Cara Menjaga Kesehatan Tubuh agar Terhindar Dari Penyakit

Informasi atau artikel tentang cara menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit sudah banyak dibahas di berbagai media, baik swasta maupun pemerintah. Walaupun dengan gaya penulisan dan metode penyampaian yang berbeda-beda, namun pada hakikatnya memiliki tujuan dan nilai kebenarannya masing-masing.

Persepsi-persepsi tersebut dibangun atas sumber masing-masing. Kita tinggal mengartikan dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari agar memperoleh manfaat yang maksimal bagi kesehatan kita.

Mengingat betapa pentingnya kesehatan, maka pada tulisan ini kami juga mencoba memberikan informasi tentang cara menjaga kesehatan tubuh dengan sudut pandang dan cara penulisan kami, semoga dapat memberikan pemahaman dan motivasi bagi kita semua dalam menerapkan pola hidup yang sehat.

Mengapa Menjaga Kesehatan Penting?

Sebelum kita membahas mengenai cara menjaga kesehatan ada baiknya kita mengetahui dan menjadikan diri kita percaya bahwa menjaga kesehatan itu memang penting yang pada akhirnya kita mau melaksanakannya secara ikhlas.

Sebagian orang mengetahui dan mengakui bahwa kesehatan itu penting. Namun masih sangat banyak orang yang kesehariannya tidak menggambarkan upaya untuk menjaga kesehatannya.

Disaat sehat mereka terlena dengan kesehatannya, terus bekerja dan bahkan sengaja melalaikan upaya untuk menjaga agar kesehatan tetap stabil.

Hingga disaat tertentu, mereka sakit dan pada saat itulah baru mereka sadar bahwa ternyata sehat itu penting.

Tidak sedikit para miliarder yang terbaring sakit dirumah sakit tanpa bisa menikmati kekayaannya. Tidak sedikit pula diantara mereka yang kembali miskin karena harus membiayai penyakit yang dideritanya.

Banyak pula diantara mereka yang tidak bisa berkreasi, berinovasi hanya karena keterbatasan yang diakibatkan oleh penyakit yang dideritanya dan hanya mampu melihat sekeliling dan berharap belas kasih dari orang lain.

Coba bayangkan, bila saat ini kita yang sehat terpaksa harus sakit. Makanan enak yang sering kita makan terasa hambar, alunan musik indah terdengar berisik, rumah megah tidak bisa kita jajal setiap ruangannya, bahkan untuk buang air pun kita tidak sanggup dan harus dibantu orang lain. Betapa keadaan ini sangat menyakitkan. Kita pasti tidak menghendaki hal seperti ini terjadi. Oleh karena itu, mulai saat ini, marilah kita saling motivasi berupaya untuk tetap menjaga kesehatan kita. Kesehatan bukanlah segalanya, namun tanpa kesehatan segalanya tak berarti.

Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Tubuh
Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Memahami Faktor Penentu Derajat Kesehatan

Untuk lebih memaksimalkan dalam memelihara kesehatan, sebaiknya kita terlebih dahulu memahami faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi derajat kesehatan. Dengan pemahaman tersebut kita akan lebih mudah mengaplikasikan atau melakukan upaya-upaya sehat yang dapat mencegah timbulnya penyakit, baik bagi diri kita maupun keluarga dan masyarakat.

Dalam teori klasi HL Blum, menyatakan bahwa ada 4 faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan, secara berturut-turut sebagai berikut:
  1. Gaya hidup/perilaku (life style);
  2. Lingkungan (lingkungan sosial, ekonomi, politik dan budaya);
  3. Pelayanan kesehatan; dan
  4. Genetik (keturunan).

Keempat faktor tersebut sangat mempengaruhi status kesehatan manusia baik sebagai individu, keluarga maupun masyarakat. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan tubuh tidak terlepas dari analisa pada keempat faktor tersebut.

Masing-masing faktor penentu memiliki pengaruhnya masing-masing dan untuk memaksimalkan kesehatan dari masing-masing faktor tersebut memiliki metode yang berbeda-beda.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Sebagai individu, kita memiliki peran dan tanggungjawab masing-masing dalam menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Bila dilihat dari keempat faktor yang disebutkan diatas, maka akan melibatkan banyak hal yang perlu diperhatikan dan juga merupakan tugas dan tanggung jawab bukan hanya sebagai individu namun juga sebagai kelompok dan masyarakat.

Pada kesempatan kali ini kami memberikan sedikit tips tentang beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit, khususnya sebagai individu, yaitu:

  • Cuci Tangan Sebelum Makan

Setelah melakukan pekerjaan, tanpa sadar kuman atau kotoran penyebab penyakit menempel ke tangan kita. Penyabab-penyebab penyakit tersebut sebagian tidak kasat mata, oleh karena itu pastikan bahwa kita harus mencuci tangan sebelum makan agar kuman penyebab penyakit tersebut tidak ikut tertelan dan cukup untuk membuat kita sakit.

Setelah buang air besar juga kita harus mencuci tangan pakai sabun agar membersihkan sisa-sisa kotoran yang mungkin tidak bersih bila hanya dicuci dengan air saja.

  • Gunakan Air Bersih

Air merupakan kebutuhan yang sangat vital. Baik untuk minum, mandi, mencuci pakaian maupun untuk keperluan lainnya.

Sebagai kebutuhan yang banyak digunakan sehari-hari, ternyata air juga merupakan sumber penyebaran penyakit yang cukup tinggi bila tidak diperhatikan kebersihannya. Oleh karena itu, pastikan bahwa air yang kita gunakan cukup bersih dan bebas dari kontaminasi agen penyakit.

Secara sederhana, air yang bersih dapat dilihat dari ciri-ciri tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak mempunyai rasa kecuali rasa segar.

  • Gunakan Jamban Sehat

Kita ketahui bersama bahwa jamban merupakan tempat untuk membuang kotoran. Bila tidak dikelola dengan baik maka dapat dengan mudah menyebarkan penyakit bagi orang-orang di sekitar.

Jamban sehat meliputi struktur fisik (closed dan saptick tank) maupun kebersihannya, termasuk kecukupan air untuk digunakan saat buang air sehingga dapat digunakan untuk kebersiahn.

Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan akibat pengelolaan jamban yang tidak sehat yaitu diare, disentri, kolera dan lain-lain.

Sebagai informasi tambahan anda dapat membaca juga tentang Manfaat Buang Air Besar dan Kecil di Jamban Bagi Kesehatan Manusia.

  • Berantas Jentik

Memberantas jentik bertujuan untuk memutus rantai perkembangbiakan nyamuk. Nyamuk merupakan vektor bagi beberapa jenis penyakit seperti malaria, DBD, kaki gajah, dan lain-lain. Dengan memberantas jentik maka akan memperkecil jumlah populasi nyamuk yang akan membawa penyakit-penyakit tersebut.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memberantas jentik nyamuk adalah dengan melakukan 3M, yaitu:
  • Menutp, yaitu menutup semua tempat atau wadah yang dapat menampung air baik di dalam maupun diluar rumah;
  • Menguras, yaitu membersihkan tempat penampungan air seperti bak mandi, akuarium tempat minum ternak dan lain-lain minimal dua kali seminggu.
  • Mengubur, yaitu menimbun barang bekas yang dapat menampung air yang tidak terpakai agar tidak menampung air yang dapat dijadikan tempat berkembangbiaknya nyamuk.

  • Hindari Kebiasaan Beresiko

Kebiasaan beresiko yang dimaksud disini adalah perilaku-perilaku yang dapat membahayakan kesehatan seperti mer*k*k, minum minuman k3r4s, s3ks bebas, N4PZ4 dan lain-lain.

Secara ilmiah, kebiasaan-kebiasaan tersebut tersebut ternyata sangat mempengaruhi terjadinya berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, jika kita benar-benar mendambakan kehidupan yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit maka semaksimal mungkin hindari kebiasaan-kebiasaan beresiko tersebut.

  • Lakukan Aktifitas Fisik

Banyak penelitian membuktikan bahwa melakukan aktifitas fisik mampu mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit seperti Penyakit Jantung Koroner, Hipertensi, dan lain-lain.

Aktifitas fisik yang dianjurkan adalah minimal 30 menit setiap hari. Kegiatan yang dapat dilakukan berupa olahraga seperti senam, joging, bersepeda atau lainnya.


  • Makan Buah dan Sayur

Makan buah dan sayur dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Buah dan sayur memiliki banyak kandungan vitamin dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Mengkonsumsi buah dan sayuran sangat membantu dalam menghindari terjadinya berbagai penyakit seperti kanker, tumor dan berbagai penyakit lainnya yang sudah dibuktikan secara ilmiah.


Itulah beberapa informasi penting untuk kesehatan, semoga kita dapat menerapkannya dan memperoleh manfaat yang besar bagi kesehatan kita dan terhindar dari berbagai penyakit.

Berlangganan artikel via email:

1 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Tubuh agar Terhindar Dari Penyakit"

  1. Banyak istirahat, banyak aktivitas juga bisa berpengaruh thdp kesehatan kita ya gan

    BalasHapus

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel