Cegah Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan GERMAS - MITRA KESMAS

Cegah Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan GERMAS

Metode paling efektif mengatasi permasalahan Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah dengan melakukan pencegahan. Pencegahan yang dimaksud disini adalah dengan melakukan hal-hal yang dapat menghambat serta tidak melakukan hal-hal yang memicu terjadinya Penyakit Tidak Menular (PTM).

Selain terdapat beberapa jenis penyakit yang sangat mematikan pada golongan penyakit ini, kecenderungan sembuh total sangat sulit bahkan ada beberapa jenis penyakit yang tidak dapat sembuh total. Pembiayaan pengobatan juga relatif mahal dibandingkan dengan beberapa jenis penyakit menular.

Selengkapnya mengenai penyakit Tidak Menular (PTM) dapat anda baca pada tulisan kami yang berjudul "Waspada...!! Penyakit Tidak Menular (PTM) Membayangi Kita".

Transisi epidemiologi yang terjadi saat ini memaksa kita lebih perhatian pada Penyakit Tidak Menular (PTM). Banyak data yang menggambarkan betapa bergesernya kejadian penyakit dibandingkan sebelumnya, sehingga pemerintah saat ini merancang berbagai program untuk mengatasi permasalahan kesehatan terkait dengan PTM.

Penyakit Tidak Menular (Gagal Jantung)
Penyakit Tidak Menular (Gagal Jantung)

Salah satu program pemerintah saat ini yang tujuan utamanya adalah mencegah terjadinya PTM yaitu program GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. GERMAS memiliki 7 (tujuh) kegiatan pokok, yaitu:
  • Melakukan aktivitas fisik
Aktifitas fisik yang direkomendasikan adalah minimal 30 menit sehari. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk standar ini adalah dengan berolahraga seperti senam, jogging dan lain-lain. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan aktifitas fisik, termasuk didalamnya dapat mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit tidak menular seperti Penyakit Jantung Koroner (PJK) yang merupakan penyakit mematikan nomor satu di dunia.
  • Mengkonsumsi sayur dan buah
Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan serat serta berbagai nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan bagi tubuh kita. Dengan mengkonsumsinya, kita telah berupaya mencegah terjadinya berbagai penyakit seperti kanker yang banyak jenisnya.
  • Tidak mer*k*k
Hal ini bukanlah hal yang asing lagi, banyak peringatan yang disampaikan pemerintah terkait bahayanya. Walaupun kenyataannya masih banyak yang masih melakukannya. Namun, meninggalkannya bukanlah hal yang tidak mungkin. Oleh karena itu, upaya maksimal dibutuhkan untuk mensosialisasikan bahaya mer*k*k.
  • Tidak mengkonsumsi alk*h*l
Dampak buruk terbesar mengkonsumsi alk*h*l adalah terjadinya kerusakan hati. Fungsi hati untuk memproduksi sel-sel baru akan terganggu dan berdampak pada timbulnya berbagai penyakit misalnya hepatitis, sirosis dan penumpukan lemak di hati.
  • Memeriksa kesehatan secara rutin
Sebagian besar Penyakit Tidak Menular (PTM) dapat diobati bila sedini mungkin dideteksi gejala yang muncul. Oleh karena itu, memeriksakan kesehatan secara rutin akan membantu menyelesaikan permasalahan PTM.
  • Membersihkan lingkungan
Walaupun kebersihan lingkungan identik dengan penyakit menular, namun juga terdapat beberapa jenis Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dipicu oleh lingkungan yang tidak sehat.
  • Tidak buang air besar sembarangan.

Selengkapnya mengenai GERMAS dapat anda baca pada tulisan kami sebelumnya yang berjudul "4 Alasan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Harus Dilakukan".

GERMAS
GERMAS

Melihat betapa pentingnya GERMAS untuk mencegah terjadinya Penyakit Tidak Menular (PTM) maka sangatlah tepat bila kita menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Bukan hanya itu, kita juga perlu mensosialisasikan kepada orang-orang disekitar kita agar dapat lebih bermanfaat dan menjadikan masyarakat kita yang sehat. Terlebih bagi orang-orang yang kita cintai dapat terhindar dari berbagai penyakit yang sangat mematikan.

Berlangganan artikel via email:

0 Response to "Cegah Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan GERMAS"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel