Pertemuan Tingkat Desa dalam Pembangunan Kesehatan

Pertemuan tingkat desa merupakan bagian dari pemberdayaan dan penggerakan masyarakat. Pertemuan ini bertujuan untuk penyiapan tokoh masyarakat untuk menyamakan persepsi dan selanjutnya para pemuka desa mampu dan mau mengatasi permasalahannya sendiri secara swadaya sebatas kemampuannya.

Pertemuan tingkat desa dipimpin oleh seorang kepala desa dengan mengundang para tokoh masyarakat, tokoh agama dan lain-lain.

Dalam pertemuan ini kepala desa akan didampingi oleh kepala puskesmas sebagai fasilitator. Hal ini akan semakin meningkatkan komunikasi dalam merancang pembangunan kesehatan yang ada di desa.

Pertemuan Tingkat Desa

Adapun agenda acara yang dibicarakan dalam pertemuan ini adalah:

  • Pentingnya peran serta aktif masyarakat dalam pemecahan masalah yang dihadapi oleh masyarakat;
  • Pentingnya pemanfaatan dan pendayagunaan sarana dan potensi yang ada setempat;
  • Perlunya dibentuk kelompok penggerak pembangunan kesehatan desa.

Diharapkan dari pertemuan ini kepala desa dapat menindaklanjutinya dengan membagi tugas serta peran dalam penggerakan dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam pertemuan tersebut, kepala puskesmas memberikan masukan-masukan seputar permasalahan dan kebijakan yang berkaitan dengan kesehatan untuk menjadi informasi bagi masyarakat desa.

Dalam pelaksanaan program di puskesmas, terkadang metode ini terlewatkan, akibatnya dalam penggerakan dan pemberdayaan masyarakat tidak begitu maksimal.

Hal ini mungkin dipicu oleh tidak terjadinya komunikasi antara pemangku kebijakan di tingkat desa dengan pihak puskesmas dalam kaitan dengan pentingnya kesehatan bagi masyarakat. Kurangnya perhatian petugas tentang betapa pentingnya melakukan atau menghadiri pertemuan tingkat desa juga menjadi penyebabnya.

Padahal langkah inilah yang menjadi awal dalam pemberdayaan dan penggerakan masyarakat dalam memaksimalkan pembangunan kesehatan.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال