Ginggivitis: Definisi, Penyebab, Gambaran Klinis dan Pencegahan

Ginggivitis adalah Inflamasi ginggiva marginal atau radang gusi. Gingivitis masih merupakan kondisi yang ringan, sehingga kita biasanya tidak menyadari mengalami kondisi ini. Walaupun demikian, kita perlu segera mengatasinya, karena bila dibiarkan maka penyakit ini dapat mengakibatkan penyakit gusi (periodontitis) yang jauh lebih serius, mengakibatkan kehilangan gigi.

Penyebab

Penyebab utama dari gingivitis adalah kebersihan oral yang buruk. Radang gusi ini dapat disebabkan oleh faktor lokal maupun faktor sistemik. Faktor lokal diantaranya karang gigi, bakteri, sisa makanan (plak), pemakaian sikat gigi yang salah, r*k*k, tambalan yang kurang baik. Faktor sistemik meliputi Diabetes Melitus (DM), ketidakseimbangan hormon (saat menstruasi, kehamilan, menopause, pemakaian kontrasepsi), keracunan logam, dan sebagainya.

Gambaran Klinis

Gambaran klinis terjadinya ginggivitis adalah sebagai berikut:
  • Penderita biasanya mengeluh mulut bau, gusi bengkak mudah berdarah, tanpa nyeri, hanya kadang terasa gatal.
  • Pada pemeriksaan gusi tampak bengkak, berwarna lebih merah dan mudah berdarah pada sondasi. Kebersihan mulut biasanya buruk.
  • Ginggivitis herpes biasanya disertai gejala herpes simpleks. Tanda di gusi tidak disertai bau mulut.
  • Salah satu bentuk radang gusi adalah perikoronitis yang gejalanya lebih berat : demam, sukar membuka mulut.

Pencegahan

Cara mencegah gingivitis yang paling baik adalah dengan menjaga kebersihan gigi yang baik, dimulai sejak awal dan lakukan secara konsisten. Lakukan pemeliharaan gigi dengan menerapkan langkah-langkah sikat gigi yang baik dan benar.

Ginggivitis
Ginggivitis

Perhatian

Jika terjadi masalah kesehatan pada gigi dan gusi anda, silakan hubgungi tenaga kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال