Miopia Ringan

Miopia ringan adalah kelainan refraksi dimana sinar sejajar yang masuk ke mata dalam keadaan istirahat (tanpa akomodasi) akan dibiaskan ke titik fokus di depan retina.

Penglihatan kabur bila melihat jauh, mata cepat lelah, pusing dan mengantuk, cenderung memicingkan mata bila melihat jauh. Tidak terdapat riwayat kelainan sistemik, seperti diabetes mellitus, hipertensi, serta buta senja.

Faktor risiko yang memungkinkan terjadinya miopia ringan adalah genetik dan faktor lingkungan meliputi kebiasaan melihat/membaca dekat, kurangnya aktivitas luar rumah, dan tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Pemerikasaan fisik yang dilakukan bagi orang dengan keluhan miopia ringan adalah melalui Pemeriksaan visus dengan menggunakan Snellen Chart.

Penatalaksanaan penderita miopia ringan yaitu koreksi dengan kacamata lensa sferis negatif terlemah yang menghasilkan tajam penglihatan terbaik.

Hal-hal yang perlu diketahui demi mengatasi terjadinya miopia ringan adalah:
Membaca dalam cahaya yang cukup dan tidak membaca dalam jarak terlalu dekat.
Kontrol setidaknya satu kali dalam setahun untuk pemeriksaan refraksi, bila ada keluhan.

Penderita perlu mendapat pelayanan lanjutan bila terjadi:
  1. Kelainan refraksi yang progresif
  2. Kelainan refraksi yang tidak maju dengan koreksi atau tidak ditemukan ukuran lensa yang memberikan perbaikan visus
  3. Kelainan yang tidak maju dengan pinhole.

Silakan lihat 20 Jenis Penyakit Mata yang Harus Diwaspadai untuk mengetahui jenis penyakit mata lainnya. Anda juga dapat melakukan Tes Buta Warna Online pada blog ini.

0 Response to "Miopia Ringan"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.