Pedoman Pelaksanaan Manajemen Puskesmas Terbaru

Oleh: Amrin Madolan Pada: 2016/03/12

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi kepada mitra kesehatan masyarakat tentang pedoman pelaksanaan manajemen puskesmas terbaru. Dalam pembahasan ini akan terdiri dari beberapa bagian yang berkesinambungan dan kami sertakan link yang menuju ke halaman berikutnya yang berkaitan dengan pembahasan sebelum dan sesudahnya.

Pada tulisan kali ini kami berharap dapat memberikan acuan bagi para pegawai yang ada di puskesmas dalam mengelola manajemen puskesmas sehingga lebih meningkatkan mutu dari puskesmas tempatnya ia bekerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerja puskesmas tersebut.

Pedoman ini kami tulis dengan menyadur dari buku pedoman manajemen puskesmas yang di terbitkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Cetakan Kedua Tahun 2012.

Niat kami membuat tulisan ini adalah untuk membantu menyebarluaskan informasi yang bagi kami sangat bermanfaat untuk menunjang pembangunan kesehatan masyarakat dan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Gambar Pelaksanaan Manajemen Puskesmas
Pedoman Pelaksanaan Manajemen Puskesmas Terbaru
Pembangunan Kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh suatu komponen bangsa yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap individu agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Dalam kenyataannya, banyak target pembangunan kesehatan meletakkan peran pelayanan kesehatan dasar khususnya puskesmas untuk menampilkan kinerjanya secara optimal. Akan tetapi ternyata masih banyak Puskesmas yang belum mampu berperan secara memuaskan dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan, mendukung tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Bertolak pada kondisi tersebut, maka perlu dilakukan penguatan penyelenggaraan puskesmas di mana salah satu pondasinya adalah pelaksanaan manajemen puskesmas baik dari tingkat perencanaan, lokakarya mini sampai dengan penilaian kinerja dalam upaya mengembangkan fungsi Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan pembangunan kesehatan di wilayahnya.

Dalam mendukung penguatan manajemen puskesmas maka rumusan manajemen puskesmas tertuang dalam 3 (tiga) seri pembahasan yaitu:
  1. Perencanaan Puskesmas;
  2. Lokakarya Mini Puskesmas; dan
  3. Penilaian Kinerja puskesmas.
Untuk mengakses ketiga dokumen materi tersebut, silakan klik pada tulisan masing-masing tahap tersebut dan anda akan diarahkan pada pembahasannya masing-masing secara bertahap dan sesuai alurnya.
logoblog
logoblog

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Bermanfaat bagi Kami dan Pembaca Lainnya. Untuk mendapatkan pemberitahuan tentang komentar dan posting blog ini silakan ikuti blog ini di bagian bawah.