Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh yang Belum Banyak Di Ketahui

Bagi orang Indonesia, air kelapa tidak asing lagi bagi mereka. Tumbuhan yang menghasilkan air yang banyak mengandung manfaat ini banyak ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Baik sebagai komoditas unggulan maupun sekedar menanam beberapa pohon untuk kebutuhan sehari-hari.

Mengkonsumsi air kelapa juga sudah sering dilakukan oleh sebagian besar orang, baik di kebun maupun dengan membeli dari para penjual kelapa muda.

Mungkin kita mengkonsumsi air kelapa hanya sekedar memenuhi hasrat kita atau ingin mencicipi segarnya air kelapa. Namun kita tidak tahu ternyata air kelapa yang rasanya cukup nikmat tersebut dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan


Buah Kelapa
Buah Kelapa

Adapun manfaat dari mengkonsumsi air kelapa secara teratur untuk kesehatan kita adalah sebagai berikut:

Menghilangkan dehidrasi


Keseimbangan elektrolit dan plasma dalam air kelapa hampir sama dengan darah. Dengan demikian, air kelapa dapat mengganti cairan tubuh yang hilang ketika berolahraga, bekerja, maupun ketika terserang beberapa jenis penyakit seperti diare, disentri, kolera dan flu berat.

Untuk menggantikan ion dalam tubuh yang hilang ketika olahraga atau bekerja berat, tidak salahnya kita meminum air kelapa daripada harus membeli minuman pengganti ion yang ada di toko.

Mencegah penuaan dini


Air kelapa mengandung asam larut dan sitokin yang sangat penting bagi pertumbuhan dan regenerasi sel tubuh. Kandungan ini juga memiliki peran yang signifikan terhadap anti penuaan dini, anti karsinogenik dan anti trombotik yang sangat membantu menyeimbangkan pH kulit dan memelihara jaringan kulit.

Jika anda memiliki jerawat atau ingin mencegah timbulnya jerawat, air kelapa merupakan salah satu nutrisi yang dapat anda usapkan di wajah dan biarkan semalaman. Ia memiliki sifat memperbaiki dan baik untuk kulit bahkan dapat diterapkan pada tangan dan kuku.

Meningkatakan kekebalan tubuh


Air kelapa merupakan air banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan dalam tubuh manusia seperti riboflavin, niasin, thiamin, piridoksin dan folat. Air kelapa juga mengandung anti bakteri dan anti virus yang dapat meningkatakan kekebalan tubuh dari serangan penyakit seperti flu.

Meringankan penyakit batu ginjal


Air kelapa juga membantu dalam melarutkan batu ginjal karena memiliki kandungan kalium yang memainkan peran kunci dalam proses alkali urin dan mencegah pembentukan batu ginjal.

Bermanfaat untuk ibu hamil


Air kelapa merupakan minuman sehat untuk ibu hamil karena dapat meredakan ‘morning sickness’ dan mencegah muntah-muntah. Selain mengandung elektrolit, kalsium, potasium, sodium, air kelapa juga mengandung Vitamin C yang dibutuhkan selama waktu kehamilan.

Untuk pencernaan


Air kelapa terdiri dari enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase dan sebagainya. Enzim ini membantu untuk mempermudah pencernaan dan metabolisme tubuh. Air kelapa juga memiliki lebih mineral seperti kalsium, mangan dan seng seperti buah-buahan termasuk jeruk. Air kelapa juga merupakan sumber dari vitamin B seperti riboflavin, thiamine, pyridoxine, dan folat.

Menurunkan berat badan


Air kelapa terbukti sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Minuman ini telah dilihat sebagai salah satu cara paling sehat untuk menurunkan berat badan karena merupakan minuman alami dan tidak mengandung bahan kimia apapun. Air kelapa telah digunakan selama berabad-abad di seluruh dunia untuk menurunkan berat badan dan telah menunjukkan hasil yang positif. Bagaimana caranya untuk menurunkan berat badan ? Cobalah minum air kelapa, perut akan terasa terisi full karena sangat mudah diserap tubuh sehingga akan menunda rasa lapar anda.

Pengontrolan diabetes


Air kelapa juga membantu untuk mengontrol diabetes. Bila mengkonsumsi air kelapa secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Proses ini akan sangat membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang bisa mengecil karena pembentukan plak dan membantu darah mengalir lancar sehingga akan mengurangi diabetes. Hal ini juga membantu untuk melawan aterosklerosis.

Sebagai Antioksidan


Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Efek racun penggunaan antibiotik dan obat sulfa juga bisa di atasi dengan konsumsi buah ini. Pada saat mengkonsumsi obat, air kelapa juga baik karena akan membantu mempermudah penyerapan.

Kesehatan kardiovaskular dan mengurangi tekanan darah tinggi


Penelitian menunjukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang rendah. Manfaat minum air kelapa secara teratur sangat efektif dalam mengatur tekanan darah karena ia memiliki kandungan kalium dan asam laurat. Air kelapa juga dipercaya meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

Air kelapa  memiliki kandungan seimbang dari elektrolit sehingga dapat digunakan sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh. Kandungan elektrolit yang tinggi dalam tubuh dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Tips Minum Air Kelapa


Untuk mendapatkan hasil maksimal dari mengkonsumsi air kelapa maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:
  1. Konsumsi 1-2 gelas air kelapa dipagi / siang hari untuk dewasa.
  2. Jangan berikan pada bayi/ balita, ikuti saran dokter jika ingin diberikan di bayi dengan dosis tepat.
  3. Jangan konsumsi pada malam hari sebelum tidur karena cairan ini mudah diserap tubuh dikhawatirkan akan mengakibatkan timbunan glukosa.
  4. Air kelapa juga memiliki kandungan kalori, jadi jangan meminum air kelapa setiap hari secara berlebihan.

Demikian informsi yang kami bagikan, semoga dapat bermanfaat.

INDAHNYA BERBAGI
Bagikan tulisan ini. Jangan berhenti pada anda, mungkin ada teman yang membutuhkan.
INGIN MENDAPATKAN ARTIKEL TERBARU SECARA GRATIS?
Cukup Ketik Email Anda, Klik Berlangganan, Lalu Buka Email Masuk Anda dan Klik Link yang Diberikan untuk Konfirmasi.

0 Komentar Untuk "Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh yang Belum Banyak Di Ketahui"

Post a Comment