Tips Mengatasi Masalah Anak Susah Makan, Silakan Coba

Tips Mengatasi Masalah Anak Susah Makan ~ Mitra Kesehatan Masyarakat. Pada tulisan kami sebelumnya telah membahas beberapa masalah yang berkaitan dengan topik ini.

Pada kesempatan ini kami mencoba memberikan tips khusus dalam menangani atau mengatasi masalah anak susah makan tersebut. Namun sebelumnya kami katakan bahwa semua tips tergantung pada usaha kita, apakah kita sungguh-sungguh, sabar, tabah dan jangan lupa berdoa kepada Sang Pencipta agar diberikan solusi atas masalah yang kita alami.

Tips Mengatasi Masalah Anak Susah Makan

Tips ini harus disesuaikan dengan umur anak, kami yakin para ibu lebih jeli dalam memilih hal tersebut karena cintanya kepada si buah hati.

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

1. Sajikan makanan dalam porsi kecil tapi sering

Anak masih memiliki lambung yang tipis, jadi berikan makanan sedikit demi sedikit. Jika dipaksakan memberikan makanan yang dalam porsi yang banyak akan menimbulkan efek yang tidak baik pada lambungnya sehingga anak merasa bosan untuk makan. Seringnya diberikan makanan untuk mencukupi kebutuhan gizi anak.

2. Berikan makanan yang bervariasi

Menu makanan yang monoton juga akan memberikan dampak tidak baik, baik dari segi gizi dan nutrisi maupun pada selera anak. Usahakan menu bervariasi dengan tidak mengabaikan nilai-nilai gizi dari makanan yang diberikan serta kebutuhan gizi dan nutrisi anak.

3. Sajikan makanan se-menarik mungkin

Anak selalu tertarik dengan hal-hal unik yang mengundang perhatiannya. Mereka cenderung mencoba hal-hal baru. Oleh karena itu, disamping variasi menu yang baik juga harus disajikan dengan gaya dan tampilan yang menarik agar memancing perhatian anak.

4. Buat suasana makan yang menyenangkan

Ketika kita akan memberikan makanan atau menyuap anak, usahakan suasana yang menyenangkan tanpa harus marah-marah kepada anak karena tak mau makan. Jika anak sudah memungkinkan, ajak dia makan sambil melakonkan gaya-gaya tertentu. Misalnya mengibaratkan sendok sebagai pesawat yang akan terbang dan akhirnya sampai dan mendarat.

5. Waktu makan yang teratur

Untuk waktu makan juga tidak kalah pentingnya dalam mengatasi masalah anak yang susah makan. Dengan membiasakan waktu makan yang teratur, kita telah mengajarkan disiplin pada anak sehingga dapat mengatasi masalah atau bahkan mencegahnya sebelum terjadi masalah.

6. Beri cemilan yang sehat

Cemilan merupakan vaforit bagi anak. Namun jika terlepas dari pengawasan, maka cemilan tersebut yang juga akan menyebabkan atau menimbulkan masalah terhadap selera makan anak. Oleh karena itu, cemilan harus juga diawasi dan disediakan yang sehat atau tidak menyebabkan hilangnya selera makan anak. Permen dan beberapa makanan ringan lainnya dapat menurunkan selera makan anak, usahakan hindarkan dari si buah hati.

7. Hindari memaksa dan mengiming-iming anak

Kebanyakan dari kita merasa tidak sabar dalam menghadapi tingkah anak yang tidak mau makan, sehingga lebih memilih cara instant. Mengiming-iming, memaksa bahkan memarahi menjadi pilihan karena hilangnya kesabaran. Jika anak dibiasakan dengan cara tersebut maka selalu dan selalu hal tersebut akan terus berulang. Perlu di ingat bahwa setiap anak akan meniru apa yang dilihat, didengar dan dirasakannya. Kami yakin para orang tua tidak ingin anak kesayangan kita menjadi pemarah.

8. Libatkan anak dalam menyiapkan makanan

Jika umur anak sudah memungkinkan, libatkan dia dalam menyediakan makanan, baik untuk dia maupun makanan untuk keluarga. Hal ini akan memberikan efek pada anak agar merasa memiliki dan keinginan untuk menikmati hal yang menjadi kerja kerasnya.

9. Batasi pemberian minum disela-sela waktu makan

Jika belum diperlukan, usahakan tidak memberikan minum kepada anak karena air akan memberikan efek rasa kenyang yang sementara bagi anak sehingga menghilangkan keinginan makan anak.

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga dapat bermanfaat.