Uraian Kegiatan Jabatan Perawat Mahir (Permenkes No. 4 Tahun 2022)

Uraian kegiatan Jabatan Perawat mahir sebagaimana yang disebutkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Permenkes RI) Nomor 4 Tahun 2022 terdiri dari 28 kegiatan.

Sebelumnya kamit telah membagikan tentang Uraian Kegiatan Perawat Terampil, silakan klik link tersebut untuk mengunjungi halamannya.

Kegiatan Perawat Mahir

Berikut ini kami kutip 28 uraian kegiatan perawat mahir tersebut disertai penjelasan definisi, bukti fisik, kualitas hasil kerja dan jumlah angka kredit per kegiatan:

1. Melakukan pengkajian keperawatan dasar pada keluarga 

Definisi: kegiatan melakukan pengumpulan data kesehatan setiap individu sebagai anggota keluarga; melakukan penilaian kondisi kesehatan lingkungan rumah/pemukiman; mengidentifikasi dan menilai norma, kebiasaan/perilaku keluarga; mengobservasi dan menilai hubungan antar anggota komponen keluarga; serta mengidentifikasi tugas fungsi keluarga yang dijalankan sesuai dengan kewenangannya yang diatur dalam peraturan perundangan. 

Bukti Fisik : Laporan/dokumen hasil pengkajian keperawatan dasar pada keluarga.

Kualitas Hasil Kerja : Melakukan pengkajian keperawatan dasar pada keluarga dilakukan sesuai SPO sehingga terkumpulnya data kesehatan setiap individu sebagai anggota keluarga yang dikaji. 

Angka Kredit : 0,002

2. Melakukan komunikasi terapeutik dalam pemberian asuhan keperawatan 

Definisi: kegiatan komunikasi dengan klien dan keluarga yang memberikan efek terapi dan bertujuan memenuhi kebutuhan klien mulai fase pra interaksi, fase orientasi, fase kerja dan fase terminasi. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook kegiatan komunikasi terapeutik.

Kualitas Hasil Kerja : Komunikasi terapeutik dilakukan sesuai SPO sehingga terjalin komunikasi yang baik antara klien dan keluarga dengan perawat sehingga proses asuhan keperawatan berjalan dengan baik. 

Angka Kredit : 0,0021 

3. Melakukan imunisasi pada individu dalam rangka melakukan upaya preventif 

Definisi: kegiatan melakukan imunisasi dasar dan lanjutan sesuai kebutuhan sebagai bentuk implementasi dari program yang ditetapkan pemerintah sesuai kewenangannya yang diatur dalam peraturan perundangan. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook kegiatan pelaksanaan imunisasi.

Kualitas Hasil Kerja: Melakukan imunisasi pada individu dalam rangka melakukan upaya preventif dilakukan sesuai SPO, sehingga kegiatan imunisasi terlaksana dengan baik. 

Angka Kredit : 0,002 

4. Melakukan restrain/fiksasi pada pasien dalam rangka melakukan upaya preventif asuhan keperawatan 

Definisi: kegiatan melakukan restrain/fiksasi/pengikatan, memantau respon pasien selama fiksasi sesuai kondisi dan memenuhi kebutuhan dasar pasien selama fiksasi dilakukan.

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook intervensi restrain/fiksasi pasien pada individu dalam rangka melakukan upaya preventif asuhan keperawatan.

Kualitas Hasil Kerja : melakukan restrain/fiksasi pada pasien dilakukan sesuai dengan SPO sebagai upaya preventif sehingga pasien terhindar dari cedera. 

Angka Kredit : 0,002 

5. Memfasilitasi penggunaan pelindung diri dari stressor pada kelompok dalam rangka melakukan upaya preventif asuhan keperawatan 

Definisi: mengajarkan, memotivasi dan mengawasi penggunaan alat pelindung diri dan pengaman pada pasien. Mensosialisasikan dan membudayakan penggunaan masker, helm, sabuk pengaman, tongkat/kruk, dan lain lain). 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook implementasi penggunaan alat-alat pengamanan/pelindung fisik pada pasien.

Kualitas Hasil Kerja : Penggunaan pelindung diri dari stressor pada kelompok dilakukan sesuai dengan SPO sehingga Alat pengaman/pelindung pasien terpasang dengan baik. 

Angka Kredit : 0,002 

6. Memberikan oksigenisasi sederhana 

Definisi: memberikan asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan pemenuhan oksigen seperti pemberian oksigen menggunakan nasal kanul, sungkup muka sederhana. 

Bukti Fisik : Catatan keperawatan/Logbook pemberian oksigenasi sederhana, catatan lab. 

Kualitas Hasil Kerja : Memberikan oksigenasi sederhana dilakukan sesuai SPO sehingga oksigen nasal kanul, sungkup muka sederhana terpasang dengan baik sesuai kebutuhan pasien. 

Angka Kredit : 0,0019 

7. Memberikan tindakan keperawatan pada kondisi gawat darurat/ bencana/ kritikal 

Definisi: memberikan pertolongan secara tepat, cepat dan akurat pada pasien/klien kasus kegawatdaruratan dasar seperti pemberian cairan fisiologis, penatalaksanaan pada gangguan jalan  nafas, menghentikan perdarahan pada pasien kritis, dapat melakukan triage dan transportasi yang tepat pada kondisi bencana. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook implementasi kegawatdaruratan /bencana/ kritikal.

Kualitas Hasil Kerja : Kegiatan pertolongan kegawatdaruratan/bencana/kritikal dilakukan sesuai SPO sehingga dapat memberikan pertolongan pada klien yang mengalami kondisi kegawatdaruratan.

Angka Kredit : 0,0106 

8. Memfasilitasi suasana lingkungan yang tenang dan aman serta bebas risiko penularan infeksi 

Definisi: menyediakan lingkungan yang kondusif; bersih/steril, tenang, sirkulasi udara lancar, pencahayaan cukup, peralatan yg digunakan aman dan berfungsi baik serta bebas risiko penularan infeksi. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook, daftar fasilitas yang berfungsi baik, laporan tentang suasana lingkungan yang kondusif dan bebas risiko penularan infeksi, laporan pengendalian kejadian infeksi. 

Kualitas Hasil Kerja : Kegiatan menciptakan suasana yang kondusif serta bebas risiko penularan infeksi sesuai SPO, sehingga pasien merasa nyaman dan terhindar dari penularan infeksi. 

Angka Kredit : 0,0029 

9. Melakukan intervensi keperawatan spesifik yang sederhana pada area medikal bedah 

Definisi: melakukan tindakan keperawatan spesifik yang sederhana dan tindakan keperawatan pada masalah psikososial yang menyertainya pada area medikal bedah, seperti melakukan penghisapan lendir, melatih teknik nafas dalam, mengajarkan batuk efektif, pengaturan posisi dan mobilisasi pasien, membantu pasien menggunakan alat bantu untuk mobilisasi. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook intervensi keperawatan spesifik yang sederhana pada area medikal bedah. 

Kualitas Hasil Kerja : Kegiatan intervensi keperawatan spesifik yang sederhana pada area medical bedah dilakukan sesuai SPO. 

Angka Kredit : 0,0047  

10. Melakukan intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area anak 

Definisi: melaksanakan tindakan keperawatan spesifik yang sederhana di area anak seperti melakukan inhalasi, fisioterapi dada, melakukan penghisapan lendir, melatih teknik nafas dalam, mengajarkan batuk efektif, pengaturan posisi dan mobilisasi pasien, membantu pasien menggunakan alat bantu untuk mobilisasi. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area anak.

Kualitas Hasil Kerja : intervensi keperawatan spesifik yang sederhana pada area anak dilakukan sesuai prosedur. 

Angka Kredit : 0,0040 

11. Melakukan intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area maternitas 

Definisi: melaksanakan tindakan keperawatan spesifik yang sederhana dalam pemenuhan kebutuhan dasar (area maternitas). 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area maternitas.

Kualitas Hasil Kerja : intervensi keperawatan spesifik yang sederhana pada area maternitas dilakukan sesuai prosedur. 

Angka Kredit : 0, 0044 

12. Melakukan intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area komunitas 

Definisi: melaksanakan tindakan keperawatan spesifik yang sederhana dalam pemenuhan kebutuhan dasar (area komunitas), seperti melakukan edukasi kesehatan sesuai dengan masalah dan sasaran, melaksanakan tindakan keperawatan dengan kasus individu sebagai anggota keluarga. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area komunitas.

Kualitas Hasil Kerja : intervensi keperawatan spesifik yang sederhana pada area komunitas dilakukan sesuai prosedur. 

Angka Kredit : 0,0065 

13. Melakukan intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area jiwa 

Definisi: melakukan tindakan keperawatan spesifik yang sederhana pada orang dewasa (area jiwa), seperti mengobservasi  perubahan perilaku pasien, mampu melatih pasien mengenal masalah sosialisasi pada pasien isolasi sosial, mampu mengenal aspek positif pada pasien harga diri rendah, mampu merawat diri pada pasien defisit perawatan diri, mampu mengenal halusinasi pada pasien halusinasi, mampu melatih pasien mengenal penyebab dan tanda gejala pasien risiko perilaku kekerasan. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area jiwa.

Kualitas Hasil Kerja : intervensi keperawatan spesifik yang sederhana pada area jiwa dilakukan sesuai prosedur. 

Angka Kredit : 0,0025 

14. Melakukan tindakan terapi komplementer/holistik 

Definisi: melakukan tindakan terapi yang dilakukan dalam pemenuhan kebutuhan dasar klien dengan pendekatan secara konvensional/tradisional dalam lingkup kewenangan perawat dan sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya contoh aromaterapi, imagery dan meditasi. 

Bukti Fisik : Catatan keperawatan/logbook tindakan terapi komplementer/holistik.

Kualitas Hasil Kerja : tindakan terapi komplementer/holistik dapat dilakukan sesuai prosedur untuk memenuhi kebutuhan klien sesuai dengan kewenangan dan kompetensi yang dimiliki. 

Angka Kredit : 0,0049 

15. Melakukan tindakan keperawatan pada pasien dengan intervensi pembedahan pada tahap pre/intra/post operasi 

Definisi: kegiatan berupa mempersiapkan, memberi dukungan psikologis, menjamin lingkungan aman dan mencegah injuri, serta menghindari terjadinya komplikasi pada saat pre/intra maupun post operasi dengan risiko ringan sesuai kewenangannya. contoh: • Pre-operasi: memandikan dengan antiseptik, memberikan klisma • Intra-operasi: memonitoring tanda vital dan hemodinamik • Post-operasi: memonitor tanda-tanda vital pasca operasi, mengatur posisi dan lain-lain.

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook tindakan keperawatan pada pasien dengan intervensi pembedahan pada tahap pre/ intra/ post operasi.

Kualitas Hasil Kerja : intervensi keperawatan yang dilakukan sesuai prosedur dan dilakukan oleh perawat sesuai kewenangannya.

Angka Kredit : 0,0041 

16. Memberikan perawatan pada pasien dalam rangka melakukan Perawatan Paliatif 

Definisi: kegiatan melakukan asuhan keperawatan dan pendampingan pasien/klien untuk meningkatkan kualitas hidup dengan memperhatikan martabat dan harga diri pasien/klien.

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook perawatan pada pasien dalam rangka melakukan perawatan paliatif.

Kualitas Hasil Kerja : perawatan paliatif dilakukan sesuai SPO sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dengan memperhatikan martabat dan harga diri pasien/klien.

Angka Kredit : 0,0049 

17. Memberikan dukungan/fasilitasi kebutuhan spiritual pada kondisi kehilangan, berduka atau menjelang ajal dalam pelayanan keperawatan 

Definisi: memfasilitasi, memberikan dukungan, dan mendampingi pasien dan keluarga dalam proses berduka, kehilangan atau menjelang ajal. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook pemberian dukungan/fasilitasi dalam proses kehilangan, berduka atau menjelang ajal dalam pelayanan keperawatan.

Kualitas Hasil Kerja : intervensi keperawatan yang dilakukan sesuai prosedur sehingga memberikan dukungan/fasilitasi kebutuhan spiritual pada kondisi kehilangan, berduka atau menjelang ajal. 

Angka Kredit : 0,0050 

18. Melakukan tindakan keperawatan pemenuhan kebutuhan nutrisi 

Definisi: mengidentifikasi dan melakukan kebutuhan nutrisi pasien dan melakukan pemberian nutrisi melalui enteral dan parenteral.

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook tindakan keperawatan pemenuhan kebutuhan nutrisi.

Kualitas Hasil Kerja : tindakan pemenuhan nutrisi melalui enteral atau parenteral dapat dilakukan sesuai prosedur. 

Angka Kredit : 0,0031 

19. Melakukan tindakan keperawatan pemenuhan kebutuhan eliminasi 

Definisi: tindakan keperawatan dalam pemenuhan kebutuhan dalam proses pembuangan sisa metabolisme tubuh baik berupa urine atau feses. Contoh : pemasangan kateter urin, pemberian obat pencahar.

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook tindakan keperawatan pemenuhan kebutuhan eliminasi.

Kualitas Hasil Kerja : tindakan pemenuhan kebutuhan eliminasi dapat dilakukan sesuai prosedur. 

Angka Kredit : 0,0021 

20. Melakukan tindakan keperawatan pemenuhan kebutuhan mobilisasi 

Definisi: mengidentifikasi dan melakukan tindakan pemenuhan kebutuhan mobilisasi. Contoh : Merubah posisi klien untuk miring kanan dan kiri, membantu pasien untuk duduk di sisi tempat tidur dengan bantuan yang diperlukan. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook tindakan keperawatan mobilisasi pada kasus kompleks.

Kualitas Hasil Kerja : tindakan pemenuhan kebutuhan mobilisasi pada kasus kompleks dapat dilakukan sesuai prosedur. 

Angka Kredit : 0,0032 

21. Melakukan tindakan keperawatan pemenuhan kebutuhan istirahat dan tidur 

Definisi: mengidentifikasi dan melakukan pemenuhan kebutuhan istirahat dan tidur yaitu lingkungan yang mendukung istirahat antara lain, memberikan tindakan keperawatan yang membuat pasien bisa tertidur sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasien.

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook tindakan pemenuhan kebutuhan istirahat dan tidur.

Kualitas Hasil Kerja : tindakan pemenuhan kebutuhan istirahat dan tidur dapat dilaksanakan sesuai prosedur.

Angka Kredit : 0,0010 

22. Melakukan tindakan keperawatan pemenuhan kebutuhan kebersihan diri 

Definisi: mengidentifikasi dan melakukan tindakan pemenuhan kebutuhan kebersihan diri dengan membantu pasien yang mempunyai keterbatasan untuk memakaikan baju dan berdandan, membersihkan rambut pasien (keramas), memandikan pasien, membersihkan mulut pada pasien dengan tingkat ketergantungan parsial.

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook tindakan pemenuhan kebutuhan kebersihan diri pasien dengan tingkat ketergantungan parsial.

Kualitas Hasil Kerja : tindakan pemenuhan kebutuhan kebersihan diri dengan tingkat ketergantungan parsial dapat dilakukan sesuai prosedur. 

Angka Kredit : 0,0039 

23. Melakukan tindakan keperawatan pemenuhan kebutuhan rasa nyaman dan pengaturan suhu tubuh 

Definisi: mengidentifikasi dan melakukan tindakan keperawatan yang berhubungan dengan penurunan atau peningkatan suhu tubuh dari nilai normal sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasien. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook tindakan pemenuhan kebutuhan rasa nyaman dan pengaturan suhu tubuh.

Kualitas Hasil Kerja : tindakan pemenuhan kebutuhan rasa nyaman dan pengaturan suhu tubuh dapat dilakukan sesuai prosedur.

Angka Kredit : 0,0010 

24. Melakukan massage pada kulit tertekan yang berkaitan dengan kasus cedera 

Definisi: melakukan perawatan kulit pada daerah tertekan dengan melakukan pemijitan untuk mempertahankan integritas kulit agar tidak terjadi kerusakan jaringan lebih lanjut. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook implementasi massage pada kulit tertekan dalam melakukan tindakan keperawatan yang berkaitan dengan kasus cedera.  

Kualitas Hasil Kerja : tindakan massage pada kulit tertekan yang berkaitan dengan kasus cedera dapat dilaksanakan sesuai prosedur. 

Angka Kredit : 0,0015 

25. Melakukan perawatan luka 

Definisi: pengkajian luka dan tindakan keperawatan untuk meningkatkan penyembuhan luka dan/atau mencegah terjadinya komplikasi pada luka kanker tanpa risiko perdarahan, luka kaki diabetes grade 1 dan 2 tanpa infeksi lokal, cedera tekan grade 1 dan 2 tanpa infeksi lokal.

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook perawatan luka pada kasus kompleks. 

Kualitas Hasil Kerja : tindakan perawatan luka dapat dilakukan sesuai prosedur sehingga dapat meningkatkan penyembuhan luka dan atau mencegah terjadinya komplikasi. 

Angka Kredit : 0,0063 

26. Melakukan Range Of Motion (ROM) pada pasien dengan berbagai kondisi dalam rangka melakukan upaya rehabilitatif pada individu 

Definisi: melakukan kegiatan berupa tindakan keperawatan pada pasien untuk mempertahankan atau memperbaiki tingkat kesempurnaan kemampuan menggerakkan persendian secara normal dan lengkap.

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook Range Of Motion (ROM) pada pasien dengan berbagai kondisi dalam rangka melakukan upaya rehabilitatif pada individu.

Kualitas Hasil Kerja : tindakan ROM dapat dilakukan sesuai prosedur sehingga dapat meningkatkan upaya rehabilitatif dan memperbaiki kemampuan menggerakkan persendian. 

Angka Kredit : 0,002 

27. Melatih mobilisasi pasien dengan berbagai kondisi dalam rangka melakukan upaya rehabilitatif pada individu 

Definisi: kegiatan perawat untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan serta pencegahan komplikasi untuk pasien yang tidak mampu bangun dari tempat tidur.

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook implementasi mobilisasi pada pasien dengan berbagai kondisi dalam rangka melakukan upaya rehabilitatif pada individu.

Kualitas Hasil Kerja : tindakan immobilisasi dalam upaya rehabilitatif dapat terlaksana sesuai prosedur sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dan mencegah komplikasi. 

Angka Kredit : 0,002 

28. Melakukan dokumentasi asuhan keperawatan 

Definisi: melakukan pendokumentasian kegiatan implementasi asuhan keperawatan pasien. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook dokumentasi kegiatan implementasi asuhan keperawatan.

Kualitas Hasil Kerja : Tersusunnya dokumentasi implementasi asuhan keperawatan. 

Angka Kredit : 0,0020

1 Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

  1. iklan popupnya uniqlo kurang sopan untuk website kategori kesehatan ini. maaf sekedar saran.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال