Pengertian dan Tujuan Promosi Kesehatan

Promosi Kesehatan merupakan bagian dari Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Esensial yang ada di Puskesmas. Sehingga dapat dikatakan bahwa program ini memiliki tempat prioritas dalam mencipatakan keluarga dan masyarakat Indonesia yang sehat.

Pengertian Promosi Kesehatan


Promosi Kesehatan adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat melalui pembelajaran dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat agar mereka dapat menolong dirinya sendiri serta mengembangkan kegiatan yang bersumberdaya masyarakat, sesuai sosial budaya setempat dan didukung oleh kebijakan publik yang berwawasan kesehatan (SK Menkes No. 1193/Menkes/SK/X/2014).

Promosi Kesehatan Puskesmas adalah upaya puskesmasmelaksanakan pemberdayaan kepada masyarakat untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan setiap individu, keluarga serta lingkungannya secara mandiri dan mengembangkan upaya kesehatan bersumber masyarakat. (Kepmenkes Nomor 585/Menkes/SK/V/2007).

Pengertian dan Tujuan Promosi Kesehatan
Pengertian dan Tujuan Promosi Kesehatan

Tujuan promosi kesehatan


Adapun tujuan promosi kesehatan sebagaimana yang kami kutip dari buku Modul Pelatihan Pengangkatan Pertama Jabatan Fungsional Penyuluh Kesehatan Masyarakat Ahli yang diterbitkan oleh Pusat Promosi Kesehatan Bekerja Sama Dengan Pusdiklat Aparatur Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2013, adalah sebagai berikut:

Tujuan Umum


Meningkatknya PHBS individu, keluarga dan masyarakat serta berperan aktif dalam setiap gerakan kesehatan masyarakat melalui upaya promosi kesehatan yang terintegrasi secara lintas program, lintas sektor, swasta dan masyarakat.

Tujuan Khusus

  1. Meningkatkan komitmen pembangunan berwawasan kesehatan dari para pengambilan kebijakan dari berbagai pihak.
  2. Meningkatkan kerjasama, antar masyarakat, antar kelompok, serta antar lembaga dalam rangka pembangunan berwawasan kesehatan.
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat termasuk swasta sebagai subjek atau penyelenggaraan upaya pemberdayaan masyarakat dan promosi kesehatan.
  4. Meningkatkan upaya promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang efektif dengan mempertimbangkan kearifan lokal.
  5. Meningkatkan keterpaduan pelaksanaan upaya promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dengan seluruh program dan sektor terkait, di pusat, provinsi dan kabupaten/kota dengan mengacu kepada rencana strategis kementerian kesehatan.

Sehubungan dengan promosi kesehatan, anda dapat membaca tulisan kami lainnya tentang Jenis-Jenis Metode Promosi Kesehatan dan Perencanaan Promosi Kesehatan.

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga dapat menambah wawasan kita. Silakan berikan komentar anda atau dapat berlangganan informasi dari Mitra Kesehatan Masyarakat dengan mengetikkan email pada kolom berlangganan yang telah kami sediakan dibawah. Dengan berlangganan maka anda akan menerima informasi gratis melalui email setiap ada tulisan terbaru dari kami.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Pengertian dan Tujuan Promosi Kesehatan"

  1. Jadi Tujuan dari promosi kesehatan untuk pemberdayaan masyarakat atau masyarakat menjadi sehat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuan sebagaimana yang disebutkan diatas cenderung pada pemberdayaan masyarakat sebagai tujuan jangka pendek namun tujuan akhirnya adalah masyarakat menjadi sehat.

      Hapus

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel