Keluhan Penderita TB Paru yang Mudah Diketahui

Keluhan yang ditimbulkan oleh penderita TB Paru dapat dengan mudah dikenali. Melalui pemeriksaan fisik, kita dapat mengetahui seseorang mungkin menderita TB Paru atau tidak. Tanda-tanda yang ada sangat familiar dimasyarakat sehingga kita dapat secepatnya mengambil tidakan yang tepat bagi seseorang yang diduga terserang penyakit tersebut. Dengan mengenali secara dini kejadian TB Paru maka akan mempermudah dan meringankan proses penyembuhan saat pengobatan.

Sebelum mengetahui apa gejala atau keluhan yang timbul, sebaiknya kita ketahui dulu pengertian TB Paru tersebut.

Tuberkulosis (TB) adalah suatu penyakit infeksi menular yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis, yang dapat menyerang berbagai organ, terutama paru-paru.

Penyakit ini bila tidak diobati atau pengobatannya tidak tuntas dapat menimbulkan komplikasi bahaya hingga kematian.

TB diperkirakan sudah ada di dunia sejak 5000 tahun Sebelum Masehi, namun kemajuan dalam penemuan dan pengendalian penyakit TB baru terjadi dalam dua abad terakhir.

Keluhan Penderita TB Paru
Keluhan Penderita TB Paru

Gejala TB Paru


Sebagaimana yang kami sebutkan diatas bahwa keluhan yang ditimbulkan penderita TB Paru sangat familiar atau mudah dikenali, yaitu:

  1. Batuk berdahak selama 2 minggu atau lebih (gejala gtama).
  2. Dahak bercampur darah atau batuk darah
  3. Sesak nafas, badan lemas, malaise.
  4. Nafsu makan dan berat badan menurun.
  5. Berkeringat malam hari tanpa melakukan kegiatan fisik, demam meriang lebih dari satu bulan.
Pada TB ekstra paru, gejala dan keluhan tergantung pada organ yang terkena, misalnya kaku kuduk pada Meningitis TB, nyeri dada pada TB pleura (Pleuritis), pembesaran kelenjar limfe superfisialis TB serta deformitas tulang belakang (gibbus) pada spondilitis TB dan lainnya.

Jika terdapat tanda nomor 1 (satu) saja atau disertai tanda keluhan yang berikutnya, silakan bawa penderita ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk menghidari penularan, bila ditemukan orang yang dicurigai menderita TB Paru dengan keluhan seperti yang disebutkan diatas, maka sebaiknya melakukan pertolongan dengan hati-hati seperti menggunakan masker.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Keluhan Penderita TB Paru yang Mudah Diketahui"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel