Tips Perawatan Kuku yang Baik dan Benar

Kuku terdiri dari sepotong sel-sel mati yang tipis dan gepeng. Bagian kuku terbuat dari bahan zat keratin, yakni bahan yang terdapat pada kulit dan rambut. Kuku tumbuh dari suatu landasan atau akar kuku, yang dilindungi oleh sebuah lipatan kulit pada bagian bawahnya. Bagian yang putih menyerupai bulan sabit pada bagian bawah kuku merupakan sebagian dari landasan atau akar kuku yang kelihatan.

Kuku itu sendiri tersandar di atas bahan-bahan jaringan yang halus yang mengandung pembuluh-pembuluh darah untuk memberi bahan makanan untuk akar kuku itu.

Kuku bertumbuh kurang lebih satu setengah inch atau 3,8 cm setahun, namun kecepatan tumbuh ini berbeda-beda tiap orang.

Perawatan kuku yang sehat

Perawatan Kuku

Kuku itu memang mudah rusak, akan tetapi makan waktu lama sebelum kerusakan itu terjadi. Walaupun demikian kita perlu melakukan perawatan kuku yang baik dan benar agar kuku kita tetap sehat dan indah. Berikut ini beberapa tips perawatan kuku yang baik dan benar:

  1. Janganlah memakai kikir kuku yang terbuat dari bahan logam. Sebab kikir seperti itu dapat merusak lapisan zat keratin. Sebagai penggantinya pergunakanlah papan amril atau papan ampelas.
  2. Kalau mengikir kuku hendaknya digerakkan dari pinggir menuju ke tengah. Janganlah sama sekali menggerakkan seperti menggergaji atau jangan pula melakukan gerakan yang maju mundur.
  3. Jangan mengikir kuku pada bagian paling bawah kuku sebab hal ini dapat melemahkan pertumbuhan kuku.
  4. Jangan memberi bentuk yang serba tajam, sebab hal ini akan menyebabkan kuku mudah patah.
  5. Pakailah sejenis kiri untuk kuku bagian bawah bila diperlukan untuk menguatkan pertumbuhan kuku yang baru.
  6. Guntinglah kulit bagian sekeliling kuku hanya apabila bagian kulit tersebut menimbulkan rasa gatal atau nyeri. Pergunakan krim tangan secara teratur agar melembutkan kulit di sekitar kuku sehingga mencegah keadaan kulit tangan di sekitar kuku tidak pecah-pecah.
Demikian yang dapat kami bagikan, selamat membersihkan dan merawat kuku Anda secara rutin agar kesehatan kuku tetap terjaga yang akhirnya akan mempengaruhi pula kesehatan tubuh.