Keilosis: Definisi, Penyebab, Gambaran Klinis dan Penatalaksanaan

Keilosis adalah radang dangkal pada sudut mulut yang menyebabkan sudut mulut pecah-pecah. Penyakit di bibir yang disebut keilosis ini memang menyakitkan dan mengganggu sebab bila penderita membuka mulut untuk makan, minum, atau bicara maka radang luka yang pecah-pecah ini terasa perih.

Penyebab

Penyebab terjadinya keilosis biasanya karena defisiensi riboflavin, asam pantotenat dan piridoksin. Kelainan serupa dapat pula disebabkan oleh mikosis atau virus herpes.

Penyebab bukan hanya karena kekurangan vitamin B2, namun dapat juga diakibatkan oleh bakteri, virus, memakai gigi tiruan,  jamur, penggunaan kosmetik pada wanita, hingga pada penderita HIV.

Gambaran Klinis

Gambaran klinis terjadinya keilosis berupa tampaknya  fisur atau luka-luka berkerak di  kedua sudut mulut   yang terasa perih bila terkena makanan pedas.

Diagnosis

Keilosis dapat didiagnosa dengan terjadinya pecah-pecah pada sudut mulut.

Penatalaksanaan

Penatalaksanaan keilosis dapat dilakukan dengan pemberian Vitamin B2 25 – 50 mg bersama vitamin B-kompleks 1 tablet 3 x sehari diberikan selama 1 minggu. Kadang diperlukan pula vitamin C  50 mg 3 x sehari.

Pencegahan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Keilosis: Definisi, Penyebab, Gambaran Klinis dan Penatalaksanaan"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel