4 Faktor Resiko Terjadinya Malaria

Malaria merupakan suatu penyakit infeksi akut maupun kronik yang disebabkan oleh parasit Plasmodium yang menyerang eritrosit dan ditandai dengan ditemukannya bentuk aseksual dalam darah, dengan gejala demam, menggigil, anemia, dan pembesaran limpa.

Beberapa kelompok orang yang memiliki faktor resiko terserang malaria adalah sebagai berikut:

Malaria
Malaria

Riwayat menderita malaria sebelumnya.


Orang yang pernah menderita malaria sebelumnya memiliki kecenderungan terserang malaria pada waktu berikutnya apabila tidak diatasi secara tuntas. Oleh karena itu, jika seseorang terserang malaria, pastikan dia mendapat pertolongan yang tepat.

Tinggal di daerah yang endemis malaria.


Orang yang tinggal di daerah endemis malaria cenderung akan terserang malaria jika tidak melakukan upaya pencegahan yang baik dan benar, seperti menghindari gigitan nyamuk. Hal ini sangat susah dilakukan, namun bukan berarti tidak bisa. Konsultasilah dengan tenaga kesehatan demi mendapatkan metode yang baik dan benar.

Pernah berkunjung 1-4 minggu di daerah endemik malaria.


Jika seseorang pernah berkunjung ke daerah endemik malaria, maka akan berpeluang terserang malaria jika dalam waktu kunjungan tidak melakukan pencegahan yang baik dan benar. Sebelum melakukan kunjungan, sebaiknya pelajari tentang cara mencegahnya sehingga meminimalkan faktor resiko terserang penyakit tersebut.

Riwayat mendapat transfusi darah.


Transfusi darah merupakan salah satu sumber penularan malaria. Jika pendonor pernah menderita malaria maka darah yang di donorkan mengandung bibit malaria yang dapat ditularkan ke orang lain. Oleh karena itu, pastikan calon pendonor adalah orang yang benar-benar bebas dari bibit penyakit malaria.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan tentang 4 Faktor Resiko Terjadinya Malaria, semoga dapat bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Faktor Resiko Terjadinya Malaria"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel