Pengaruh Makanan terhadap Kejadian Kanker dan Beberapa Hal yang Perlu Dihindari

Salah satu penyebab terjadinya kanker adalah pola makan yang tidak sehat. Kita ketahui bersama bahwa makanan cukup memengaruhi terjadinya kanker. Sebagai contoh, makanan berserat dapat menjadi faktor protektif terhadap kanker colon, begitu pula dengan sayur-sayuran.

Vitamin A disebutkan berguna dalam pencegahan kanker esophagus, larynx dan paru-paru. Makanan yang banyak mengandung vitamin A adalah kuning telur, ikan, daging. Buah-buahan dan sayuran hijau adalah sumber vitamin A yang baik.

Vitamin C berguna dalam pencegahan kanker esophagus dan stomach. Hampir semua buah-buahan adalah sumber vitamin C yang baik.

Penurunan berat badan berhubungan dengan kanker uterus, kandung empedu, payudara dan colon. Penurunan berat badan dapat dilakukan dengan melakukan olahraga dan makan berkalori rendah. Jalan kaki (jogging) adalah olahraga yang terpilih dalam mengontrol berat badan.

Makanan Anti Kanker

Sebaliknya, kurangi hal-hal berikut ini karena merupakan faktor yang memberikan risiko terhadap kemungkinan kanker:

  1. Kurangi makan berlemak. Makanan berlemak berhubungan dengan risiko kanker payudara dan colon.
  2. Berhenti Merokok. Tidak disangsikan lagi hubungan yang erat antara kanker paru dan rokok. Selain itu dapat disebutkan bahwa kanker juga berhubungan dengan kanker cervix uterus, mulut, esophagus. Merokok di sini tidak hanya dimaksudkan perokok aktif. Perokok pasif juga memiliki risiko berbahaya.
  3. Alkohol. Alkohol berkaitan dengan kanker mulut, kerongkongan, larynx dan esophagus.
  4. Berjemur sinar matahari. Kebiasaan ini merupakan gaya hidup orang barat. Risiko berjemur banyak adalah kanker kulit (melanoma).

Demikianlah yang dapat kami bagikan kepada Mitra Kesehatan Masyarakat, semoga dapat bermanfaat untuk kesehatan kita semua.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال