8 Gejala Awal Kanker Payudara

Kali ini kami akan berbagi informasi mengenai 8 Gejala Awal Kanker Payudara.

Kanker payudara (Carcinoma mammae) adalah keganasan pada sel-sel yang terdapat pada jaringan payudara, bisa berasal dari komponen kelenjarnya (epitel saluran maupun lobulusnya) maupun komponen selain kelenjar seperti jaringan lemak, pembuluh darah dan persarafan jaringan payudara.

Begitu mengerikan penyakit wanita yang satu ini, sama halnya dengan penyakit kanker serviks yang sama ganas dan mematikan. Sampai saat ini Kanker Payudara menjadi penyakit penyebab kematian terbesar kedua di dunia setelah kanker serviks. Penyebab pasti dari Kanker Payudara masih belum diketahui, namun pendeteksian dini dan pemeriksaan payudara secara reguler dapat memperkecil kemungkinan terkena Kanker Payudara.

Gejala Kanker Payudara

Adapun gejala awal yang sering dirasakan oleh penderita kanker payudara adalah sebagai berikut:

1. Ada benjolan di sekitar payudara

Benjolan di sekitar payudara merupakan salah satu cirri atau tanda paling awal yang harus anda perhatikan untuk mengenali gejala awal kanker payudara. Sebagai wanita memiliki benjolan di daerah ketiak atu sekitar payudara sebagai tanda awal mereka terkena kanker payudara stadium awal.

Walaupun tidak 100% benjolan ini menandakan bahwa wanita terkena kanker, namun harus diwaspadai, mulai dari yang terasa kecil atau yang sudah mengganggu.

Tanda benjolan yang kemungkinan kanker adalah sebagai berikut:

  • Benjolan terasa keras; 
  • Benjolan tidak diskrit, tidak mudah dibedakan; 
  • Benjolan tetap di payudara (tidak bergerak);
  • Hanya ada satu benjolan;
  • Tidak ada benjolan yang sama di payudara sebelahnya
  • Kulit payudara berlesung pipit;
  • Benjolan disertai dengan keluarnya cairan.

Tanda benjolan yang kemungkinan kecil menjadi kanker adalah sebagai berikut:

  • Benjolan lunak;
  • Benjolan diskrit, mudah dibedakan;
  • Benjolan bergerak di payudara;
  • Ada beberapa benjolan payudara;
  • Ada benjolan di payudara sebelahnya;
  • Benjolan menghilang setelah siklus menstruasi;

Selain benjolan, penebalan payudara di bawah ketiak juga wajib di waspadai dan segera konsultasi dengan dokter.

2. Perubahan ukuran dan bentuk payudara

Jika Anda melihat ada yang aneh dari bentuk payudara Anda maka ini merupakan tanda umum kedua yang paling sering terjadi. Tidak hanya bentuknya, ukuran payudara juga menjadi tanda yang umum terjadi.

Perubahan ukuran: Dari yang sebelumnya besar, awalnya menggunakan BH 34 menjadi 32.

Perubahan Bentuk: Dari yang sebelumnya mancung sekarang menjadi tengkulai ke bawah.

3. Terdapat kerutan di sekitar payudara

Kerutan biasanya dialami oleh orang yang sudah tua, namun tidak halnya jika Anda mengalami atau terkena gejala awal kanker payudara, kerutan mungkin saja terdapat di bagian payudara.

4. Keluarnya cairan dari puting secara tiba-tiba

Ketika tanpa sebab yang jelas misalnya tidak sedang menyusui, tiba-tiba keluar cairan dari putting, maka ini adalah salah satu gejala Anda terkena kanker payudara.

5. Nyeri tidak kunjung hilang di bagian tertentu payudara

Payudara mungkin saja terasa nyeri ketika menstruasi ataupun saat hamil, namun tentu saja rasa nyeri tersebut dapat hilang seiring dengan selesainya siklus yang dilalui.

Jika rasa nyeri tidak kunjung hilang, coba teliti lagi apakah bagian yang nyeri tersebut terletak pada posisi yang sama atau tidak. Jika pada bagian yang sama, maka akan semakin besar kemungkinan bahwa yang Anda alami adalah gejala kanker payudara.

6. Payudara Nampak kemerahan;

Jika Anda mengalami perubahan warna payudara secara drastis menjadi merah, bengkak, atau terlihat gelap di salah satu sisi dan bagian tertentu, maka sebaiknya Anda mulai berkonsultasi ke dokter.

7. Puting Masuk ke dalam

Puting susu biasanya akan timbul, kalaupun sedang mengecil setidaknya akan sejajar dengan kulit payudara. Namun keanehan harus Anda perhatikan ketika puting telah menukik ke dalam dan tidak sewajarnya, kemungkinan ini adalah gejala awal kanker payudara.

8. Gatal, Bersisik Sakit, dan Ruam di Puting Susu

Faktor lain yang dapat menjadi cirri penyakit kanker payudara adalah timbulnya gatal yang tidak terduga di sekitar payudara. Gatal ini dapat terjadi dalam skala kecil dan tidak terlalu mengganggu sampai yang cukup mengganggu karena intensitasnya sangat tinggi

Demikianlah yang dapat kami bagikan kepada Mitra Kesehatan Masyarakat tentang 8 Gejala Awal Kanker Payudara, semoga dapat bermanfaat.