Beberapa Istilah yang Berhubungan dengan Penyakit Menular dan Pengertiannya

Mungkin ada di antara kita yang sedang membutuhkan informasi sehubungan dengan beberapa pengertian yang berkaitan dengan istilah-istilah yang ada pada penyakit menular.

Berikut ini kami bagikan kepada Mitra Kesehatan Masyarakat tentang istilah yang berhubungan dengan Penyakit Menular dan Pengertiannya.

Penyakit Menular

Penyakit menular adalah penyakit infeksi yang dapat dipindahkan dari orang atau hewan sakit, dari reservoir ataupun dari benda-benda yang mengandung bibit penyakit lainnya ke manusia-manusia sehat.

Penyakit Infeksi

Penyakit Infeksi adalah penyakit yang disebabkan oleh suatu bibit penyakit seperti bakteri, virus, rickettsia, jamur, cacing dan sebagainya.

Infeksi

Infeksi adalah masuknya disertai pertumbuhan dan perkembangbiakan sesuatu bibit penyakit di dalam tubuh manusia atau hewan sehingga timbul gejala-gejala penyakit.

Kontaminasi

Kontaminasi adalah pengotoran permukaan tubuh atau benda-benda oleh sesuatu bibit penyakit.

Desinfeksi

Desinfeksi adalah tindakan untuk membunuh bibit penyakit yang berada di luar tubuh manusia.

Isolasi

Isolasi adalah pemisahan penderita penyakit infeksi dari orang-orang sehat di sekitarnya untuk menghindari terjadinya penularan.

Karantina

Karantina adalah pembatasan kebebasan (kemerdekaan) seseorang yang diduga telah mendapatkan penularan suatu penyakit karantina, selama masa inkubasi penyakit karantina yang diduga.

Bila selama dalam pengawasan ini ia benar-benar menderita penyakit karantina yang diduga, ia kemudian akan diisolasikan. Bila telah lewat masa inkubasinya, ia tetap sehat maka ia akan di bebaskan kembali.

Tindakan Karantina

Tindakan Karantina adalah tindakan-tindakan yang dilakukan untuk menolak masuknya dan mencegah keluarnya penyakit karantina melalui alat-alat hubungan lalulintas seperti kapal laut, pesawat udara.

Masa Inkubasi (Masa Tunas)

Masa inkubasi adalah waktu antara masuknya suatu bibit penyakit ke dalam tubuh sampai timbulnya gejala-gejala penyakit.

Hospes (Host = Tuan Rumah)

Hospes adalah manusia atau hewan yang ditumpangi sesuatu parasit.

Parasit

Parasit adalah organisme (makhluk hidup) yang hidupnya menumpang pada makhluk hidup yang lain dan merugikan makhluk hidup yang ditumpanginya.

Carrier (Pembawa Basil)

Carrier adalah orang yang mengandung sesuatu bibit penyakit, tapi ia sendiri tidak menunjukkan gejala-gejala penyakitnya.

Reservoir

Reservoir adalah manusia, hewan ataupun benda-benda lain yang merupakan tempat berkembang biaknya bibit penyakit sehingga merupakan sumber penularan.

Vektor (Transmister)

Vektor adalah hewan yang merupakan pemindah bibit penyakit sehingga terjadi penularan.

Epidemi (Wabah)

Epidemi adalah penyebaran suatu penyakit secara cepat sehingga dalam waktu yang bersamaan atau secara bergiliran banyak orang yang menderita penyakit yang sama.

Pandemi

Pandemi adalah epidemi yang menyerang seluruh dunia.

Endemi

Endemi adalah berkecamuknya suatu penyakit infeksi yang terus menerus terdapat di suatu daerah mengenai segolongan penduduk.

Epizootie

Epizootie adalah epidemi pada binatang

Virulensi

Virulensi adalah ukuran keganasan suatu bibit penyakit untuk menimbulkan penyakit.

Bakteri Patogen

Bakteri Patogen adalah bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.

Demikianlah beberapa istilah yang berhubungan dengan penyakit menular dan pengertiannya yang dapat kami bagikan kepada Mitra Kesehatan Masyarakat, semoga dapat menambah wawasan kita bersama.

Istilah-istilah pada penyakit menular

1 Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

  1. Pengertian virulensinya salah tuh.
    Virulensi adalah ukuran keganasan suatu bibit penyakit untuk menyebabkan kematian atau cacat permanen.
    Patogenitas/patogenesitas adalah ukuran keganasan suatu bibit penyakit untuk menimbulkan penyakit.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال