Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Pijat Refleksi

Pijat refleksi merupakan salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam tubuh seseorang. Pijat refleksi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang pijat pada titik-titik tubuh tertentu. Pijat refleksi biasanya menggunakan tangan, kayu atau alat lainnya.

Metode ini sudah digunakan sejak zaman dahulu oleh nenek moyang kita. Bahkan ada yang menggunakan ini sebagai cara utama atau bukan metode alternatif seperti sekarang ini. Karena pada zaman dahulu masih belum terdapat obat-obatan kimia seperti yang kita kenal sekarang.

Saat ini masih ada yang menggunakan metode pijat refleksi, karena tidak dipungkiri bahwa memang metode ini benar-benar memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

Namun perlu diketahui bahwa ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan pijat refleksi demi mendapatkan hasil yang maksimal atau tidak terjadi masalah baru akibat kesalahan dalam melakukan pijat refleksi.

Pijat refleksi tidak membutuhkan biaya atau suatu tempat khusus dalam pelaksanaannya dan dapat dilakukan dalam keseharian kita sehingga tidak ada salahnya kita mencoba menerapkan metode ini sehingga kita dapat mendapatkan manfaat yang luar biasa dari sebuah metode sederhana.

Pijat Refleksi
Pijat Refleksi

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Pijat Refleksi


Bagi anda yang ingin atau tertarik untuk mencoba pijat refleksi, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut demi meningkatkan hasil yang kita dapatkan:

  1. Bagi pemula hendaknya mengetahui ilmu penyakit dan anatomi tubuh manusia, artinya kita perlu mendalami dan menghafal zona atau daerah-daerah fefleksi di seluruh tubuh manusia. Untuk mengenal tentang zona atau daerah refleksi di tubuh kita, silakan baca tulisan kami yang berjudul: "Mengenal Titik Refleksi Di Tubuh Kita".
  2. Pakailah minyak urut supaya kulit tidak lecet ketika dipijat. Untuk menambah manfaat perhatikan atau utamakan minyak urut yang memiliki khasiat untuk kesehatan.
  3. Sebaiknya melakukan pemijatan setiap 2 (dua) hari sekali atau 3 (kali) dalam seminggu. Jangan melakukan pijatan setiap hari atau setiap saat karena hal ini malahan akan merusak saraf reflek.
  4. Setiap titik refleksi biasanya dipijat 5 (lima) menit, jika sakitnya keras boleh dipijat 10 menit.
  5. Jika pemijatan terlalu keras dan pasien merasa kesakitan maka tekanan pijatan dikurangi dari memindahkan pijat ke bagian lainnya.
  6. Jangan memijat jika pasien menderita penyakit menular dan jangan pula memijat pasien dengan tubuh yang luka atau bengkak.
  7. Mengetahui reaksi sesudah dipijat, misalnya:


  • Sakit ginjal: setelah dipijat kadang-kadang mengeluarkan air kencing berwarna coklat atau merah, ini gejala baik dan tetap teruskan pemijatan.
  • Sakit pinggang: setelah dipijat 3 hari, adakalanya hari ke empat punggung makin sakit, ini berarti rintangan peredaran darah sudah berhasil dibobolkan dan tetap teruskan pemijatan.
  • Suhu badan naik: ini normal saja sebagai reaksi kelenjar fefleksi.


Selain tersebut diatas, ada juga beberapa hal penting yang harus menjadi perhatian yaitu:

  1. Ada kalanya sekali atau dua kali pijat orang sudah sembuh dari penyakitnya, namun biasanya diperlukan waktu yang cukup. Biasanya berangsur-angsur sembuh atau sakitnya berkurang sedikit demi sedikit. Karena itu, harus rajin pijat. Untuk jenis penyakit berat biasanya diperlukan waktu 20 - 30 kali pijat atau 10 (sepuluh) minggu.
  2. Setiap titik refleksi tidak boleh dipijat lebih dari 10 menit. Ini malah akan membahayakan sarafnya.
  3. Bagi penderita jantung, kencing manis, lever, kanker harus dipijat secara lembut atau jangan terlalu keras. Tiap titik refleksi hanya boleh dipijat selama 2 menit.
  4. Jangan melakukan pemijatan dalam waktu satu jam setelah makan.
  5. Minumlah air putih 2 - 3 gelas sekaligus setelah dipijat agar kotoran dalam tubuh mudah terbuang bersama air seni. Bagi penderita ginjal berat jangan minum lebih dari 1 gelas.
  6. Bagi pemijat yang kurang enak badan atau tidak fit maka jangan sekali-kali memijat karena memijat mengeluarkan banyak tenaga dan anda akan mudah terserang penyakit.


Demikianlah yang dapat kami bagikan, semoga dapat bermanfaat. Bagikanlah informasi ini melalui media sosial siapa tahu ada teman lain yang membutuhkan.
INDAHNYA BERBAGI
Bagikan tulisan ini. Jangan berhenti pada anda, mungkin ada teman yang membutuhkan.
INGIN MENDAPATKAN ARTIKEL TERBARU SECARA GRATIS?
Cukup Ketik Email Anda, Klik Berlangganan, Lalu Buka Email Masuk Anda dan Klik Link yang Diberikan untuk Konfirmasi.

0 Komentar Untuk "Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Pijat Refleksi"

Post a Comment