6 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

Bersepeda merupakan kendaraan yang sudah jarang digunakan saat ini. Padahal, alat yang satu ini bukan hanya sekedar digunakan sebagai kendaraan namun lebih dari itu dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga sebagian orang menggunakannya bukan sebagai alat transportasi tapi sebagai alat olahraga.

Dibeberapa tempat kita bisa menemukan mereka yang mewajibkan penggunaan sepeda pada hari dan area tertentu. Hal ini merupakan hal positif karena selain memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh juga alat ini sangat ekonomis dan ramah lingkungan.

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh
Bersepeda

Kali ini secara khusus kami akan membahas tentang manfaat sepeda bagi kesehatan tubuh, yaitu:

1. Mengendalikan Berat Badan

Sebagaimana olahraga lainnya, bersepeda menggunakan energi untuk dapat melakukannya. Dengan bersepeda dapat membantu proses metabolisme, dan membakar lemak tubuh sehingga mengurangi terjadinya penimbunan lemak dalam tubuh penyebab peningkatan berat badan.

Keberhasilan mengurangi berat badan tergantung seberapa rutin kita menggunakan sepeda sebagai alat olah raga. Semakin rutin kita menggunakan maka akan semakin baik hasilnya. Selain itu, untuk lebih maksimal lagi, kita juga harus menerapkan pola hidup sehat yang lain seperti mengatur konsumsi dengan menerapkan pola makan sehat.

Masalah berat badan mungkin menjadi masalah anda saat ini. Jika iya, maka kami menyarankan anda untuk membaca tulisan kami sebelumnya yang berjudul Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat.

2. Memperkecil Resiko Penyakit Jantung dan Pebuluh Darah

Berdasarkan penelitian, ternyata bersepeda secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit jantung di usia tua. Bersepeda secara rutin akan memperkuat otot jantung, memperbaiki sirkulasi darah, serta mengurangi lemak dalam darah. Semua itu merupakan bagian-bagian yang turut mempengaruhi terjadinya penyakit jantung.

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbesar di dunia, oleh karena itu sedini mungkin kita melakukan pencegahan dengan berolahraga seperti bersepeda secara rutin. Kita juga dapat menerapkan pola Diet Sehat untuk Kesehatan Jantung.

3. Mengurangi Resiko Kanker

Beberapa studi menunjukan bahwa dengan bersepeda secara teratur ternyata dapat menurunkan resiko terjadinya kanker usus dan kanker payudara. Hal ini tentu akan lebih efektif bila ditambah dengan menerapkan pola hidup sehat untuk hidup berkualitas.

4. Mengurangi Resiko Diabetes

Suatu studi di Finlandia menunjukan bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit perhari memiliki resiko lebih rendah terkena diabetes.

Dengan saat bersepeda, maka kita telah melakukan aktifitas fisik. Dimana kita ketahui bersamma bahwa kurangnya aktifitas fisik merupakan penyebab terjadinya diabetes. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan aktifitas fisik selam 30 menit per hari.

5. Kekuatan, Keseimbangan dan Koordinasi Otot Tubuh

Bersepeda merupakan aktifitas fisik yang juga banyak melibatkan anggota tubuh terutama anggota tubuh bagian bawah. Latihan anggota tubuh inilah yang memberikan manfaat kesehatan bagi mereka.

Walaupun tidak secara langsung, bersepeda ternyata dapat membantu bagi penderita osteoporosis. Namun tidak lupa pula kita tetap memperhatikan diet yang memenuhi kebutuhan atau kecukupan kalsium dalam tubuh.

6. Mengurangi Stres

Dengan bersepeda maka kita telah melakukan aktifitas fisik yang akan membantu produksi hormon dopamin dalam tubuh yang dapat meningkatkan rasa bahagia dan mengurangi stres.

Saat bersepeda, maka kita akan dengan santai menikmati keindahan alam sekitar dan membantu menghilangkan kejenuhan dalam rutinitas sehari-hari.

Berlangganan artikel via email:

0 Response to "6 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel