Karies Gigi: Definisi, Penyebab, Gambaran Klinis dan Pencegahan

Karies gigi merupakan suatu penyakit infeksi pada jaringan keras gigi yang mengakibatkan kerusakan struktur gigi dan bersifat kronik.

Penyebab

Hal–hal yang mendukung terjadinya karies gigi:
  • Gigi yang peka, yaitu gigi yang mengandung sedikit flour atau memiliki lubang, lekukan maupun alur yang menahan plak.
  • Bakteri  yang  paling  sering  adalah  bakteri  Streptococcus mutans.
  • Dalam keadaan normal, di dalam mulut terdapat bakteri. Bakteri ini mengubah semua makanan (terutama gula dan karbohidrat) menjadi asam. Bakteri, asam, sisa makanan dan ludah bergabung membentuk bahan lengket yang disebut plak, yang menempel pada gigi.
  • Plak paling banyak ditemukan di gigi geraham belakang. Jika tidak dibersihkan maka plak akan membentuk mineral yang disebut karang gigi (kalkulus, tartar). Plak  dan  kalkulus  bisa  mengiritasi  gusi  sehingga  timbul gingivitis.

Gambaran Klinis

Gambaran klinis terjadinya karies gigi adalah sebagai berikut:
  • Biasanya, suatu kavitasi di dalam enamel tidak menyebabkan sakit, nyeri baru timbul jika pembusukan sudah mencapai dentin. Nyeri yang dirasakan jika meminum dingin atau makan permen menunjukkan bahwa pulpa masih sehat. Jika pengobatan dilakukan pada stadium ini maka gigi bisa diselamatkan dan tampaknya tidak akan timbul nyeri maupun kesulitan menelan.
  • Suatu kavitasi yang timbul di dekat atau telah mencapai pulpa menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Nyeri ada walaupun perangsangnya dihilangkan (contohnya air dingin). Bahkan gigi terasa sakit meskipun tidak ada perangsang (sakit gigi spontan).

Pencegahan

Untuk mencegah terjadinya karies gigi adalah dengan melakukan beberapa hal berikut:

Karies Gigi
Karies Gigi

Perhatian

Jika terjadi karies gigi, segera mengunjungi tenaga kesehatan (dokter gigi) untuk mendapatkan penanganan yang baik dan benar.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال