Disentri Basiler dan Disentri Amuba

Disentri merupakan tipe diare yang berbahaya dan seringkali menyebabkan kematian dibandingkan dengan tipe diare akut yang lain. Penyakit ini dapat disebabkan oleh bakteri disentri basiler yang disebabkan oleh shigellosis dan amoeba (disentri amoeba).

Keluhan yang muncul pada penderita adalah sebagai berikut:
  1. Sakit perut terutama sebelah kiri dan buang air besar encer secara terus menerus bercampur lendir dan darah.
  2. Muntah-muntah.
  3. Sakit kepala.
  4. Bentuk yang berat (fulminating cases) biasanya disebabkan oleh S. dysentriae dengan gejalanya timbul mendadak dan berat, dan dapat meninggal bila tidak cepat ditolong.

Faktor resiko utama terjadinya disentri adalah personal higiene (kebersihan pribadi) dan santiasi lingkungan yang kurang.

Disentri (Amuba Penyebab Disentri)
Disentri (Amuba Penyebab Disentri)

Tindakan yang perlu dilikukan keluarga, baik sebelum maupun sesudah terjadinya disentri yaitu:
  1. Penularan disentri amuba dan basiler dapat dicegah dan dikurangi dengan kondisi lingkungan dan diri yang bersih seperti membersihkan tangan dengan sabun, suplai air yang tidak terkontaminasi serta penggunaan jamban yang bersih.
  2. Keluarga ikut berperan dalam mencegah penularan dengan kondisi lingkungan dan diri yang bersih seperti membersihkan tangan dengan sabun, suplai air yang tidak terkontaminasi, penggunaan jamban yang bersih.
  3. Keluarga ikut menjaga diet pasien diberikan makanan lunak sampai frekuensi BAB kurang dari 5 kali/hari, kemudian diberikan makanan ringan biasa bila ada kemajuan.
  4. Jika ditemukan adanya tanda terjadinya diare maka penderita segera dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat demi mendapatkan pertolongan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Disentri Basiler dan Disentri Amuba"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel