Breaking

2017/08/03

Buah Mengkudu Tidak Boleh Diberikan pada Orang dengan Kondisi Ini

loading...
Sejak zaman dahulu buah mengkudu diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ada yang mengolah dan mengkonsumsi secara tradisional, ada juga yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul dan diklaim dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa buah mengkudu mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti:

  1. Meringankan sakit kepala;
  2. Mengatasi masalah hipertensi;
  3. Melancarkan sistim pencernaan;
  4. Anti inflamasi;
  5. Sebagai antioksidan;
  6. Meningkatkan sistim imun dalam tubuh;
  7. Mencegah terjadinya kanker;
  8. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh;
  9. Mengobati asam urat;
  10. Mengobati diabetes;
  11. Mengobati gondok;
  12. Anti peradangan; dan masih banyak lagi.


Selain manfaat tersebut, buah mengkudu juga mudah didapatkan. Khususnya di daerah tropis seperti Indonesia.

Buah Mengkudu
Buah Mengkudu

Namun ada hal yang perlu diketahui bahwa buah mengkudu juga tidak dapat dikonsumsi untuk beberapa kasus, sebagaimana yang disebutkan pada alodokter.com bahwa ada beberapa kalangan yang sebaiknya menghidari mengkonsumsi buah mengkudu, yaitu:

Ibu Hamil dan Menyusui


Sejak zaman dahulu diakui bahwa buah mengkudu memberikan dampak negatif terhadap janin. Walaupun sebenarnya belum ada penelitian yang menjelaskan tentang hal tersebut. Namun untuk keamanan, sebaiknya ibu hamil dan menyusui tidak mengkonsumsinya.

Menderita Penyakit Organ Hati


Beberapa kasus yang dilaporkan bahwa dari beberapa orang yang mengkonsumsi buah mengkudu selama berminggu-minggu mengalami kerusakan organ hati. Walaupun belum jelas apakah penyebabnya memang benar-benar oleh karena mengkonsumsi buah mengkudu ataukah ada penyebab lainnya. Namun untuk menghidari hal yang tak diinginkan, sebaiknya bagi penderita penyakit organ hati agar tidak mengkonsumsi buah mengkudu.

Penderita Penyakit Jantung dan Ginjal


Mengkonsumsi buah mengkudu dapat meningkatkan kadar Potasium dalam tubuh. Ketika kadar potasium tinggi maka dapat menyebabkan terjadinya mual, kelelahan, kelelahan, sulit bernafas, penyakit ginjal, dan yang paling parah adalah kelumpuhan dan masalah jantung.

Dalam mengkonsumsi buah mengkudu sebaiknya berhati-hati dan rasakan setiap perubahan atau reaksi yang terjadi pada tubuh anda. Jika terjadi hal yang mengganggu, secepatnya konsultasikan ke dokter.

loading...

No comments:

Post a Comment

loading...
loading...