Kurang Nafsu Makan Gejala Penyakit Apa?

Tidak jarang kita menemukan pertanyaan bila kurang nafsu makan gejala penyakit apa? Pertanyaan ini sering ditemukan dikalangan masyarakat atau rekan-rekan disekitar kita.

Pertanyaan ini wajar saja terjadi. Namun untuk menjawab tidak semudah pertanyaannya. Bila pertanyaan ini ada pada anda, maka anda telah selangkah lebih maju menghadapi permasalahan kesehatan.

Tanpa pemeriksaan medis yang tepat dan direkomendasikan, maka jawaban yang diberikan tidak menjadi satu-satunya jawaban yang tepat. Oleh karena itu, jika mengalami permasalahan terkait nafsu makan yang semakin berkurang, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan ke tenaga kesehatan yang kompoten.

Hal yang wajar ketika seseorang merasa gelisah bila mengalami penurunan nafsu makan. Terlebih bila disertai dengan kondisi fisik yang semakin tidak stabil atau melemah.

Tidak nafsu makan
Tidak nafsu makan

Walaupun demikian, terkadang kita belum memeriksakan diri ke tenaga kesehatan hanya dengan kondisi tersebut. Kita hanya sebatas menganalisa secara pribadi, dan bertanya kesana kemari.

Hal ini disebabkan karena pemahaman kita yang masih beranggapan bahwa kita baru wajar melakukan pemeriksaan kesehatan bila 'merasa sakit'. Padahal, jika ternyata kurang nafsu makan berlangsung lama, maka dapat mengakibatkan dampak yang sangat fatal bagi kesehatan tubuh kita.

Boleh jadi juga apa yang kita rasakan tersebut merupakan suatu reaksi atas suatu penyakit yang belum dikenali secara klinis. Maka dari itu, sekali lagi kami tekankan bahwa jika kurang nafsu makan yang kita alami berlangsung lama, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke tenaga kesehatan.

Dari beberapa sumber yang kami dapatkan, terdapat beberapa kemungkinan bila seseorang mengalami kurang nafsu makan sebagaimana yang kami sebutkan diatas:
  • Masa pengobatan dan perawatan medis. Hal ini karena sebagian efek dari obat atau perawatan medis yang mempengaruhi tubuh kita.
  • Gangguan mental, misalnya karena bertumpuknya permasalahan yang mengganggu pikiran.
  • Masa kehamilan. Terutama pada trimester pertama dan sebagian besar orang mengalami hal ini.
  • Penyakit tertentu. Beberpa penyakit dengan gejala kurang nafsu makan misalnya:
  1. Gagal ginjal kronis
  2. Hepatitis
  3. Penyakit hati kronis
  4. Demensia
  5. Gagal jantung
  6. HIV
  7. Gangguan metabolik
  8. Hipotiroidisme
  9. Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)
  10. Kanker rahim, kanker usus besar, kanker pankreas.

Itulah beberapa kemungkinan yang terjadi bila mengalami kurang nafsu makan. Namun, sekali lagi kami katakan bahwa untuk memastikannya, silakan lakukan pemeriksaan ke tenaga kesehatan. Sebagai langkah awal anda dapat mengkonsumsi multivitamin untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Kurang Nafsu Makan Gejala Penyakit Apa?"

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel