Uraian Kegiatan Jabatan Perawat Terampil (Permenkes RI No. 4 Tahun 2022)

Uraian kegiatan jabatan fungsional perawat sebagaimana yang dimuat dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Permenkes RI) Nomor 4 Tahun 2022 yang mengacu kepada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 35 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Perawat.

Kegiatan Perawat Terampil

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan uraian kegiatan Jabatan Fungsional Perawat Terampil beserta definisi operasionalnya sebagaimana yang ada pada Permenkes No. 4 Tahun 2022 sebagai berikut:

1. Melakukan pengkajian keperawatan dasar pada individu

Definisi: melakukan pengumpulan data status kesehatan manusia melalui kegiatan pemeriksaan fisik, psiko, sosial, spiritual, transkultural dan mengkaji riwayat kesehatan dan perkembangan penyakit/masalah kesehatan, norma, perilaku dan kebiasaan seseorang.

Bukti Fisik : Laporan hasil kajian keperawatan/Logbook kegiatan pengkajian keperawatan pasien 

Kualitas Hasil Kerja : Pengkajian Keperawatan dilakukan sesuai Standar Prosedur Operasional sehingga terkumpulnya data pengkajian keperawatan dasar Keperawatan individu. 

Angka Kredit : 0,001 

2. Melakukan komunikasi terapeutik dalam pemberian asuhan keperawatan

Definisi: kegiatan komunikasi dengan klien dan keluarga yang memberikan efek terapi dan bertujuan memenuhi kebutuhan klien mulai fase pra interaksi, fase orientasi, fase kerja dan fase terminasi. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook kegiatan komunikasi terapeutik.

Kualitas Hasil Kerja : Komunikasi terapeutik dilakukan sesuai SPO sehingga terjalin komunikasi yang baik antara klien dan keluarga dengan perawat sehingga proses asuhan keperawatan berjalan dengan baik. 

Angka Kredit : 0,0008

3. Melaksanakan edukasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka melakukan upaya promotive

Definisi: melakukan edukasi berupa pemberian informasi, konsultasi dan motivasi pada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat dalam pemberian asuhan keperawatan pasien.

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook kegiatan edukasi, media edukasi, materi edukasi dan daftar hadir peserta edukasi. 

Kualitas Hasil Kerja: Edukasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat dilakukan sesuai SPO sehingga pasien, keluarga, kelompok dan masyarakat memahami informasi yang diberikan oleh perawat. 

Angka Kredit : 0,004 

4. Memfasilitasi penggunaan alat-alat pengamanan/pelindung fisik pada pasien untuk mencegah risiko cedera pada individu dalam rangka upaya preventif.

Definisi: memfasilitasi pasien/klien dengan menyediakan alat pengaman (Alat Pelindung Diri, penghalang tempat tidur, gorden/ screen, dan lain-lain) sesuai dengan kebutuhan pasien untuk mencegah cedera pada pasien/klien serta mencegah penularan/infeksi silang di fasilitas pelayanan kesehatan. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan /Logbook penggunaan alat-alat pengamanan/pelindung diri.

Kualitas Hasil Kerja: Memfasilitasi penggunaan alat-alat pengamanan/pelindung fisik pada pasien dilakukan sesuai SPO sehingga tidak terjadi cedera pada pasien. 

Angka Kredit : 0,001

5. Memberikan oksigenasi sederhana

Definisi: memberikan asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan pemenuhan oksigen seperti pemberian oksigen menggunakan nasal canule/simple mask. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook tindakan pemberian oksigenasi nasal/simple mask 

Kualitas Hasil Kerja: Memberikan oksigenasi sederhana dilakukan sesuai SPO sehingga oksigen nasal canule/simple mask terpasang dengan baik sesuai kebutuhan pasien. 

Angka Kredit : 0,0008

6. Memberikan tindakan keperawatan pada kondisi gawat darurat/ bencana/kritikal

Definisi: melakukan tindakan keperawatan/ pertolongan secara tepat, cepat, dan akurat pada pasien/klien kasus kegawatdaruratan dasar seperti melakukan bantuan hidup dasar, triage yang tepat bagi pasien kritis, dapat mengidentifikasi jalur SPGDT, dan evakuasi dalam penanganan bencana. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook pemberian pertolongan pertama dalam situasi gawat darurat/ bencana/kritikal.

Kualitas Hasil Kerja : Memberikan tindakan keperawatan pada kondisi gawat darurat/ bencana/ kritikal sesuai SPO sehingga pertolongan pertama pada pasien atau korban bencana dapat diberikan dengan cepat dan tepat. 

Angka Kredit : 0,0043

7. Memfasilitasi suasana lingkungan yang tenang dan aman serta bebas risiko penularan infeksi

Definisi: menyediakan lingkungan yang kondusif, bersih, tenang, sirkulasi udara lancar, peralatan yang digunakan bersih/steril, aman dan berfungsi baik serta bebas risiko penularan infeksi.

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook/daftar fasilitas yang berfungsi baik/ laporan tentang suasana lingkungan yang kondusif dan bebas risiko penularan infeksi/laporan pengendalian kejadian infeksi. 

Kualitas Hasil Kerja : memfasilitasi suasana lingkungan yang tenang dan aman serta bebas risiko penularan infeksi sesuia SPO sehingga lingkungan tidak menyebabkan penularan infeksi. 

Angka Kredit : 0, 0012

8. Melakukan intervensi keperawatan spesifik yang sederhana pada area medikal bedah

Definisi: melakukan tindakan keperawatan spesifik yang sederhana (area medikal bedah), antara lain; memenuhi kebutuhan dasar klien dengan kasus medikal bedah, menghitung keseimbangan intake dan output cairan, perawatan pada alat kesehatan yang terpasang (infus, kateter, NGT, Slang WSD), monitoring tanda vital, mengenal tanda kegawatan melalui Early Warning System (EWS), serta menghindari terjadinya risiko cedera pada pasien. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook intervensi keperawatan spesifik yang sederhana pada area medikal bedah.

Kualitas Hasil Kerja : intervensi keperawatan spesifik sederhana area medikal bedah dilakukan sesuai SPO sehingga terpenuhinya kebutuhan dasar klien dengan kasus medikal bedah.

Angka Kredit : 0,0019

9. Melakukan intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area anak

Definisi: melakukan tindakan keperawatan spesifik yang sederhana (area anak), antara lain; melakukan tatalaksana pemenuhan kebutuhan dasar anak pada kasus anak sederhana; menyiapkan tindakan imunisasi sesuai program, skrining perkembangan menggunakan KPSP dan stimulasi perkembangan anak, memonitor tanda-tanda vital pernafasan, nadi, tekanan darah, saturasi oksigen serta mengukur intake dan output cairan/ mengenal tanda kegawatan Early Warning System (EWS).

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area anak.

Kualitas Hasil Kerja : Intervensi keperawatan spesifik yang sederhana area anak dilaksanakan sesuai SPO sehingga terpenuhinya kebutuhan dasar anak pada kasus sederhana.

Angka Kredit : 0,0016

10. Melakukan intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area maternitas

Definisi: melakukan tindakan keperawatan spesifik yang sederhana dalam pemenuhan kebutuhan dasar, memonitor tanda tanda vital pernafasan, nadi, tekanan darah, saturasi oksigen serta mengukur intake dan output cairan/mengenal tanda kegawatan Early Warning System (EWS).

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area maternitas.

Kualitas Hasil Kerja : Intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area maternitas dilakukan sesuai SPO sehingga terpenuhinya kebutuhan dasar pasien area maternitas. 

Angka Kredit : 0,0018

11. Melakukan intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area komunitas

Definisi: melakukan tindakan keperawatan spesifik yang sederhana dalam pemenuhan kebutuhan dasar (area komunitas), seperti melakukan edukasi kesehatan sesuai dengan masalah dan sasaran, melaksanakan tindakan keperawatan pada individu sebagai anggota keluarga.

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area komunitas.

Kualitas Hasil Kerja : Intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area komunitas dilakukan sesuai SPO sehingga terpenuhinya kebutuhan dasar sederhana area komunitas.

Angka Kredit : 0,0026.

12. Melakukan intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area jiwa

Definisi: melakukan tindakan keperawatan spesifik yang sederhana pada orang dewasa (area jiwa), antara lain mengobservasi perubahan perilaku pasien, mampu melatih pasien mengenal masalah sosialisasi pada pasien isolasi sosial, mampu mengenal aspek positif pada pasien harga diri rendah, mampu melakukan perawatan pada pasien defisit perawatan diri, mampu mengenal tanda gejala halusinasi, mampu melatih pasien mengenal penyebab dan tanda gejala pasien risiko perilaku kekerasan. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook intervensi keperawatan spesifik yang sederhana di area jiwa.

Kualitas Hasil Kerja : Intervensi keperawatan spesifik yang sederhana area jiwa dilaksanakan sesuai SPO sehingga terpenuhinya kebutuhan dasar pada orang dewasa area jiwa.

Angka Kredit : 0,0010

13. Melakukan tindakan terapi komplementer/holistic

Definisi: melakukan tindakan terapi yang dilakukan dalam pemenuhan kebutuhan dasar klien dengan pendekatan secara konvensional/tradisional dalam lingkup kewenangan perawat dan sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Contoh touching therapy, massage, dan lain-lain. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook tindakan terapi komplementer/ holistic.

Kualitas Hasil Kerja: Tindakan terapi komplementer dilakukan sesuai SPO untuk memenuhi kebutuhan klien sesuai dengan kewenangan dan kompetensi yang dimiliki. 

Angka Kredit : 0,0020

14. Melakukan tindakan keperawatan pada pasien dengan intervensi pembedahan pada tahap pre/intra/post operasi

Definisi: melakukan kegiatan berupa mempersiapkan, memberi dukungan psikologis, menjamin lingkungan aman dan mencegah injuri, serta menghindari terjadinya komplikasi pada saat pre/intra maupun post operasi dengan risiko ringan sesuai kewenangannya.

Contoh: Pre-operasi: memastikan semua persiapan pre operasi telah dilakukan seperti puasa, membersihkan area operasi dan lain-lain; Intra-operasi: Monitoring tanda vital dan hemodinamik, memfasilitasi kebutuhan instrumen selama operasi; Post-operasi: memonitor tanda tanda vital pasca operasi, mengatur posisi dan lain-lain.

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook tindakan keperawatan pada pasien dengan intervensi pembedahan pada tahap pre/ intra/ post operasi 

Kualitas Hasil Kerja : Tindakan keperawatan pada tahap pre/intra dan post operasi dilakukan sesuai SPO supaya tidak terjadinya komplikasi pada pasien dengan operasi ringan. 

Angka Kredit : 0,0017

15. Memberikan perawatan pada pasien dalam rangka melakukan perawatan paliatif

Definisi: kegiatan melakukan asuhan keperawatan dan pendampingan pasien/klien untuk meningkatkan kualitas hidup dengan memperhatikan martabat dan harga diri pasien/klien.

Bukti Fisik : Logbook pemberian perawatan pada pasien dalam rangka melakukan perawatan paliatif.

Kualitas Hasil Kerja : perawatan paliatif dilakukan sesuai SPO sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya dengan memperhatikan martabat dan harga diri pasien/klien. 

Angka Kredit : 0,0019

16. Memberikan dukungan/fasilitasi kebutuhan spiritual pada kondisi kehilangan, berduka atau menjelang ajal dalam pelayanan keperawatan 

Definisi: memfasilitasi, mendampingi pasien sakaratul maut (menjelang ajal) dan memberikan dukungan pada keluarga dalam proses berduka, kehilangan. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/logbook pendampingan pada saat pasien menjelang ajal dan pendampingan keluarga yang berduka. 

Kualitas Hasil Kerja : Memberikan dukungan/memfasilitasi kebutuhan spiritual pada kondisi kehilangan, berduka atau menjelang ajal dalam pelayanan keperawatan sehingga pasien meninggal dengan tenang dan keluarga dapat menerima kehilangan dengan pendampingan yang diberikan. 

Angka Kredit : 0,0020

17. Melakukan perawatan luka

Definisi: tindakan keperawatan untuk penyembuhan luka dan/atau mencegah terjadinya komplikasi pada luka eviserasi ringan operasi bersih dan luka trauma superfisial tanpa infeksi, luka bakar grade 1 dan 2 < 10% non area saluran pernapasan.

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook intervensi perawatan luka sederhana.

Kualitas Hasil Kerja : perawatan luka dilakukan sesuai SPO sehingga tidak terjadi komplikasi pada luka sederhana. 

Angka Kredit : 0,0025

18. Melakukan dokumentasi asuhan keperawatan

Definisi: melakukan pendokumentasian kegiatan implementasi asuhan keperawatan pasien. 

Bukti Fisik : Catatan Keperawatan/Logbook dokumentasi tindakan keperawatan. 

Kualitas Hasil Kerja : Dokumentasi Asuhan keperawatan dilakukan sesuai SPO sehingga dokumen keperawatan terisi lengkap sesuai dengan kewenangannya.

Angka Kredit : 0,0008.