Manfaat Buang Air Besar dan Kecil Di Jamban untuk Kesehatan Manusia

Buang Air Besar (BAB) dan Buang Air Kecil (BAK) di Jamban memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Sebagaimana kita ketahui bahwa lingkungan memiliki pengaruh terbesar terhadap derajat kesehatan manusia. Sehingga dengan melakukan Buang Air Besar (BAB) dan Kecil di jamban maka kita telah berupaya meningkatkan derajat kesehatan kita.

Oleh karena itu, maka pemerintah berupaya agar masyarakat menyadari akan penting hal tersebut sehingga mereka mau menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun manfaat Buang Air Besar dan Kecil di Jamban untuk kesehatan sebagaimana yang terdapat pada paket informasi dan edukasi keluarga sehat yang diterbitkan oleh kementrian kesehatan adalah sebagai berikut:

Manfaat Jamban
Manfaat Jamban

Lingkungan sehat, bersih dan tidak berbau


Kotoran manusia yang tidak difokuskan pembuanggannya dapat mencemari lingkungan dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Lingkungan menjadi kotor, sehingga dapat menjadi sumber penyakit. Oleh karena itu perlu membuat jamban untuk mengatasi masalah tersebut.

Tidak mencemari sumber air dan tanah yang ada di sekitarnya.


Jika kotoran manusia tidak di buang pada tempatnya (jamban) maka pastinya akan berhamburan dan dapat mengotori atau mencemari tanah di lingkungan sekitar. Terlebih bagi orang yang menggunakan air sumur sebagai sumber airnya, atau jika sungai digunakan sebagai tempat pembuangan maka akan semakin meningkatkan resiko penularan penyakit.

Tidak mengundang datangnya lalat/kocoa/serangga yang dapat menularkan penyakit


Lalat, keceoa atau serangga lainnya merpakan hewan yang suka dengan daerah yang kotor. Jika kita tidak memelihara kebersihan lingkungan, maka tentunya akan mengundang hewan-hewan tersebut untuk datang dan berkembang biak.

Kita ketahui pula bahwa, serangga-serangga tersebut dapat menjadi sumber penularan berbagai penyakit bagi manusia.

Dengan membuat jamban maka kita telah berupaya menghindari terjadinya berbagai penyakit seperti Diare, kolera, disentri, tifus, kecacingan, infeksi saluran pencernaan dan lain-lain.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

INDAHNYA BERBAGI
Bagikan tulisan ini. Jangan berhenti pada anda, mungkin ada teman yang membutuhkan.
INGIN MENDAPATKAN ARTIKEL TERBARU SECARA GRATIS?
Cukup Ketik Email Anda, Klik Berlangganan, Lalu Buka Email Masuk Anda dan Klik Link yang Diberikan untuk Konfirmasi.

0 Komentar Untuk "Manfaat Buang Air Besar dan Kecil Di Jamban untuk Kesehatan Manusia"

Post a Comment