Pengertian Kesehatan menurut UU No 17 Tahun 2023

Sebelumnya telah banyak pengertian kesehatan yang disampaikan, baik oleh para ahli, lembaga nasional maupun internasional termasuk Undang-Undang sebelumnya yaitu UU Nomor 36 Tahun 2009 yang kini dinyatakan tidak berlaku sejak disahkannya UU Nomor 17 Tahun 2023.

Pengertian Kesehatan
Pengertian Kesehatan Menurut UU No. 17 Tahun 2023

Berikut ini pengertian kesehatan menurut Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan:

"Kesehatan adalah keadaan sehat seseorang, baik secara fisik, jiwa, maupun sosial dan bukan sekedar terbebas dari penyakit untuk memungkinkannya hidup produktif".

Pengertian tersebut memiliki sedikit perbedaan dengan pengertian kesehatan yang sebelumnya dituangkan dalam UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, sebagai berikut:

"Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Dari kedua pengertian tersebut terlihat bahwa kata 'mental, spiritual' diganti dengan kata 'jiwa', dan kata ekonomi tidak dicantumkan lagi. Walaupun demikian, menurut kami bahwa kedua pengertian tersebut masih memiliki makna yang kurang lebih sama.

Beberapa unsur yang ada dalam pengertian kesehatan menurut UU No. 17 Tahun 2023, yaitu:

  1. Sehat fisik;
  2. Sehat jiwa;
  3. Sehat sosial;
  4. bukan sekedar terbebas dari penyakit; dan
  5. Hidup produktif.

Sehat jiwa pada pengertian tersebut sudah meliputi sehat mental dan spiritual, serta hidup produktif sudah menggambarkan kehidupan ekonomi yang sehat. Oleh karena itulah kami mengatakan bahwa kedua pengertian tersebut masih memiliki makna yang kurang lebih sama, hanya saja penggunaan kata yang masih lebih efisiaen.

Sebelumnnya kami telah membagikan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan, silakan kunjungi link tersebut untuk men-download file lengkapnya.

Itulah sedikit informasi yang dapat kami bagikan, bagi teman-teman yang memiliki pemahaman atau persepsi lain terhadap pengertian kesehatan tersebut diatas, silakan tuliskan pada kolom komentar dibawah. Terima kasih.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال