Buah Mengkudu Tidak Boleh Diberikan pada Orang dengan Kondisi Ini

Sejak zaman dahulu buah mengkudu diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ada yang mengolah dan mengonsumsi secara tradisional, ada juga yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul dan diklaim dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa buah mengkudu mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti:

  1. Meringankan sakit kepala;
  2. Mengatasi masalah hipertensi;
  3. Melancarkan sistim pencernaan;
  4. Anti inflamasi;
  5. Sebagai antioksidan;
  6. Meningkatkan sistim imun dalam tubuh;
  7. Mencegah terjadinya kanker;
  8. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh;
  9. Mengobati asam urat;
  10. Mengobati diabetes;
  11. Mengobati gondok;
  12. Anti peradangan; dan masih banyak lagi.

Selain manfaat tersebut, buah mengkudu juga mudah didapatkan. Khususnya di daerah tropis seperti Indonesia.

Buah Mengkudu

Namun ada hal yang perlu diketahui bahwa buah mengkudu juga tidak dapat dikonsumsi untuk beberapa kasus, sebagaimana yang disebutkan pada alodokter.com bahwa ada beberapa kalangan yang sebaiknya menghindari mengonsumsi buah mengkudu, yaitu:

Ibu Hamil dan Menyusui

Sejak zaman dahulu diakui bahwa buah mengkudu memberikan dampak negatif terhadap janin. Walaupun sebenarnya belum ada penelitian yang menjelaskan tentang hal tersebut. Namun untuk keamanan, sebaiknya ibu hamil dan menyusui tidak mengonsumsinya.

Menderita Penyakit Organ Hati

Beberapa kasus yang dilaporkan bahwa dari beberapa orang yang mengonsumsi buah mengkudu selama berminggu-minggu mengalami kerusakan organ hati. Walaupun belum jelas apakah penyebabnya memang benar-benar oleh karena mengkonsumsi buah mengkudu ataukah ada penyebab lainnya. Namun untuk menghindari hal yang tak diinginkan, sebaiknya bagi penderita penyakit organ hati agar tidak mengonsumsi buah mengkudu.

Penderita Penyakit Jantung dan Ginjal

Mengonsumsi buah mengkudu dapat meningkatkan kadar Potasium dalam tubuh. Ketika kadar potasium tinggi maka dapat menyebabkan terjadinya mual, kelelahan, kelelahan, sulit bernafas, penyakit ginjal, dan yang paling parah adalah kelumpuhan dan masalah jantung.

Dalam mengonsumsi buah mengkudu sebaiknya berhati-hati dan rasakan setiap perubahan atau reaksi yang terjadi pada tubuh Anda. Jika terjadi hal yang mengganggu, secepatnya konsultasikan ke dokter.