Pijat dan Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Kurang Darah

Kurang darah atau anemia sering menimpa bagi siapa saja pada semua golongan umur. Penyakit ini juga dapat menjadi pemicu jenis penyakit lain menjadi bertambah parah atau kita mudah terserang penyakit lain jika mengalami anemia.

Pada anak-anak, kurang darah dapat mengurangi kemampuan belajar dan akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak. Selengkapnya mengenai anemia pada anak dapat Anda baca pada Tanda Anemia pada Anak dan Cara Mengatasinya.

Pada golongan remaja dapat dibaca pada Anemia Remaja dan Cara Mengatasinya.

Untuk mengatasi kurang darah selain yang disebutkan pada tulisan di atas, terdapat pula cara mengatasi berupa pijat refleksi dan ramuan tradisional.

Pijat refleksi untuk mengatasi kurang darah

Sebagaimana pada pembahasan kami yang lain mengenai pijat refleksi, kami akan menampilkan gambar tentang beberapa titik refleksi yang dapat dipijat untuk mengatasi kurang darah, yaitu sebagai berikut:

Titik-titik Refleksi untuk Mengatasi Kurang Darah

Lakukan pemijatan pada titik-titik refleksi seperti yang ada pada gambar tersebut secara rutin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui tentang beberapa hal yang berkaitan dengan pijat refleksi yang telah kami tuliskan pada tulisan kami sebelumnya yaitu Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Pijat Refleksi.

Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Kurang Darah

Selain melakukan pijat refleksi, sebaiknya penderita kurang darah diberikan ramuan tradisional demi memaksimalkan hasil atau mempercepat proses penyembuhan.

Adapun beberapa ramuan yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

Ramuan Pertama

Bahan:

  • 1 Buah jeruk nipis
  • 1 Genggam Daun bayam duri
  • 1 Buah kuning telur ayam kampung
  • 1 Sendok makan madu murni

Pengolahan:

Kuning telur dan madu diaduk jadi satu kemudian diberi perasan jeruk nipis, bayam duri ditumbuk lalu diambil airnya. Semua bahan dikumpulkan menjadi satu kemudian diaduk hingga rata.

Penggunaan:

Ramuan ini diminum setiap pagi selama 5 hari dan selanjutnya 2 minggu sekali.

Ramuan Kedua

Bahan:

  • 25 gram daun kacang
  • 25 gram daun ketela pohon atau singkong
  • 25 gram daun bayam duri
  • 25 gram daun pepaya muda
  • Kelapa dan garam secukupnya

Pengolahan dan penggunaan:

Semua bahan di atas direbus sampai masak dan dimakan di siang hari.

Silakan pilih salah satu dari kedua ramuan tersebut yang cocok dan mudah didapatkan. Dengan melakukan beberapa tahapan yang kami sebutkan di atas maka perlahan kurang darah akan teratasi.