Pijat Mengatasi Mual dan Muntah pada Ibu Hamil

Oleh: Amrin Madolan Pada: 2016/05/14

Mual dan muntah bagi ibu hamil bukanlah hal yang baru, sekitar 70 persen ibu hamil mengalami mual pada saat hamil dan 50 persen mengalami mual disertai muntah pada saat kehamilannya. Hal ini merupakan kondisi yang normal karena pada saat kehamilan terjadi peningkatan hormon terutama progesteron, estrogen, dan hCG yang akan memengaruhi beberapa fungsi organ tubuh.

Hal tersebut akan menjadi sebuah permasalahan ketika mual dan muntah menjadi berlebihan dan mengarah pada kondisi sindrom Hiperemesis Gravidarium yang mana ibu hamil mengalami mual dan muntah dengan frekuensi yang tidak biasanya atau umum pada ibu hamil muda atau mual yang terus menerus selama masa kehamilan.

Walaupun kondisi mual adalah hal yang wajar bagi ibu hamil, namun hal ini cukup mengganggu aktivitas dan kondisi perkembangan janin ketika ibu hamil tidak mencoba untuk mengatasi masalah tersebut karena yang pasti bahwa nafsu makan pada kondisi tersebut akan berkurang yang berdampak pada gizi baik ibu hamil tersebut maupun janinnya.

Mitra Kesehatan Masyarakat,...
Berdasarkan informasi yang kami dapatkan pada sebuah website resmi pemerintah (tradkom.depkes.go.id) bahwa ada cara tradisional untuk mengatasi masalah mual dan muntah tanpa menggunakan obat-obatan melainkan melalui pijatan yang dikenal dengan nama Akupresur.

Akupresur adalah salah satu terapi non farmakologi dan non invasif pada mual dan muntah saat kehamilan berlangsung. Akupresur sangat berguna karena aman, efektif dan tanpa efek samping untuk mengatasi mual dan muntah pada kehamilan.
Akupresur ini merupakan metode pengobatan tradisional Cina yang mana pada pelaksanaannya dalam mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil dilakukan dengan menekan/memijat kedua pergelangan tangan dengan harapan untuk memperoleh kembali keseimbangan energi.

Metode Akupresur adalah dengan menekan titik di bagian tubuh yang merupakan jalur meridian (saluran dalam tubuh yang dilewati energi Chi) dengan penekanan menggunakan tangan, terutama jempol, sehingga dengan penekanan tersebut akan memengaruhi Chi (energi), Xie (darah) dan organ-organ tubuh baik organ padat (Cang) dan organ berongga (Fu), sehingga keseimbangan panas-dingin tubuh bisa harmonis, daya tahan tubuh meningkat, sehingga patogen penyakit bisa ditangani oleh imunitas tubuh tersebut (Wei Chi). Energi negatif dalam tubuh dikeluarkan dari jantung melalui titik PC6 kanan dan energi positif masuk melalui titik PC6 kiri. Proses ini mengembalikan keseimbangan energi tubuh dan mengendalikan mual.

Cara melakukan Akupresur yaitu dengan memijat pada posisi 3 jari di atas pertengahan pergelangan tangan bagian dalam. Pemijatan dilakukan sebanyak 30 kali tekanan. Perhatikan gambar berikut ini:

Akupresur
Akupresur Mengatasi Mual dan Muntah Pada Ibu Hamil
Akupresur pada area tersebut telah terbukti dapat menghilangkan gejala mual dan muntah melalui studi yang dilakukan oleh Steele dan kawan-kawan (2001) yang mana hasilnya menunjukkan bahwa akupresur dapat mengurangi frekuensi dan keparahan mual dan muntah pada masa kehamilan.

Selain dapat mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil, Akupresur juga memiliki manfaat lain yaitu berupa:
  1. Manajemen stres dan keseimbangan energi tubuh.
  2. Meringankan nyeri.
  3. Mengatasi masalah gairah, ejakulasi dini, dan impoten.
Mitra Kesehatan Masyarakat, demikianlah yang dapat kami bagikan semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dalam menyehatkan orang-orang di sekitar kita.
logoblog
logoblog

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda Sangat Bermanfaat bagi Kami dan Pembaca Lainnya. Untuk mendapatkan pemberitahuan tentang komentar dan posting blog ini silakan ikuti blog ini di bagian bawah.