Metode USG untuk Prioritas Masalah - MITRA KESMAS

Metode USG untuk Prioritas Masalah

Dalam tahapan perencanaan kesehatan kita akan mendapati suatu tahapan yaitu tahapan menentukan prioritas masalah. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menentukan prioritas masalah adalah metode USG (Urgency, Seriousness, Growth).

USG adalah salah satu alat untuk menyusun urutan prioritas isu yang harus diselesaikan. Caranya dengan menentukan tingkat urgensi, keseriusan dan perkembangan isu dengan menentukan skala nilai 1-5 atau 1-10.

Isu yang memiliki total skor tertinggi merupakan isu prioritas. Untuk lebih jelasnya dapat diuraikan sebagai berikut:

Urgency

Seberapa mendesak isu tersebut harus dibahas dikaitkan dengan waktu yang tersedia dan seberapa keras tekanan waktu tersebut untuk memecahkan masalah yang menyebababkan isu tadi. Urgency dilihat dari tersedianya waktu, mendesak atau tidak masalah tersebut diselesaikan.

Seriousness

Seberapa serius isu tersebut perlu dibahas dikaitkan dengan akibat yang timbul dengan penundaan pemecahan masalah yang menimbulkan isu tersebut atau akibat yang menimbulkan masalah-masalah lain kalau masalah penyebab isu tidak dipecahkan.

Perlu dimengerti bahwa dalam keadaan yang sama, suatu masalah yang dapat menimbulkan masalah lain adalah lebih serius bila dibandingkan dengan suatu masalah lain yang berdiri sendiri.

Seriousness dilihat dari dampak masalah tersebut terhadap produktifitas kerja, pengaruh terhadap keberhasilan dan membahayakan sistem atau tidak.

Growth

Seberapa kemungkinannya isu tersebut menjadi berkembang dikaitkan kemungkinan masalah penyebab isu akan makin memburuk bila dibiarkan.

Data atau informasi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan metode USG yaitu:
Hasil analisa situasi
Informasi tentang sumber daya yang dimiliki
Dokumen tentang perundang-undangan, peraturan, serta kebijakan pemerintah yang berlaku.

Adapun contoh tabel hasil penerapan metode USG adalah sebagai berikut:

MasalahUSGTotal
Masalah A53210
Masalah B44412
Masalah C35513
Masalah D44614

Dari tabel tersebut diatas dapat dilihat bahwa prioritas masalah adalah sebagai berikut:
  1. Masalah D
  2. Masalah C
  3. Masalah B
  4. Masalah A

Demikianlah informasi tentang metode USG yang dapat digunakan untuk menentukan prioritas masalah kesehatan, khususnya bagi anda yang bertugas di puskesmas, metode ini akan sangat bermanfaat. Selanjutnya anda dapat mempelajari tentang Penentuan Prioritas Pemecahan Masalah Menggunakan Metode Hanlon.

Berlangganan artikel via email:

0 Response to "Metode USG untuk Prioritas Masalah"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel