-->

Ternyata Ini Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Pendonor

Donor darah sudah sangat dikenal oleh masyarakat, baik dari masyarakat pendidikan tinggi maupun dengan pendidikan rendah. Hal ini diakibatkan karena donor darah sering menjadi bahan perbincangan bagi masyarakat saat mereka membutuhkan.

Donor darah ini dilakukan untuk membantu orang lain yang sedang membutuhkan transfusi darah. Pada beberapa kejadian dan jenis penyakit tertentu seseorang membutuhkan transfusi darah untuk membantu mengurangi resiko kematian. Oleh karena itu, donor darah sangat dibutuhkan.

Selain kegiatan sosial yang bertujuan untuk membantu orang lain, ternyata melakukan donor darah juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi pendonor. Adapun manfaat yang dapat diperoleh adalah sebagai berikut:

Melakukan Donor Darah
Melakukan Donor Darah

Kesehatan Jantung


Melakukan donor darah secara teratur dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dan melatih jantung untuk memompa darah dan menetralkan zat besi dalam darah. Dengan demikian, jantung dan tubuh akan semakin sehat.

Mengurangi Resiko Terkena Kanker


Melakukan donor darah dapat mengurangi resiko terkena kanker. Hal ini karena berkurangnya zat besi yang berlebihan dalam darah. Kadar zat besi yang berlebihan dianggap sebagai penyebab meningkatnya radikal bebas dalam tubuh dan merupakan faktor resiko terjadinya kanker dan penuaan.

Menurunkan Berat Badan


Setiap 450 ml darah yang didonorkan dapat akan membakar 650 kalori. Oleh karena itu, melakukan donor darah dapat membantu menurunkan berat badan.

Akan tetapi, melakukan donor darah bukan satu-satunya solusi untuk melakukan program penurunan berat badan. Diperlukan metode yang menerapkan pola hidup sehat seperti memperhatikan pola makan dan melakukan olahraga secara teratur agar mendapatkan hasil yang optimal.

Mendeteksi Penyakit Serius


Sebelum melakukan donor, pendonor akan mendapatkan pemeriksaan dasar seperti pengukuran berat badan, tinggi badan, nadi, tekanan darah, dan kadar hemoglobin. Selain itu, akan dilakukan juga pemeriksaan beberapa jenis penyakit. Hasil-hasil pemeriksaan tersebut akan disampaikan kepada pendonor.

Demikianlah sekilas informasi tentang manfaat donor darah bagi kesehatan pendonor. Setelah mengetahui manfaatnya, semoga kita tidak sungkan-sungkan lagi untuk menyumbangkan darah kita untuk didonorkan kepada yang membutuhkan.

Berlangganan artikel via email:

0 Response to "Ternyata Ini Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Pendonor"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel