Pengertian Perawatan Kesehatan Masyarakat (PHN: Public Health Nurse)

Oleh: Amrin Madolan Pada: 2016/04/19

Tahukah Anda tentang Perawatan Kesehatan Masyarakat? Berikut ini kami bagikan sedikit informasi tentan Pengertian Perawatan Kesehatan Masyarakat (PHN: Public Health Nurse).

Perawatan kesehatan masyarakat adalah praktek mempromosikan dan melindungi kesehatan masyarakat menggunakan pengetahuan dari keperawatan, sosial, dan ilmu kesehatan masyarakat.

Perawatan kesehatan masyarakat adalah proses yang sistematis dimana:

Kesehatan dan perawatan kesehatan kebutuhan populasi dinilai untuk mengidentifikasi sub-populasi, keluarga dan individu yang akan mendapat manfaat dari promosi kesehatan atau yang berisiko penyakit, cedera, cacat atau kematian dini.

Sebuah rencana untuk intervensi dikembangkan dengan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan yang teridentifikasi yang memperhitungkan sumber daya yang tersedia, berbagai kegiatan yang berkontribusi terhadap kesehatan dan pencegahan cedera penyakit, cacat, dan kematian dini.

rencana tersebut dilaksanakan secara efektif, efisien dan adil.

Evaluasi dilakukan untuk menentukan sejauh mana intervensi berdampak pada status kesehatan individu dan populasi.

Hasil dari proses yang digunakan untuk memengaruhi dan mengarahkan pengiriman saat perawatan, penyebaran sumber daya kesehatan, dan pengembangan lokal, regional, negara, dan kebijakan kesehatan nasional dan penelitian untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit.
proses yang sistematis ini didasarkan pada dan konsisten dengan:
  1. kekuatan masyarakat, kebutuhan dan harapan;
  2. pengetahuan ilmiah saat ini;
  3. Sumber daya yang tersedia;
  4. Kriteria diterima dan standar praktik keperawatan;
  5. Tujuan lembaga, filosofi dan tujuan; dan
  6. Partisipasi, kerjasama, dan pemahaman dari populasi.
layanan dan organisasi lainnya dalam masyarakat dianggap, dan perencanaan dikoordinasikan untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya secara efektif dan meningkatkan hasil.

Perawatan Kesehatan Masyarakat
Perawatan Kesehatan Masyarakat

Judul "perawat kesehatan masyarakat" menunjuk seorang profesional keperawatan dengan persiapan pendidikan kesehatan masyarakat dan ilmu keperawatan dengan fokus utama pada hasil tingkat populasi. Fokus utama keperawatan kesehatan masyarakat adalah untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit untuk seluruh kelompok penduduk. Ini mungkin termasuk membantu dan memberikan pelayanan kepada anggota individu dari populasi. Ini juga mencakup identifikasi individu yang mungkin tidak meminta perawatan tetapi yang memiliki masalah kesehatan yang menempatkan diri dan orang lain dalam masyarakat yang beresiko, seperti orang-orang dengan penyakit menular. Fokus keperawatan kesehatan masyarakat tidak pada penyediaan perawatan langsung kepada individu dalam pengaturan masyarakat. perawat kesehatan masyarakat mendukung penyediaan perawatan langsung melalui proses evaluasi dan penilaian kebutuhan individu dalam konteks kelompok populasi mereka. perawat kesehatan masyarakat bekerja sama dengan penyedia lain dari perawatan untuk merencanakan, mengembangkan, dan sistem pendukung dan program di masyarakat untuk mencegah masalah dan memberikan akses ke perawatan.
Referensi:
American Public Health Association: The definition and role of public health nursing: a statement of the APHA public health nursing section, March 1996 update, Washington, DC, 1996, APHA

Demikianlah yang dapa kami bagikan kepada mitra kesehatan masyarakat, semoga dapat bermanfaat.
logoblog
logoblog

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Bermanfaat bagi Kami dan Pembaca Lainnya. Untuk mendapatkan pemberitahuan tentang komentar dan posting blog ini silakan ikuti blog ini di bagian bawah.