bagi Kami dan Pembaca Lainnya. Untuk mendapatkan pemberitahuan tentang komentar dan posting blog ini silakan ikuti blog ini di bagian bawah.