Breaking

2017/06/11

Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat

loading...
Memiliki berat badan ideal menjadi dambaan bagi setiap orang. Tidak jarang ada sebagian orang yang resah dengan berat badannya yang terlalu berlebihan sehingga melakukan berbagai upaya untuk menurunkan berat badannya. Segala cara menurunkan berat badan mulai dilakukan. Semua itu sah-sah saja asalkan dilakukan dengan cara yang tepat sehingga tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Berdampak bagi kesehatan. Ya, itulah pertimbangan utama ketika kita berupaya untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Sangat banyak tips yang disediakan baik melalui media online maupun melalui buku-buku yang dapat kita peroleh dengan mudah. Ada pula yang menggunakan metode tradisional, menggunakan obat-obatan dan suplemen, berolahraga atau menggabungkan beberapa metode dengan harapan memperoleh tubuh ideal atau menurunkan berat badan yang berlebihan.

Mungkin bagi anda yang sedang membaca blog ini masih dalam tahapan pencarian informasi untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, melalui kesempatan kali ini kami mencoba memberikan beberapa tips menurunkan berat badan secara sehat yang mudah-mudahan dapat membantu.

Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan
Namun sebelumnya perlu diketahui bahwa kelebihan berat badan memiliki beberapa resiko penyakit seperti:

  1. Osteoarthritis;
  2. Stroke;
  3. Diabetes tipe 2;
  4. Serangan Jantung;
  5. Tekanan darah tinggi (Hipertensi);
  6. Penyakit Kanker;
  7. Dan lain-lain.

Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat

Hindari Ketegangan Pikiran atau Hindari Stress

Ketegangan pikiran atau stress dapat menimbulkan berbagai penyakit, termasuk memicu perkembangan hormon yang memacu peningkatan berat badan.
Ketika anda stress maka tubuh akan menjadi tegang dan memproduksi hormon yang bernama kortisol. Hormon ini menjadi penyebab utama bertambahnya nafsu makan sehingga memicu anda mengkonsumsi berbagai makanan untuk menenagkan pikiran.

Hindari Mengkonsumsi Karbohidrat Berlebihan dan Gula

Jika selama ini anda banyak mengkonsumsi nasi dan gula, maka kini saatnya anda mengurangi dua makanan tersebut. Hal ini dikarenakan karbohidrat dan gula bisa menambah hormon insulin. Walaupun hormon ini berfungsi menstabilkan gula dalam darah namun juga dapat menimbun lemak dalam tubuh.

Konsumsi Buah, Sayuran, Protein dan Lemak Baik

Untuk mengatasi rasa lapar, biasakan makan buah terlebih dahulu sebelum tiba waktu makan. Mengkonsumsi buah sangat berperan dalam melarutkan lemak, selain itu juga dapat berfungsi sebagai antioksidan dan dapat memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Sayuran pun demikian, disamping sebagai sumber vitamin juga sebagai sumber serat yang dibutuhkan untuk pencernaan yang dapat mencegah terjadinya penyakit kanker, terutama kanker usus. Perbanyak porsi sayur dari biasanya. Lemak baik merupakan lemak tak jenuh yang salah satunya adalah asam lemak omega-3. Zat ini dapat ditemukan pada makanan seperti ikan, alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, telur, sayur-sayuran dan lain-lain. 

Lakukan Aktivitas Fisik Setiap Hari atau Olahraga Rutin

Kita semua tahu bahwa melakukan aktivitas atau olahraga mampu membakar lemak dan memberikan efek relaksasi sehingga kita terhindar dari stres serta memperbaiki metabolisme tubuh.

Pastikan Minum Air Putih yang Cukup Setiap Hari

Saat pembakaran lemak dan glikogen hati/otot menjadi asam. Air putih yang dianjurkan juga adalah air hangat. Apalagi dikonsumsi pada pagi hari ketika bangun pagi sebelum mengkonsumsi makanan lain. Selain untuk membantu menurunkan berat badan juga mampu mencegah berbagai penyakit.

Demikianlah beberapa cara menurunkan berat badan yang sehat. Semoga dapat menjadi tambahan informasi untuk para pembaca blog ini.

loading...

No comments:

Post a Comment

loading...
loading...