Tonsilitis: Definisi, Penyebab dan Gambaran Klinis - MITRA KESMAS

Tonsilitis: Definisi, Penyebab dan Gambaran Klinis

Tonsil adalah kelenjar getah bening di mulut bagian belakang (di puncak tenggorokan) yang berfungsi membantu menyaring bakteri dan mikroorganisme lainnya sebagai tindakan pencegahan terhadap infeksi.

Tonsilitis adalah suatu peradangan pada tonsil (amandel) yang dapat menyerang semua golongan umur.

Pada anak, tonsilitis akut sering menimbulkan komplikasi. Bila tonsilitis akut sering kambuh walaupun penderita telah mendapatkan pengobatan yang memadai, maka perlu diingat kemungkinan terjadinya tonsilitis kronik. Faktor-faktor berikut ini mempengaruhi berulangnya tonsilitis : rangsangan menahun (misalnya rokok, makanan tertentu), cuaca, pengobatan tonsilitis yang tidak memadai, dan higiene rongga mulut yang kurang baik.

Tonsilitis kronik dapat tampil dalam bentuk hipertrofi hiperplasia atau bentuk atrofi. Pada anak, tonsilitas kronik sering disertai pembengkakan kelenjar submandibularis adenoiditis, rinitis dan otitis media.

Penyebab

Penyebab terjadinya tonsilitis adalah infeksi bakteri streptokokus atau infeksi virus (lebih jarang).

Gambaran klinik

  • Penderita biasanya mengeluh sakit menelan, lesu seluruh tubuh, nyeri sendi, dan kadang atalgia sebagai nyeri alih dari N. IX.
  • Suhu tubuh sering mencapai 40C, terutama pada anak.
  • Tonsil tampak bengkak, merah, dengan detritus berupa folikel atau membran. Pada anak, membran pad tonsil mungkin juga disebabkan oleh tonsilitis difteri.
  • Pemeriksaan darah biasanya menunjukkan leukositosis.
  • Pada tonsilitis kronik hipertrofi, tonsil membesar dengan permukaan tidak rata, kripta lebar berisi detritus. Tonsil melekat ke jaringan sekitarnya. Pada bentuk  atrofi,  tonsil  kecil  seperti  terpendam  dalam  fosa tonsilaris.
  • Gejala lainnya adalah demam, tidak enak badan, sakit kepala dan muntah.

Tonsilitis
Tonsilitis

Perhatian

Jika ditemukan penyakit atau penderita tonsilitis sebagaimana yang disebutkan diatas, segera hubungi petugas kesehatan untuk mendapat pertolongan atau pengobatan yang tepat.

Berlangganan artikel via email:

0 Response to "Tonsilitis: Definisi, Penyebab dan Gambaran Klinis"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel