10 Makanan Berbahaya Bagi Ibu Hamil Muda

Makanan yang berbahaya bagi ibu hamil muda perlu dikenali atau diketahui dalam upaya meningkatkan perkembangan janin agar lebih optimal. Makanan yang dimaksud disini bukan hanya sekedar makanan yang dikonsumsi rutin pagi, siang dan malam melainkan mencakup berbagai hal yang dikonsumsi seperti suplemen, obat-obatan, ramuan dan lainnya.

Pada kesempatan kali ini kami hanya membagikan informasi terkait beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh para ibu hamil muda.

Mengenai suplemen, obat-obatan, ramuan dan lainnya akan kami bahas pada pembahasan berikutnya. Namun perlu diketahui bahwa terkait dengan hal tersebut sebaiknya berkonsultasi dengan tenaga kesehatan terdekat untuk mendapat keterangan lebih lanjut karena sebagian besar yang kami sebutkan tersebut tidak dianjurkan bagi para ibu hamil muda.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang berbahaya dan sebaiknya dihindari oleh para ibu hamil muda:

Ibu Hamil Muda
Ibu Hamil Muda

Buah Nenas

Buah Nenas
Buah Nenas
Di beberapa daerah tertentu, buah nenas sudah menjadi pantangan yang umum diketahui. Buah nenas memiliki kandungan bromelain yang menjadikan leher rahim jadi lunak dan dapat menyebabkan keguguran. Walaupun belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal tersebut, namun sebaiknya ibu hamil muda menghindari mengkonsumsi buah nenas tersebut.

Buah Pepaya

Buah pepaya masak memiliki kandungan gizi dan vitamin yang sangat tinggi. Namun untuk buah pepaya yang masih mengkal atau mentah ternyata mengandung lateks yang sangat tinggi dan diyakini dapat memicu kontraksi pada rahim ibu hamil. Kontraksi tersebut sangat tidak baik bila terjadi pada ibu hamil muda. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari mengkonsumsi pepaya yang masih mengkal dan mentah.

Pepaya
Pepaya

Daun Pepaya

Disebutkan oleh para ahli bahwa daun pepaya dapat menyebabkan rapuhnya ari-ari janin bila dikonsumsi ibu hamil, khususnya pada kehamilan dua minggu pertama. Rapunya ari-ari janin tersebut sangat tidak baik bagi perkembangan janin, bahkan dapat menyebabkan keguguran.

Anggur

Mengkonsumsi anggur dapat menyebabkan suhu kandungan menjadi panas. Suhu panas tersebut sangat tidak baik bila terjadi pada kehamilan dua minggu pertama. Oleh karena itu, para pakar menyebutkan sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi anggur pada dua minggu pertama.

Air Kelapa Segar

Air Kelapa Segar
Air Kelapa Segar

Pada usia kehamilan 8 bulan, air kelapa sangat baik untuk dikonsumsi. Namun sebaliknya pada kehamilan trimester pertama, mengkonsumsi air kelapa akan menyebabkan kandungan menjadi lemah. Oleh karena itu, sebaiknya pada kehamilan trimester pertama sang ibu hamil tidak mengkonsumsi air kelapa.

Buah Durian

Buah Durian merupakan salah satu buah yang mengandung asam arachidonat dan alkohol. Kedua kandungan yang terdapat dalam buah durian tersebut sangat tidak baik bagi ibu hamil dan janin. Dengan kandungan tersebut dapat menyebabkan keguguran dan Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR).

Ikan Laut yang Banyak Mengandung Merkuri

Ikan Pari
Ikan Pari

Secara umum, ikan laut sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Ikan laut memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 yang sangat membantu perkembangan kehamilan dan janin. Namun, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa jenis ikan yang banyak mengandung merkuri seperti ikan marlin, ikan tenggiri, ikan hiu, dan ikan pari. Ikan-ikan tersebut ssebaiknya dihindari atau jangan dikonsumsi oleh ibu hamil karena akan berakibat buruk pada kesehatan kandungan dan janin.

Makanan Mentah

Sebagian masyarakat memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang. Beberapa jenis makanan mentah yang seperti ikan, telur rebus setengah matang dan berbagai jenis sayuran mentah yang dijadikan lalapan sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Boleh jadi makanan-makanan tersebut terkontaminasi oleh berbagai jenis bakteri, virus dan amoeba yang sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

Sushi

Sushi
Sushi

Sushi merupakan makanan khas jepang yang terdiri dari nasi yang dilengkapi dengan ikan, sayuran dan daging. Ada yang sudah dimasak dan ada yang dalam keadaan mentah dan dibumbui dengan asam cuka. Mengingat makanan tersebut yang terdiri dari bahan mentah dan tinggi asam cuka, maka sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi selama masa kehamilan.

Beberapa Jenis Keju

Beberapa jenis keju yang memiliki warna soft dan cenderung kebiruan seperti Riquefort, Brie, Danish Blue, dan Camembert sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Jenis-jenis keju tersebut boleh jadi mengandung bakteri listeria yang berbahaya bagi kandungan dan janin.

Itulah beberapa jenis makanan berbahaya bagi ibu hamil muda yang dapat kami informasikan kepada pembaca Mitra Kesmas, semoga dapat menambah wawasan kita dalam menjaga kesehatan kandungan dan janin yang menjadi kebanggaan keluarga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Makanan Berbahaya Bagi Ibu Hamil Muda"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel