Migren: Definisi, Penyebab dan Gambaran Klinis - MITRA KESMAS

Migren: Definisi, Penyebab dan Gambaran Klinis

Serangan nyeri kepala sesisi yang berulang, beragam beratnya, lamanya dan kekerapannya mungkin merupakan serangan migren. Migren klasik diawali selama
+ 60 menit.

Penyebab

Penyebab terjadinya migren adalah karena adanya gangguan vaskular. Sistem vaskular, juga disebut sistem peredaran darah, terdiri dari pembuluh yang membawa darah dan getah bening ke seluruh tubuh. Arteri dan vena membawa darah ke seluruh tubuh, memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan menghilangkan masalah sampah tisu. Pembuluh getah bening membawa cairan limfatik (yang jelas, cairan tidak berwarna yang mengandung air dan sel-sel darah).

Gambaran Klinis

Gambaran klinis terjadinya migren adalah sebagai berikut:
  • Nyeri kepala khas berdenyut, unilateral dan bertambah berat setelah aktivitas fisik.
  • Penderita mengeluh mual sampai muntah dan terdapat anoreksia, fotofobia atau fenofobia.
  • Migren klasik diawali atau disertai dengan gangguan sensorik, motorik atau suasana hati (mood). Pada periode awal ini penderita mungkin merasa gelisah, tidak nafsu makan dan mudah tersinggung. Gangguan motorik dapat berupa hemiparesis, sedangkan gangguan sensorik mungkin berupa parestesia, hemianopsia atau seolah melihat kilat.

Migren
Migren

Perhatian

Jika terjadi migren sebagaimana tanda atau gambaran klinis yang kami sebutkan diatas, segera hubungi petugas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan yang tepat.

Berlangganan artikel via email:

0 Response to "Migren: Definisi, Penyebab dan Gambaran Klinis"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel