Stomatitis (Sariawan): Definisi, Penyebab dan Gambaran Klinis - MITRA KESMAS

Stomatitis (Sariawan): Definisi, Penyebab dan Gambaran Klinis

Stomatitis atau Sariawan (Chanker Sores, Ulkus Aftosa) adalah suatu luka terbuka yang kecil di dalam mulut yang menimbulkan nyeri.

Penyebab

Penyebabnya terjadinya stomatitis atau sariawan bermacam-macam misalnya kebersihan mulut yang buruk, gizi kurang, infeksi kumam, gangguan hormonal (gingivostomatitis deskuamatif), kelainan darah, pemakaian obat-obatan (stomatitis medikamentosa/venenata) atau makanan yang merangsang misalnya cabe.

Stomatitis Vincent disebabkan oleh kumam Gram negatif, sedangkan stomatitis aftosa (sariawan) merupakan salah satu bentuk yang tidak diketahui penyebabnya. Beberapa faktor diduga berperan dalam terjadinya sariawan, misalnya demam, stres, trauma, cemas, gangguan hormonal.

Gambaran klinis

Gambaran klinis terjadinya stomatitis atau sariawan adalah:
  • Sariawan dapat terjadi di semua bagian mulut. Bila sariawan ini terletak di dekat faring, penderita biasanya mengeluh sakit menelan.
  • Stomatitis Vincent  atau gingivostomatitis nekrotik biasanya timbul   akut. Penderita mengeluh mulutnya rasa terjadi perdarahan spontan pada gusi dan gigi sering terasa memanjang. Ulkus pada stomatitis ini biasanya terdapat di daerah gusi antargigi dan diselaputi pseudomembran berwarna kuning keabu- abuan yang mudah diangkat. Tetapi ulkus ini dapat meluas ke bagian lain mulut sampai ke faring.

Stomatitis (Sariawan)
Stomatitis (Sariawan)

Perhatian

Jika terjadi penyakit stomatitis atau sariawan sebagaimana yang disebutkan diatas, segera bawa penderita ke petugas kesehatan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Berlangganan artikel via email:

0 Response to "Stomatitis (Sariawan): Definisi, Penyebab dan Gambaran Klinis"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel