Morbili (Campak): Definisi, Penyebab dan Gambaran Klinis

Morbili atau campak ialah penyakit infeksi virus akut yang bermanifestasi dalam 3 stadium yaitu stadium kataral, erupsi dan konvalens.

Morbili (Campak)
Morbili (Campak)

Penyebab

Penyebab penyakit campak adalah virus campak atau morbili. Pada awalnya, gejala campak agak sulit dideteksi.

Campak disebabkan oleh virus jenis paramyxovirus yang menular melalui saluran pernapasan. Campak merupakan penyakit sangat menular. Sekitar 90% orang yang belum mendapatkan vaksinasi campak dapat tertular bila berada dalam jarak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Salah satu faktor resiko terjadinya campak adalah kekurangan vitamin A. Mereka yang kekurangan Vitamin A memiliki resiko lebih tinggi tertular campak dibanding yang cukup vitamin A.

Gambaran Klinis

Secara garis besar penyakit campak dibagi menjadi 3 fase:
  1. Fase pertama disebut masa inkubasi yang berlangsung sekitar 10 – 12 hari. Pada fase ini anak sudah mulai terkena infeksi tapi pada dirinya belum tampak gejala apapun. Bercak-bercak merah yang merupakan ciri khas campak belum keluar.
  2. Pada fase kedua (fase prodormal) barulah timbul gejala yang mirip penyakit flu seperti batuk, pilek dan demam. Mata tampak kemerah-merahan dan berair. Bila melihat sesuatu, mata akan silau (fotofobia). Di sebelah dalam mulut muncul bintik-bintik putih yang akan bertahan 3 – 4 hari. Terkadang anak juga mengalami diare. 1 – 2 hari kemudian timbul demam tinggi yang turun naik, berkisar 38 – 40,5०C
  3. Fase ketiga ditandai dengan keluarnya bercak merah seiring dengan demam tinggi yang terjadi. Namun bercak tak langsung muncul di seluruh tubuh melainkan bertahap dan merambat. Bermula dari belakang telinga, leher, dada, muka, tangan dan kaki. Warnanya pun khas; merah dengan ukuran yang tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil.
Bercak-bercak merah ini dalam bahasa kedokterannya disebut makulopapuler. Biasanya bercak memenuhi seluruh tubuh dalam waktu sekitar satu minggu, tergantung pada daya tahan tubuh masing-masing anak. Umumnya jika bercak merahnya sudah keluar, demam akan turun dengan sendirinya. Bercak merah pun makin lama menjadi kehitaman dan bersisik (hiperpigmentasi), lalu rontok atau sembuh dengan sendirinya. Periode ini merupakan masa penyembuhan yang butuh waktu sampai 2 minggu.

Perhatian

Jika ditemukan tanda-tanda penyakit campak atau morbili sebagaimana yang kami sebutkan diatas, segera hubungi petugas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan yang tepat.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال