Amubiasis : Definisi, Penyebab, Gambaran Klinis dan Pencegahan

Amubiasis adalah penyakit yang disebabkan oleh protozoa usus. Protozoa tersebut hidup di kolon, menyebabkan radang akut dan kronik yang disebut amubiasis intestinal. Bila tidak diobati amubiasis intestinal akan menjalar ke luar usus dan menyebabkan amubiasis ekstra-intestinal.

Penyebab


Amubiasis disebabkan oleh Entamoeba histolytica. Entamoeba histolytica adalah protozoa parasit, bagian dari genus Entamoeba. Protozoa ini menginfeksi manusia dan primata lainnya. E. histolytica diperkirakan telah menginfeksi sekitar 50 juta orang di seluruh dunia.

Gambaran Klinis


Gambaran klinis terjadinya penyakit amubiasis adalah sebagai berikut:
  1. Masa inkubasi rata-rata 2 - 4 minggu.
  2. Amubiasis kolon akut atau disentri amuba memberikan gejala sindrom disentri yang merupakan kumpulan gejala yang terdiri atas tinja berlendir dan berdarah, tenesmus  anus,  nyeri  perut  dan  kadang-kadang  disertai  demam.
  3. Pada amubiasis kronik penderita mengeluh nyeri perut dan diare yang diselingi konstipasi.
  4. Pada amubiasis ekstraintestinalis kadang ditemukan riwayat amubiasis usus.
  5. Penderita amubiasis hati biasanya demam, hati membesar disertai nyeri tekan abdomen terutama di daerah kanan atas, berkeringat, tidak nafsu makan, berat badan turun dan ikterus.
  6. Amubiasis kutis dan perinealis menyebabkan ulkus yang tepinya  bergaung, sedangkan amubiasis vaginalis menimbulkan leukore dengan bercak darah dan lendir.

Pencegahan


Untuk menghindari terjadinya penyakit amubiasis maka sebaiknya lakukan beberpa hal berikut:
  1. Pencegahan meliputi perbaikan kesehatan lingkungan dan higiene perorangan, desinfeksi  sayur  dan  buah-buahan  yang  diduga  kurang   bersih.
  2. Pengidap kista tidak boleh bekerja di bidang penyiapan makanan dan minuman.

Perhatian :


Jika terdapat kejadian seperti yang disebutkan diatas, segera bawa penderita ke petugas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan yang tepat.

Berlangganan artikel via email:

0 Response to "Amubiasis : Definisi, Penyebab, Gambaran Klinis dan Pencegahan"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel