Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Download Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Menggunakan Android

Sertifikat vaksinasi Covid-19 adalah salah satu bukti bahwa seseorang benar-benar telah menerima Vaksinasi Covid-19. Saat ini sedang dilakukan vaksinasi kepada para Pelaku Pelayanan Publik dan Lansia, setelah sebelumnya diberikan untuk para Tenaga Kesehatan (Nakes) di seluruh Indonesia.

Sistim pelaksanaan terus dikembangkan untuk meningkatkan cakupan pemberian vaksinasi tersebut. Namun kenyataannya dilapangan masih ditemukan berbagai kendala, salah satunya adalah masih ada penerima vaksinasi yang belum mendapatkan SMS notifikasi untuk mendownload sertifikat mereka setelah beberapa hari diberikan vaksin, baik sertifikat untuk vaksinasi dosis 1 maupun dosis 2.

Jika anda termasuk dari permasalahan tersebut, maka berikut ini kami memberikan sedikit tips atau cara untuk men-download Sertivikat Vaksinasi Covid-19 menggunakan Android.

Sertifikat Vaksinasi Covid-19


Download Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Menggunakan Android

Sebelum anda melakukan proses untuk mendapatkan sertifikat, pastikan terlebih dahulu perangkat anda terkoneksi dengan internet dan memiliki pulsa data.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah silakan buka website PeduliLindungi pada browser di android atau silakan klik pada link ini: pedulilindungi.id

Tampilan awal website PeduliLindungi pada Android adalah sebagai berikut:

Beranda PeduliLindungi

Pada tampilan tersebut, silakan klik pada tombol LIHAT TIKET & SERTIFIKAT VAKSIN.

Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman seperti berikut ini:

Tombol Buat Akun

Bila anda sudah pernah membuat akun pada website ini, silakan klik Login Sekarang. Namun bila belum pernah membuat akun, silakan klik Buat Akun PeduliLindungi.

Kami berasumsi anda belum pernah membuat akun, maka berikut kami tampilkan tahapan membuat akun, yang selanjutnya akan login pada akun yang dibuat tersebut.

Setelah anda mengklik Buat Akun PeduliLindungi, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

Laman Buat Akun

Silakan isi Nama Lengkap anda sesuai KTP, dan isi nomor Handphone yang pernah didaftarkan dalam kepesertaan anda sebagai sasaran vaksinasi, lalu klik Buat Akun.

Setelah klik Buat Akun, anda akan menerima notifikasi SMS berupa nomor verifikasi yang akan anda isikan pada laman yang muncul seperti berikut:

Verifikasi Akun

Sebagai catatan, nomor verifikasi yang diterima melalui notifikasi SMS hanya berlaku selama 1 menit (60 detik), oleh karena itu, pastikan saat anda melakukan proses pendaftaran, nomor yang anda daftarkan tadi berada didekat anda sehingga dengan cepat anda memperoleh nomor verifikasi yang diterima melalui SMS.

Setelah anda mengisikan nomor verifikasi, silakan klik tombol Verifikasi, maka anda telah memiliki akun dan anda akan diarahkan pada laman seperti pada gambar berikut ini:

Laman setelah buat akun

Selanjutnya, klik tanda 3 garis pada bagian sebelah kanan atas, dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini:

Menu Pertama

Selanjutnya klik tanda plus (+) pada sebelah kanan nama anda, dan akan muncul tampilan seperti berikut ini:

Menu Kedua

Lalu klik menu Sertivikat Vaksin bagian bawah, dan akan muncul tampilan seperti berikut ini:

Menu Sertifikat

Pada tampilan tersebut di atas, silakan klik nama anda, maka anda akan diarahkan pada tempat mengunduh sertifikat, seperti yang tampak pada gambar berikut ini:

Sertifikat

Pada tampilan tersebut, anda tinggal mengunduh/men-download Sertifikat Vaksinasi anda dengan menekan link Unduh Sertifikat.

Perlu diketahui bahwa proses penerbitan sertifikat berbeda-beda setiap orang, jadi bila setelah melalui tahapan proses ini anda belum melihat tampilan sertifikat anda seperti gambar tersebut diatas, maka mohon untuk bersabar dan periksa kembali pada beberapa hari kedepan dengan cara login atau tidak membuat akun lagi.

Amrin Madolan
Amrin Madolan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mencoba berbagi informasi melalui media online

Posting Komentar untuk "Cara Download Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Menggunakan Android"