7 Tips Sehat agar Badan Tetap Bugar

Sehat merupakan harapan bagi setiap orang. Sehat juga menjadi kebutuhan dasar yang sangat menopang kebutuhan-kebutuhan lainnya. Dengan memiliki sehat maka kita memiliki peluang untuk menggapai berbagai keinginan dimasa mendatang.

Selain mendapatkan kesehatan, kita juga perlu mengoptimalkannya. Kondisi ini kita kenal dengan bugar. Dengan keaadaan tubuh yang bugar maka semakin energic pula kita melakukan aktifitas kita sehari-hari.

Untuk mendapatkan kebugaran kita harus melakukan upaya-upaya terbaik, bukan malah merugikan kesehatan kita sendiri.

Adapun upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang bugar, berikut ini kami rangkum dalam tulisan yang berjudul 7 Tips Sehat agar Badan Tetap Bugar.


Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh


Dalam menjalankan fungsinya masing-masing tubuh kita memerlukan nutrisi yang memiliki fungsi dan manfaat masing-masing pula. Jika salah satu nutrisi yang dibutuhkan tidak terpenuhi, maka pastinya bagian tubuh tersebut tidak akan dapat berfungsi normal.

Makanan Sehat
Makanan Sehat

Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan nutrisi sangatlah penting dengan menerapkan konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu. Mengingat pentingnya melengkapi nutrisi tubuh, maka sebaiknya kita menerapkan Pola Makan Sehat untuk Hidup Berkualitas.

Sebagai catatan penting, sayur dan buah merupakan bagian yang sangat penting dan hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji.

Minum Air Putih

Air putih sangat membantu proses metabolisme tubuh. Bahkan beberapa penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa minum air putih yang cukup dapat menghidari berbagai jenis penyakit.

Minum air putih yang disarankan untuk kesehatan tubuh adalah minimal 8 gelas per hari. Jika sebelumnya anda belum menerapkan hal tersebut, coba lakukan dan rasakan manfaatnya.

Konsumsi Vitamin C

Vitamin C sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk membantu regenerasi sel dalam tubuh. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi vitamin C, khususnya yang terdapat dalam sayuran dan buah. Pililah sayuran dan buah yang banyak mengandung vitamin C agar terpenuhi kebutuhan dalam tubuh seperti brokoli, kembang kol, jeruk, jambu dan lain-lain.

Olahraga Teratur

Olahraga dapat membantu menjaga kebugran tubuh, menguatkan otot, serta memperlancar peredaran darah. Olahraga juga terbukti mencegah terjadinya berbagai penyakit.

Olahraga Teratur
Olahraga Teratur

Olahraga atau melakukan aktifitas fisik yang dianjurkan adalah selama 30 menit perhari. Olahraga tidak harus pergi ke pusat kebugaran atau lapangan olahraga. Kita dapat melakukannya dirumah atau halaman rumah dengan melakukan gerakan-gerakan senam sederhana atau kita juga dapat melakukan joging sehingga tidak akan menggangu aktifitas pekerjaan rutin.

Istirahat Cukup

Istirahat yang dimaksud disini adalah memenuhi kebutuhan tidur yang berkualitas. Artinya tidur sesuai waktu dan hidari hal-hal yang mengganggu tidur, seperti mematikan ponsel, televisi dan sumber-sumber lain yang menyebabkan tidur tidak nyenyak.

Dengan memenhi kebutuhan istirahat, maka pada esok harinya kita akan bangun dengan tubuh yang segar dan siap melakukan aktifitas kita.

Luangkan Waktu untuk Rekreasi

Pada saat-saat libur, luangkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat yang menarik dan indah. Tidak harus mewah dan di tempat jauh, tempat dengan pemandangan indah disekitar cukup untuk membuat pikiran menjadi lebih relaks dan terhidar dari stress akibat pekerjaan yang menumpuk.

Jangan Lupa Bersyukur dan Hadapi Hidup dengan Senyuman

Apapun kondisi kehidupan yang kita alami, kita harus tetap bersyukur dan yakin bahwa inilah nikmat terbaik yang telah diberikan oleh Tuhan. Dengan bersyukur maka kita  tidak tertekan oleh beban hidup yang dapat memicu stress dalam menghadapi permasalahan. Lakukan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan agar kita memperoleh pelajaran dari ibadah kita.

Tersenyum juga merupakan bagian dari rasa syukur dan menebar kebaikan pada sekeliling. Tersenyum merupakan gambaran rasa senang dan menebar nilai positif yang akan berpengaruh pada kehidupan kita.

Jagalah kesehatan, karena sehat adalah aset yang tak ternilai harganya.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال