Mencegah Penyakit Jantung: Lakukan 8 Hal Ini Sebelum Terlambat

Mencegah Penyakit Jantung perlu dilakukan, karena jantung adalah salah satu organ vital tubuh manusia. Berbeda dengan organ lainnya, hidup tidak akan berlangsung bila jantung tidak bekerja. Oleh karena itu, sangat perlu untuk menjaga kesehatannya.

Penyakit jantung, merupakan penyebab kematian terbesar di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Penyakit dengan gaya serangan yang senyap dan tiba-tiba, menyebabkan manusia mati mendadak tanpa persiapan.

Namun demikian, penyakit ini dikenal sebagai penyakit bergengsi dibandingkan kadas, kudis, kecacingan, diare, malaria dan sejenisnya.

Ya… bergengsi…. Karena penyakit ini lebih banyak menyerang pada masyarakat perkotaan atau masyarakat yang ke kota-kota an dibanding masyarakat pedesaan dengan pola hidup yang natural.

Mencegah Penyakit Jantung

Alhasil, para praktisi Kesehatan memandang penyakit jantung sebagai masalah yang serius dan harus ditangani, bahkan, dengan canggihnya teknologi, upaya penanggulangan penyakit jantung semakin berkembang, walaupun para pengguna kecanggihan tersebut hanya dari kalangan ekonomi kelas raksasa.

Sebut saja transplantasi jantung, biayanya tak tanggung-tanggung, ratusan juta hingga miliaran rupiah yang harus dikeluarkan.

Pertanyaannya, bagaimana dengan mereka yang ekonomi menengah kebawah? Pasrah?

Tidak, kali ini kami akan memberikan sedikit tips agar kita tidak sampai pada tahap transplantasi jantung atau sejenisnya, yaitu melakukan pencegahan sebelum mendapatkan serangan penyakit jantung.

Beberapa Teknik pencegahan terbukti secara ilmiah mampu menurunkan angka kesakitan penyakit jantung, oleh karena itu, sangat dianjurkan melakukan Langkah-langkah pencegahan sebagaimana yang kami sebutkan di bawah ini:

Perhatikan pola makan

Hindari Konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan garam. Fokuskan pada makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein rendah lemak seperti ikan dan kacang-kacangan. Hindari makanan olahan dan makanan cepat saji yang tinggi lemak.

Jaga berat badan

Menjaga berat badan ideal dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Gaya hidup aktif dengan kombinasi diet seimbang dan rutin berolahraga adalah kunci menjaga berat badan yang sehat.

Rutin berolahraga

Lakukan aktivitas fisik secara teratur setidaknya 30 menit per hari. Pilih aktivitas fisik seperti senam, jalan cepat, berlari, bersepeda, atau berenang. Lakukan juga, latihan kekuatan untuk memperkuat otot-otot Anda, seperti angkat beban, push up, sit up, pull up dan sejenisnya.

Hindari merokok

Merokok adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Jika Anda kesulitan berhenti merokok, carilah dukungan dari profesional medis atau kelompok pendukung. Bagi Anda yang tidak merokok, jangan pernah untuk mencoba merokok, karena akan ketagihan dan sulit untuk berhenti.

Hindari konsumsi alkohol

Konsumsi alcohol terbukti secara ilmiah merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi alcohol.

Kurangi stres

Cari cara yang efektif untuk mengelola stres, seperti olahraga, meditasi, relaksasi, rekreasi atau aktivitas menyalurkan hoby yang membuat Anda senang. Ingat, Stres yang berkepanjangan dapat berkontribusi pada penyakit jantung.

Periksa secara teratur

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, termasuk pemeriksaan tekanan darah, kadar kolesterol, dan gula darah. Ini membantu mengidentifikasi faktor risiko dan memungkinkan penanganan dini jika ada penyakit jantung atau kondisi terkait. Di Indonesia, ada program Bernama Posbindu yang ada disetiap desa dan kelurahan, disana kita mendapatkan pemeriksaan gratis dengan tujuan untuk deteksi dini berbagai macam penyakit, termasuk penyakit jantung. Tanyakan pada petugas Kesehatan setempat tentang jadwal pelaksanaan Posbindu di masing-masing wilayah.

Jangan menggunakan narkoba

Penggunaan narkoba ilegal, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika Anda memiliki masalah narkoba, cari bantuan profesional untuk mendapatkan dukungan solusi, pengobatan dan rehabilitasi.

Selain langkah-langkah di atas, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan yang berkualitas untuk mendapatkan saran khusus sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.


Sekian yang dapat kami bagikan, Jaga jantung, jaga Kesehatan Anda. Salam Sehat.

Posting Komentar

Kami sangat berterimaksih jika anda meluangkan waktu memberikan komentar sesuai dengan tema pembahasan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

نموذج الاتصال